SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Herpes Zoster – Gejala, penyebab dan mengobati

Bagikan:

AshefaNewsHerpes zoster atau juga dikenal dengan sebutan cacar ular merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama Varicella zoster. Virus tersebut merupakan virus yang juga menjadi pemicu terjadinya penyakit kulit cacar air. Seseorang yang telah terinfeksi oleh virus ini, akan mengalami ruam pada kulit dengan rasa yang menyakitkan. Meskipun tidak berbahaya akan tetapi rasa tersebut dapat mengganggu bagi para penderitanya. Untuk seseorang yang semasa hidupnya pernah  mengalami penyakit cacar air, maka berpotensi besar untuk dapat mengalami herpes zoster 

Ciri-ciri & gejala Penyakit Herpes Zoster

Pada Umumnya Penyakit Herpes Zoster timbul ditandai dengan adanya atau munculnya ruam pada salah satu bagian sisi tubuh atau dapat juga timbul pada sisi wajah bagi penderitanya.  Berbeda halnya dengan penyakit cacar air yang dapat merambah ke seluruh tubuh, Penyakit kulit yang satu ini hanya akan timbul pada bagian tertentu dan pada area yang sangat kecil. Salah satu tempat yang umum menjadi tempat timbulnya penyakit kulit yang satu ini adalah pada area sekitar pinggang. Berikut ini merupakan ciri-ciri yang pada umumnya terjadi :

  1. Munculnya lepuhan pada bagian kulit yang memiliki isi cairan 
  2. Akan merasakan sensasi  seperti terbakar sekaligus diiringi rasa nyeri 
  3. Merasakan kesemutan
  4. Merasakan gatal
  5. Mati rasa di beberapa kulit bagian tertentu
  6. Merasakan sakit perut yang diiringi demam pada tubuh penderitanya. 

Gejala yang akan dihadapi oleh setiap penderita penyakit yang satu ini dapat bervariasi,  Sebagian orang yang terserang penyakit herpes zoster hanya merasakan gejala yang terbilang ringan serta hanya akan merasakan gatal-gatal. Pada sebagian penderita lainnya, gejala yang akan dirasakan dapat memberikan rasa sakit yang luar biasa. Apabila Anda mengalami gejala-gejala yang telah dijelaskan pada tulisan diatas maka dianjurkan untuk sesegera mungkin menghubungi dokter agar mendapatkan perawatan yang lebih tepat sehingga dapat terhindar dari infeksi virus lainnya  

Tanda Penyakit Herpes Zoster Mulai Sembuh

Seseorang yang terjangkit virus ini akan menimbulkan ruam pada kulit bagian tubuh tertentu, ruam itu nantinya akan melepuh. Timbulnya ruam pada bagian tertentu biasanya akan diiringi dengan flu sekaligus demam pada tubuh. 

Meskipun proses untuk penyembuhan herpes zoster sendiri terbilang cukup lama, akan tetapi berikut ini adalah tanda – tanda penyakit tersebut akan segera sembuh : 

Lepuhan Mulai Pecah

Ruam pada kulit yang melepuh nantinya akan mulai pecah pada kisaran kurang lebihnya 5 hari sejak awal pertama kali ruam tersebut muncul. Kondisi ruam yang mulai akan pecah ini dapat berlangsung kurang lebih 7 sampai 10 hari kemudian. Di saat kondisi ini, Anda yang merupakan penderita penyakit ini perlu atau bahkan diharuskan untuk menghindari bertemu dengan orang lain, sebab virus tersebut bisa menular melalui cairan yang dikeluarkan dari lepuhan kulit yang pecah 

Koreng

Sesudah lepuhan pecah, maka akan nantinya akan muncul luka. Luka tersebut nantinya meninggalkan koreng atau bekas luka kering pada bagian kulit. Kondisi yang satu ini memerlukan waktu kurang lebihnya  hingga 3 minggu. Supaya tidak mengganggu penampilan di jangka waktu yang lama, Para penderita penyakit ini bisa menggunakan produk-produk yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka supaya bekas tersebut dapat hilang secepat mungkin 

Lepuhan Mengecil

Seiring dengan waktu yang cukup lama, , lepuhan yang timbul tersebut nantinya  semakin mengecil sekaligus tidak akan terasa sakit secara berangsur.  Hal tersebut menunjukkan bahwasannya penyakit  herpes zoster dalam proses penyembuhan.  Kondisi tersebut pada umumnya akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai dengan 5 minggu sampai kondisi mulai pulih. Lamanya proses penyembuhan pada penyakit yang satu ini bergantung pada seberapa parah penyakit yang dialami penderitanya.

Rasa sakit sekaligus diiringi dengan rasa gatal yang ada pada area timbulnya ruam pasti sangatlah dapat mengganggu kenyamanan di dalam melakukan aktivitas sehari – hari.  Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan guna dapat meringankan gejala yang timbul sehingga akan berangsur membaik yaitu : 

Menggunakan pakaian longgar , hal tersebut dihimbau atau disaran karena penderita penyakit yang satu ini jika mengenakan pakaian yang ketat maka akan memberikan perasaan yang tidak nyaman

Menggunakan lotion supaya kulit tetap tenang.  Lotion mempunyai manfaat di dalam membantu mengurangi rasa panas pada bagian kulit yang terdapat ruam.

Mengusapkan  kain basah pada bagian kulit yang mengalami ruam. Hal tersebut disarankan karena berguna untuk mengurangi rasa sakit sekaligus dapat mempercepat proses pengeringan pada lepuh yang telah pecah.

Hindarilah untuk tidak menggaruk bagian kulit yang melepuh, karena nantinya kulit akan mengalami infeksi dan proses penyembuhannya akan semakin lama lagi.

Menghindarkan diri dari hal yang dapat membuat stres. Langkah tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan berbagai hal yang menyenangkan, mengalihkan rasa sakit dengan cara menyibukan diri. Stres yang dialami oleh penderita Herpes Zoster hanya akan memperkeruh keadaan.

Para penderita penyakit yang satu ini sangatlah dianjurkan untuk Istirahat cukup sekaligus disarankan untuk makan makanan dengan gizi yang seimbang

Upayakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang yang belum pernah terserang penyakit cacar air, orang yang belum memperoleh vaksin cacar, orang yang memiliki imun tubuh yang rendah karena penyakit ini dapat secara mudah menular.

Obat Herpes Zoster

Sesudah didiagnosa terkena penyakit herpes yang satu ini, maka para penderitanya dianjurkan untuk meminum obat herpes zoster  yang merupakan obat antivirus supaya dapat  mengurangi resiko terjadinya komplikasi. Berikut ini merupakan obat yang disarankan, antara lain , Famciclovir, Acyclovir, Valacyclovir

Selain dianjurkannya untuk meminum obat antivirus yang telah disebutkan diatas. Penderita herpes zoster dapat membeli obat yang telah diperjual belikan secara bebas di apotik. Obat tersebut antara lain obat yang mengandung paracetamol serta Ibuprofen atau dapat menggunakan obat oles seperti lidokain salah satunya, serta ada juga obat penghilang rasa gatal yaitu antihistamin.

Juga terdapat beberapa cara lainnya yang dapat diterapkan, diantaranya adalah : 

  1. Mandi menggunakan air dingin, guna membersihkan kulit sekaligus mengurangi peradangan.
  2. Menempelkan kompres dingin pada area bagian yang terdapat ruam, hal itu berguna untuk meredakan rasa nyeri yang diiringi rasa gatal bagi penderitanya.
  3. Mengenakan pakaian longgar dan berbahan lembut, seperti katun, untuk mencegah gesekan dan iritasi di kulit.
  4. Menutup area yang timbul ruam supaya menjaganya untuk tetap bersih sekaligus aman dari infeksi.

Sekian ulasan yang dapat diberikan mengenai penyebab sekaligus cara mengatasi penyakit kulit herpes zoster semoga dapat bermanfaat terlebih bagi Anda yang saat ini mengalami kondisi tersebut maka tulisan diatas dapat membantu sebagai arahan dalam menghadapi penyakit tersebut. 

Dalam menghadapi penyakit herpes zoster memang memerlukan waktu yang terbilang lama dalam proses penyembuhannya, Maka dengan menerapkan beberapa langkah yang telah dijelaskan diatas maka para penderita penyakit ini akan berangsur membaik sekaligus pulih.

(GE – NS)

Scroll to Top