SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

10 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Bagikan:

AshefaNews – Tanaman tradisional memang memiliki banyak manfaat tak hanya dipakai dalam bumbu masakan saja melainkan mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit pada seseorang karena kandungan lengkuas yang sangat bermanfaat. 

Lengkuas

Sehingga lengkuas bisa menjadi pilihan untuk mengatasi penyakit atau gangguan tertentu dibandingkan dengan menggunakan obat yang belum terjamin keamanannya. Namun meskipun begitu penggunaannya memang tidak boleh berlebihan. 

Lengkuas bisa meningkatkan kesuburan pria, meningkatkan antioksidan dalam tubuh, mengatasi gangguan pencernaan, menambah nafsu makan, mengobati kanker dan berbagai penyakit lainnya pun bisa diatasi menggunakan lengkuas seperti yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini. 

Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Lengkuas merupakan salah satu bumbu dalam masakan agar masakan lebih enak dan ternyata memiliki berbagai manfaat. Lengkuas memiliki nama ilmiah Alpinia galanga sedangkan untuk lengkuas merah memiliki nama ilmiah Alpinia purpurata. 

Lengkuas juga dikenal dengan nama laos. Banyak sekali makanan yang menggunakan lengkuas. Dimulai dari makanan asin ataupun manis. Seperti rendang, tumis dan makanan lainnya yang sering dikonsumsi sebagai teman makan. 

Lengkuas memang memiliki kemiripan dengan tanaman tradisional lainnya seperti jahe dan kencur. Dari bentuknya hingga manfaatnya. Namun setiap tanaman tradisional tersebut memiliki kegunaan dan rasa yang berbeda. Lalu apa saja manfaat dari lengkuas? Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Meningkatkan kesuburan pria

Manfaat yang pertama dari mengkonsumsi lengkuas sangat banyak sekali. Salah satunya adalah meningkatkan kesuburan pria. Sehingga pria yang memiliki kualitas sperma rendah bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi lengkuas. 

Sehingga jika sedang merencanakan program kehamilan atau promil sangat cocok untuk meningkatkan kualitas sperma yang berkualitas menggunakan lengkuas. Dalam pengolahannya bisa dengan diparut dan diperas kemudian ditambah jeruk nipis kemudian diminum. 

Dalam pengolahannya memang sangat mudah dibandingkan menggunakan obat kesuburan lainnya yang bisa saja menimbulkan efek samping bagi penggunanya. Oleh sebab itu banyak yang lebih memilih obat alami yang berasal dari tanaman tradisional dibandingkan menggunakan obat lainnya yang bisa menyebabkan ketergantungan.

2. Meningkatkan antioksidan

Manfaat selanjutnya adalah bisa meningkatkan antioksidan di dalam tubuh. Jika di dalam suatu makanan atau minuman mengandung antioksidan yang tinggi bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Tak hanya itu lengkuas juga mengandung antioksidan polifenol yang mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, peningkatan memori dan menurunkan gula darah. Kandungan vitamin C, galangin dan alpin juga bisa membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. 

Sehingga dengan melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh bisa meningkatkan daya tahan tubuh, produktivitas dan kemampuan berpikir dan beraktivitas lebih baik lagi. 

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Dalam mengatasi gangguan pencernaan dengan gejala sakit perut, diare dan gejala lainnya pun bisa diatasi dengan lengkuas. Karena lengkuas bisa membantu dalam mengurangi mual dan muntah, membuat perut lebih nyaman, menghentikan cegukan, sakit perut hingga mengatasi diare. 

Dalam mengatasi diare ini berasal dari sifat antimikroba dan antibakteri di dalam lengkuas dengan menghambat pertumbuhan bakteri E-Coli dalam tubuh sebagai penyebab diare. Selain itu pengolahannya sangat mudah yakni bisa dengan diparut dan diperas sehingga lebih mudah dalam mengonsumsinya. 

Biasanya ketika mengalami gangguan pencernaan bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan sulit untuk makan sehingga dengan menurunnya nafsu makan bisa mengakibatkan hal lain yang negatif seperti tidak terpenuhinya nutrisi dalam tubuh.

4. Menambah nafsu makan

Kandungan di dalam lengkuas mengandung zinc yang bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makan seseorang. Ketika tubuh mengalami kekurangan zinc maka bisa meningkatkan asam amino di dalam tubuh meningkat hingga menimbulkan efek malas makan. 

Oleh sebab itu ketika tubuh mengalami kekurangan zinc bisa dipenuhi dengan mengonsumsi olahan lengkuas. Selain mudah didapat lengkuas juga memiliki banyak sekali pilihan olahan makanan yang bisa dinikmati.

5. Mengobati kanker

Lengkuas juga bisa menjadi obat antikanker karena kandungan galangin yang ada di dalam lengkuas untuk mengatasi kanker hepatoma, melanoma, usus besar hingga mengendalikan sel kanker payudara. 

Oleh sebab itu mengonsumsi lengkuas sebagai pengendalian risiko sel kanker memang bisa menjadi pilihan sebagai obat tradisional mengendalikan sel kanker. 

6. Menurunkan risiko diabetes

Kandungan di dalam lengkuas seperti polifenol, triterpenoid, alkaloid, steroid hingga karbohidrat dapat membantu mengendalikan peningkatan gula darah di dalam tubuh yang meningkat dan bisa menjadi risiko terjadinya diabetes. 

Lengkuas juga bisa menjadi agen hipoglikemik yang bisa mengendalikan kadar gula darah. Fitokonstituen dan polifenol pun bisa membantu meningkatkan metabolisme dan mencegah komplikasi pada penderita diabetes. 

7. Menjaga kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian di Harvard Health Publishing bahwa laki-laki memiliki 2 kali risiko mengalami serangan jantung dibandingkan wanita. Banyak penyebab yang bisa menyebabkan serangan jantung seperti lingkungan, pengelolaan stres, pola makan, pola tidur dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu mengkonsumsi lengkuas bisa membantu dalam mencegah terjadinya gangguan pada jantung yang berasal dari kandungan polifenol. 

8. Mencegah penuaan dini

Lengkuas juga bisa membantu dalam mengatasi penuaan dini. Terutama pada laki-laki biasanya penuaan dini disebabkan karena hormon testosteron yang rendah. Oleh sebab itu peningkatan kualitas hidup yang sehat perlu dilakukan agar mencegah penuaan dini. 

9. Mengatasi gejala asma

Selain itu juga lengkuas bisa mengatasi gejala asma yang dialami oleh seseorang seperti sulit bernapas. Gejala asma ini muncul akibat dari pembengkakan dan peradangan pada saluran pernapasan. 

Sehingga efek antispasmodik bisa membantu dalam melebarkan saluran bronkus pada paru-paru. Tak hanya itu lengkuas bisa membantu juga dalam mengurangi dahak, batuk, suara serak, nyeri dada dan melegakan tenggorokan. 

Lengkuas bisa menjadi ekspektoran  atau pengencer dahak sedangkan antiradang bisa membantu meringankan gejala tersebut. 

10. Mengatasi nyeri

Rasa nyeri dan peradangan yang dialami oleh seseorang pun bisa diatasi dengan menggunakan lengkuas. Kandungan fitokimia bisa membantu dalam mengatasi nyeri dan peradangan karena bersifat anti radang yang berasal dari senyawa HMP. Apalagi rasa nyeri yang dirasakan pada lutut lebih ampuh dibandingkan seseorang yang tidak mengkonsumsi lengkuas. 

Kesimpulan 

Lengkuas memiliki nama ilmiah Alpinia galanga sedangkan untuk lengkuas merah memiliki nama ilmiah Alpinia purpurata. Bentuknya mirip dengan jahe dan kencur namun dari rasa dan kegunaannya memiliki perbedaan meskipun ada beberapa yang memiliki kemiripan dari segi manfaat. 

Lengkuas merupakan salah satu obat tradisional yang biasa digunakan untuk bumbu makanan. Ternyata lengkuas juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Seperti meningkatkan kesuburan pria, meningkatkan antioksidan dalam tubuh, mengatasi gangguan pencernaan, menambah nafsu makan, mengobati kanker dan berbagai penyakit lainnya. 

Oleh sebab itu pengolahan lengkuas yang tepat memang bisa menjadi pilihan sebagai obat tradisional. Dibandingkan dengan penggunaan obat lain yang tidak sesuai dengan anjuran dokter dan bisa menyebabkan ketergantungan dan efek samping lainnya.

(GE – RFA)

Scroll to Top