SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Ampuh Mengobatinya

Bagikan:

AshefaNewsInfeksi saluran kemih merupakan suatu penyakit karena adanya organisme asing yang masuk ke dalam tubuh. Organisme asing atau patogen ini seperti bakteri yang akan masuk ke dalam saluran kemih. 

Berdasarkan penelitian WHO, hampir 50% wanita pernah mengalami gangguan saluran kemih. Mengapa? Karena wanita memiliki saluran kemih yang relatif lebih pendek daripada pria. 

Penasaran apa saja penyebab infeksi ini dan cara ampuh mengobatinya? Langsung saja ke penjelasan berikut ini. 

Sekilas tentang Infeksi Saluran Kemih 

Sudah seharusnya Anda mengetahui tentang gangguan saluran kemih terlebih dahulu sebelum mengetahui penyebab dan cara mengobatinya. Infeksi saluran kemih adalah suatu infeksi yang menyerang usus. 

Bahkan jika tidak diobati infeksi ini bisa saja menyerang ginjal yang sudah seharusnya memerlukan perhatian yang serius. Memang jika masih menyerang usus belum terlalu fatal, namun perlu dilakukan upaya agar tidak menyerang ke bagian ginjal. 

Sebisa mungkin hindari penyebaran infeksi ini sampai ke bagian ginjal. Jika sudah sampai ginjal, maka kerusakan yang ada dapat menjadi menetap.  

Anda pasti sudah tahu jika sebagian besar yang akan terserang infeksi pada bagian saluran kemih adalah wanita. Karena saluran kemihnya lebih pendek dibanding pria. 

Ada dua infeksi pada saluran kemih yaitu pada posisi organ sebelum kandung kemih berupa ureter dan ginjal. Kedua gangguan bagian bawah kandung kemih meliputi uretra dan kandung kemih itu sendiri. 

Penyebab Infeksi Saluran Kemih 

Hingga saat ini masih banyak orang yang belum tahu penyebab pasti dari infeksi saluran kemih. Padahal hal ini perlu mendapatkan perhatian serius agar Anda bisa menghindarinya. 

Penasaran apa saja penyebab infeksi saluran kemih? Langsung saja ke penjelasan berikut ini. 

1. Penggunaan Alat Kontrol Kehamilan 

Faktor penyebab yang pertama adalah penggunaan alat kontrol kehamilan. Maka tidak heran jika wanita menduduki posisi tertinggi rentan terkena infeksi ini karena berperan sebagai pengontrol kehamilan. 

2. Menopause

Ternyata menopause juga menjadi salah satu penyebab adanya infeksi saluran kemih. Hal ini karena saluran kemih kekurangan hormon estrogen setelah mengalami periode menopause. 

3. Aktivitas Seksual

Masih banyak yang belum menyadari hal aktivitas seksual bisa menjadi salah satu faktor penyebab adanya infeksi ini. Frekuensi hubungan seksual terutama untuk wanita dapat memicu peningkatan resiko infeksi. 

4. Infeksi Uretra

Penyebab selanjutnya ada infeksi Uretra yang terjadi pada saat bakteri GI menyebar dari anus ke uretra.  Biasanya ini terjadi karena adanya infeksi menular seksual dan juga bagian uretra wanita yang dekat dengan vagina bisa menjadi penyebabnya. 

5. Masalah Imun 

Selanjutnya ada masalah imun yang menjadi salah satu penyebab umum terjadinya infeksi pada saluran kemih. Ini akan terjadi karena kekebalan tubuh berkurang baik karena mengidap penyakit yang membuat bakteri lebih mudah masuk. 

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih paling Ampuh 

Bukan hanya penyebabnya saja, namun Anda juga perlu tahu cara mengobati infeksi saluran kemih yang paling ampuh. Seperti penyakit lainnya yang harus ditangani dokter, infeksi pada kandung kemih juga sama. 

Bedanya infeksi pada saluran kandung kemih akan ditangani oleh dokter spesialis bedah urologi. Namun sebelum itu, dokter akan menerapkan beberapa prosedur untuk melakukan diagnosis terlebih dahulu seperti. 

  • Kultur urine untuk mengetahui jenis bakteri dalam urine agar bisa menentukan perawatan yang tepat
  • Sistoskopi, dokter akan memasukkan alat khusus untuk melihat keadaan internal pada kandung kemih dengan alat khusus melalui uretra
  • Urinalis yaitu analisis air seni oleh dokter untuk menemukan bakteri, sel darah putih dan sel darah merah. 
  • Tes Pencitraan meliputi CT scan, USG dan MRI untuk melihat potret saluran kemih secara lebih lengkap. 

Lantas bagaimana cara tepat mengobati infeksi saluran kemih ini? Tenang saja karena berikut ini ada cara ampuh mengobati infeksi pada saluran kemih yang bisa Anda terapkan. 

1. Gunakan Bantal Pemanas 

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan bantal pemanas. Ini berfungsi untuk menghangatkan perut sehingga membantu mengatasi tekanan atau ketidaknyamanan pada kandung kemih. 

Jika penggunaan bantal pemanas ini masih belum optimal dan gejala sangat mengganggu, sebaiknya langsung periksakan ke dokter. Dokter dapat mengetahui penyebab dan memberikan pengobatan infeksi saluran kemih yang tepat. 

2. Menghindari Minuman Tertentu

Perlu Anda tahu bahwa ada beberapa minuman tertentu yang memang harus dihindari saat terkena infeksi saluran kemih. Minuman tersebut seperti kopi, minuman beralkohol dan jenis minuman ringan yang mengandung jus jeruk atau kafein. 

Ini perlu untuk Anda hindari sampai kondisi infeksi benar-benar sudah sembuh. Karena minuman seperti ini dapat menyebabkan peningkatan iritasi pada kandung kemih dan keinginan buang air kecil menjadi meningkat. 

3. Jangan Suka Menahan Kencing 

Bagi Anda yang sering bahkan selalu menahan kencing, sebaiknya mulai sekarang hindari hal ini. Perlu Anda tahu bahwa sering membuang air kecil dapat membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kemih. 

Selain itu, buang air kecil juga dapat membantu membatasi bakteri menempel dan menginfeksi sel pada saluran kemih. Jika dirasa sudah ingin buang air segera buang untuk membantu mencegah dan mengobati infeksi pada saluran kemih. 

4. Jangan Sampai Tubuh Dehidrasi

Cara mengobati infeksi saluran kemih yang selanjutnya adalah berusaha agar tubuh tidak sampai dehidrasi. Maka dari itu, Anda perlu minum air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dan mengobati infeksi ini. 

Air minum akan membantu organ saluran kemih membuang limbah dari tubuh secara efisien. Namun tetap berusaha untuk mempertahankan nutrisi penting dan elektrolit. 

Selain itu, tubuh yang terhidrasi maksimal akan membantu mengencerkan urine sehingga dapat mempercepat perjalanannya melalui sistem kemih. Ini akan menyulitkan bakteri untuk mencapai dan menginfeksi sel pelapis organ kemih. 

Tidak ada jumlah pasti meminum air putih dalam satu hari, mengingat kebutuhan air putih masing-masing orang berbeda. Namun menurut penelitian manusia harus minum air putih 8 gelas atau 2 liter perhari. 

5. Konsumsi Vitamin C yang Cukup 

Selanjutnya Anda juga perlu untuk mengkonsumsi vitamin C yang cukup. Karena vitamin C adalah antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem imun. 

Selain itu, vitamin C juga akan bereaksi dengan nitrat dalam urine membentuk oksida nitrogen. Oksida nitrogen ini nantinya dapat membantu membunuh bakteri.  

Bahkan dapat membantu menurunkan pH urine sehingga kemungkinan bakteri akan hidup sangat kecil. Banyak orang yang sudah menggunakan vitamin C untuk mengobati Infeksi saluran kemih selama ribuan tahun. 

Namun, baru beberapa penelitian yang membuktikan bahwa vitamin C dapat mencegah dan membantu mengobati infeksi pada saluran kemih. 

Tetapi, NIH (National Institutes of Health) merekomendasikan para wanita berusia 19 tahun untuk mengkonsumsi vitamin C minimal 75 mg perhari. Sedangkan untuk laki-laki harus mengkonsumsi minimal 90 mg perhari.Banyak hal yang sudah Anda tahu tentang infeksi saluran kemih melalui penjelasan diatas. Mulai dari pengertian, penyebab hingga cara ampuh mengobatinya yang tidak boleh Anda abaikan begitu saja.

(GE – DS)

Scroll to Top