SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Inilah kandungan Gizi pada Tempe dan Manfaatnya

Bagikan:

AshefaNews – Inilah kandungan Gizi pada Tempe dan Manfaatnya. Tempe merupakan makanan yang dikenal oleh hampir semua kalangan, dari yang tua, remaja, bahkan anak-anak. Makanan yang mudah didapatkan dan harganya yang terjangkau ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang banyak, oleh karena itu bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Tempe adalah produk dari olahan kedelai yang difermentasi. Makanan ini banyak mengandung nutrisi, seperti protein, probiotik, vitamin, mineral, dan lain sebagainya. Manfaat tempe untuk kesehatan juga sangat banyak. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, tempe dapat ,meningkatkan fungsi otak, menurunkan kolesterol, membuat lebih kenyang pastinya, dan sebagainya. Kandungan protein dalam tempe bukan satu-satunya nutrisi luar biasa yang dimilikinya, namun zat-zat penting lainnya yang baik bagi tubuh juga banyak. Dengan kandungan nutrisi inilah, khasiat tempe perlu dipertimbangkan. Dalam 1OO gram tempe terkandung sekitar 19O sampai 2OO kalori, dan berbagai nutrisi yang terkandung dalam tempe, seperti :

  • Protein 18-2O gram per 1OO gram
  • Karbohidrat 8 gram per 1OO gram
  • Lemak 8,8-9 gram per 1OO gram
  • Serat 1,4 gram per 1OO gram
  • Natrium 1O mili gram per 1OO gram
  • Zat besi 2,7 mili gram per 1OO gram
  • Magnesium 😯 mili gram per 1OO gram
  • Kalsium 11O mili gram per 1OO gram
  • Fosfor 27O mili gram per 1OO gram
  • Kalium 4OO mili gram per 1OO gram

Selain kandungan nutrisi diatas, tempe juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B, folat, zinc, tembaga, mangan, dan lemak tak jenuh tunggal. Untuk jenis lemak jenuh tunggal ini baik untuk mengontrol kolesterol, memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi tempe secara teratur, kebutuhan protein pada tubuh para vegetarian bisa terpenuhi. Nutrisi yang terkandung dalam tempe mempunyai manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh, seperti :

Protein

Kandungan protein yang tinggi pada tempe dapat menjadi bagian dari program diet seimbang. Kita bisa mendapatkan 34 gram protein dalam satu porsi cangkir tempe cincang. Protein dalam tempe mencakup semua kandungan 9 asam amino esensial.

Vitamin B

Tempe yang berasal dari olahan kacang kedelai juga mengandung banyak vitamin B, seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, dan vitamin B9. Vitamin B2 berfungsi memproduksi energi bagi tubuh dan memenuhi kebutuhan sel darah merah yang sehat. Vitamin B6 dan vitamin B9 sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf pada tubuh. Kandungan vitamin B dalam tempe tidak ada pada sumber protein nabati yang lain.

Karbohidrat dan Serat

Kandungan karbohidrat pada tempe memang tidak sebanyak kandungan karbohidrat pada nasi. Akan tetapi, tempe memiliki kandungan karbohidrat yang bisa mengenyangkan dan memberikan tubuh energi. Kandungan serat dalam tempe juga bisa membantu pencernaan agar bekerja secara maksimal.

Lemak

Lemak yang ada pada tempe bagus untuk kesehatan tubuh. Karena jenis lemak yang dikandung adalah lemah tak jenuh, asam lemak omega 3 dan omega 6. Dengan mengkonsumsi tempe perut terasa kenyang dan tubuh bisa mengendalikan kolesterol jahat.

Mineral

Tempe juga banyak sekali mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, zinc, tembaga, zat besi, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan mineral yang sangat banyak menjadi tempe sumber protein nabati yang sangat sehat. Kandungan mineral tertinggi pada tempe yaitu mangan dan fosfor. Jadi dengan mengkonsumsi 1OO gram tempe, tubuh akan mendapatkan 2O2 mili gram fosfor yang dibutuhkan tubuh.

Itulah beberapa kandungan gizi dan manfaat tempe. Dengan kandungan nutrisi yang banyak dan bergizi pada tempe, makanan ini bisa menurunkan resiko dari berbagai penyakit kronis. Semoga bermanfaat.

(GE – FIR)

Scroll to Top