SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Beragam Fungsi Tulang Hasta Sebagai Penopang Lengan

Bagikan:

AshefaNews – Manusia dilengkapi dengan berbagai tulang yang mampu menjadi penopang organ tubuh. Dimulai dari bagian tubuh atas, tengah hingga bawah. Salah satu tulang yang akan dibahas adalah tulang hasta yang mampu menopang lengan sehingga bisa berfungsi dengan sesuai. 

Tulang hasta merupakan salah satu tulang yang bisa membentuk lengan bawah. Tulang hasta dapat membuat lengan bergerak sesuai dengan fungsinya. Lalu apa saja fungsi dari tulang hasta? Ternyata tulang hasta bisa mendukung perputaran tangan, persendian siku hingga melekatnya otot lengan bawah. 

Sehingga ketika mengalami gangguan atau cedera pada tulang hasta maka hal tersebut bisa mempengaruhi pergerakan lengan dan menghambat aktivitas sehari-hari. Penjelasannya akan dijelaskan pada artikel berikut ini. 

Apa itu tulang hasta?

Tulang hasta menjadi bagian penting dalam pergerakan lengan dan menopang berbagai otot yang berada pada lengan. Tulang hasta disebut juga dengan ulna dengan bentuk tulang yang tipis dan panjang yang berada di lengan bawah. 

Pada tulang hasta terdapat berbagai otot penting yang ditopang oleh tulang ini seperti ligament, tendon hingga pembuluh darah. Tulang hasta terletak pada garis lurus jari kelingking hingga bagian atas. 

Tulang hasta juga terletak sebelah tulang pengumpil atau radius. Tak hanya itu tulang hasta juga termasuk ke dalam kelompok tulang pipa atau tulang panjang. Pada awalnya tulang hasta memiliki ukuran yang lebih panjang dan diameternya lebih kecil. 

Ketika usia 4-5 bulan pun ukuran diameter tulang hasta lebih besar dibandingkan tulang pengumpil. Namun semakin bertambah usia diameter tulang hasta menjadi mengecil. Bagian yang terdapat pada tulang hasta diantaranya:

1. Bagian atas (proksimal)

Pada bagian atas memiliki ujung berbentuk huruf ‘C’ dan sebagai bagian penyambung antara tulang hasta dan pengumpil yang disebut dengan radial notch. Pada bagian atas juga yang bisa membantu untuk melakukan perputaran atau rotasi dari lengan bawah.

Selain itu pun terdapat trochlear notch yang memiliki fungsi untuk menyatukan tulang lengan atas dan tulang hasta. Bagian ini terdapat pada persendian siku dan membantu untuk menekuk dan meregang lengan bawah.

2. Bagian tengah

Pada bagian tengah tulang hasta memiliki  bentuk yang tidak sepenuhnya simetris karena bagian atas mirip dengan piramida hingga bagian tengah. Pada bagian ini memiliki jaringan berserat tipis yang bisa menahan tulang hasta dan tulang pengumpil agar tetap pada posisinya. 

3. Bagian bawah (distal)

Selain itu pun pada bagian bawah atau distal terdapat ulnar head dan ulnar notch yang menjadi kunci dari setiap pergerakan. Ukurannya lebih kecil dibandingkan bagian atasnya. Selain itu pun terdapat styloid process atau tulang kecil yang terlihat keluar dan memiliki fungsi sebagai tempat otot pergelangan tangan atau ulnar collateral ligament. 

Fungsi tulang hasta 

1. Membantu pergerakan pergelangan tangan 

Fungsi dari tulang hasta salah satunya adalah sebagai tumpuan atau penopang antara tulang hasta dan tulang radius pada sendi pergelangan tangan. Sehingga tulang bisa berada pada tempatnya dan mampu memutar pergelangan tangan. 

Selain itu pun pada tulang hasta juga mampu mengembalikan perputaran setelah dilakukan perputaran atau melakukan rotasi. Oleh sebab itu hal tersebut bisa membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

2. Tempat melekatnya otot lengan bawah 

Selain itu fungsi dari tulang hasta juga sebagai tempat melekatnya otot lengan bawah. Tulang hasta mampu menopang berbagai otot penting seperti ligament, tendon dan pembuluh darah. Sehingga tulang dan otot saling bekerjasama untuk menggerakan lengan dan untuk membentuk struktur lengan dan mampu melakukan perputaran pada lengan dengan bantuan otot lengan atas dan lengan bawah. 

3. Menggerakan persendian siku

Fungsi lainnya adalah mampu menggerakan persendian siku. Pada pergelangan tangan, tumpuan tulang hasta dan tulang radius memiliki fungsi untuk mengatur pergerakan sendi pada siku. 

Hal tersebut yang menyebabkan manusia mampu menekuk dan meluruskan tangan sehingga bisa bergerak lebih bebas dan membantu aktivitas sehari-hari dan lengan pun tidak merasa tegang atau kaku. 

4. Membentuk struktur lengan bawah

Tulang hasta berfungsi sebagai pembentuk struktur lengan bawah yakni tempat melekatnya jari-jari dan lengan bawah. Tulang hasta hampir menduduki sepertiga tulang lengan bawah. Letak dari tulang hasta berada pada sisi kelingking sedangkan tulang radius berada pada sisi ibu jari yang keduanya saling bekerjasama untuk membentuk struktur lengan bawah. 

5. Membantu melakukan aktivitas 

Dari berbagai fungsi diatas bahwa tulang hasta mampu melakukan pergerakan tulang lengan bawah dan mampu melakukan perputaran pergelangan tangan hingga siku. Oleh sebab itu tulang hasta berfungsi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Aktivitas seperti menggenggam, menulis, mengetik, melempar dan berbagai aktivitas lainnya yang dapat dilakukan menggunakan bantuan tulang hasta akan sangat bergantung. Jika tidak maka hal tersebut akan mengalami hambatan dan muncul gangguan pada aktivitas sehari-hari. 

Gangguan pada tulang hasta

Tulang hasta memang memiliki peran penting dalam tubuh karena memiliki fungsi yang beranekaragam dalam proses aktivitas sehari-hari. Namun tidak menutup kemungkinan jika terjadi masalah atau gangguan pada tulang hasta. 

Gangguan atau masalah yang bisa terjadi pada tulang hasta seperti cedera, retak, patah atau bergeser. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai hal. Oleh sebab itu menjaga dan tetap mematuhi prosedur yang seharusnya merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko kecelakaan di berbagai tempat. 

Gangguan pada tulang hasta disebut dengan deformitas madelung yang terjadi ketika kelainan bentuk tulang dan menyebabkan posisi tulang hasta bergeser atau disebut dengan dislokasi. Tak hanya itu berbagai jenis patah tulang yang bisa terjadi diantaranya:

1. Fraktur lengkap 

Fraktur lengkap merupakan patah tulang penuh ketika tulang mengalami pecah menjadi 2 bagian. 

2. Fraktur tertutup

Fraktur tertutup terjadi ketika mengalami fraktur sebagian atau seluruhnya dimana tulang tidak menembus kulit.

3. Fraktur Greenstick

Fraktur greenstick terjadi ketika fraktur garis rambut ke tulang yang utuh atau disebut dengan fraktur parsial.

4. Fraktur gabungan 

Fraktur ini terjadi ketika sepotong fragmen tulang menembus kulit atau disebut dengan fraktur terbuka.

5. Fraktur comminuted

Fraktur comminuted terjadi ketika tulang pecah menjadi bagian kecil-kecil. 

Kesimpulan 

Tulang hasta merupakan salah satu tulang yang mampu menopang lengan bawah dengan bentuk yang tipis dan panjang. Pada awalnya tulang hasta memiliki ukuran yang lebih panjang dan diameternya lebih kecil. 

Ketika usia 4-5 bulan pun ukuran diameter tulang hasta lebih besar dibandingkan tulang pengumpil. Namun semakin bertambah usia diameter tulang hasta menjadi mengecil. Fungsi dari tulang hasta adalah membantu pergerakan lengan bawah, tempat melekatnya otot lengan hingga membantu aktivitas sehari-hari. 

Jika mengalami gangguan pada tulang hasta maka hal tersebut bisa menyebabkan hambatan pada aktivitas sehari-hari. Seperti cedera, patah tulang, bergeser ataupun cedera lainnya yang membuat aktivitas terhambat dan mengalami gangguan. 

(GE – RIFA)

Scroll to Top