SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Bagikan:

AshefaNews – Daftar makanan yang bisa menurunkan berat badan belakangan ini makin banyak saja dicari. Terutama oleh orang-orang yang merasa dirinya kelebihan berat badan alias obesitas. 

Jika ingin menurunkan berat badan, kamu harus konsisten dalam melakukannya. Menurunkan berat badan sangat mudah dan dapat dilakukan dengan beragam cara yaitu mulai dari olahraga, menjaga pola makan, pola tidur, dan juga tidak mengonsumsi makanan-makanan yang berlemak.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa daftar makanan tersebut. Jadi bacanya sampai selesai ya!

Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Inilah beberapa daftar makanan yang bisa menurunkan berat badan, yaitu sebagai berikut.

1. Telur  

Telur adalah makanan yang kaya akan protein dan juga nutrisi, pastinya dari kandungan tersebut dapat membuat kamu merasa kenyang. Terdapat dalam sebuah penelitian yang melibatkan 50 orang sehat yang mempunyai berat badan lebih menunjukkan bahwa hanya dengan sarapan menggunakan telur dan roti panggang dapat meningkatkan rasa kenyang selama 4 sampai 5 jam kedepan.

Maka dari rasa kenyang itulah dapat membuat kamu memerangi rasa ingin makan berlebihan yang didorong pula oleh rasa lapar yang berlebihan. Selain itu, makan telur setiap pagi juga dapat menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. kacang kacangan 

Kacang kacangan tentu dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan makanan ini tinggi akan protein dan juga serat yang tentunya dua nutrisi tersebut dapat meningkatkan rasa kenyang. Beberapa kacang kacangan cenderung memiliki pati resisten.

Dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi, kacang kacangan dapat menyebabkan perut kembung dan gas pada beberapa orang. Jangan takut untuk mengonsumsi kacang kacangan, karena kamu dapat mengurangi efek samping tersebut dengan cara membeli kacang kering lalu direndam selama beberapa jam sebelum kacang tersebut dikonsumsi.

3. Kentang dan Sayuran Akar 

Kentang dan juga sayuran akar lainnya, seperti wortel memiliki khasiat yang luar biasa untuk membantu mengurangi berat dan juga kesehatan yang optimal. Jenis makanan akar seperti ini mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat beragam seperti nutrisi, potasium dan juga kandungan kalium yang berfungsi sebagai manajemen tekanan darah.

Pada skala umumnya makanan akar seperti ini disebut indeks kekenyangan yang mengukur seberapa mengenyangkan makanan yang berbeda contoh seperti kentang rebus yang mendapat skor tertinggi dari semua jenis makanan yang sudah diuji, yaitu pada artiannya hanya dengan memakan kentang atau ubi jalar rebus dapat membuat kamu merasa kenyang secara alami.

Namun, jika anda ingin menurunkan berat badan maka anda harus membiarkan kentang atau ubi jalar rebus ini menjadi dingin. Karna kentang tersebut akan membentuk pati resisten dalam jumlah yang tinggi, zat pati resisten ini sudah teruji merupakan zat yang dapat menurunkan berat badan.

3. Buah Alpukat 

Meskipun pada umumnya alpukat merupakan buah yang mengandung banyak lemak, alpukat juga mengandung banyak serat dan air yang membuat buah satu ini menyegarkan. Selain itu, alpukat juga sering digunakan untuk salad buah dan sayur. Karena penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemak yang terdapat pada alpukat dapat meningkatkan berapa banyak antioksidan karotenoid yang diserap tubuh kamu dari buah alpukat ini dan juga sayuran.

Diketahui juga bahwa alpukat mengandung banyak energi, jadi memperhatikan porsi adalah kunci dari menurunkan berat badan.

4. Dada ayam dan daging tanpa lemak 

Pada dasarnya dada ayam memiliki kandungan yang tinggi akan protein dan tentunya dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentunya juga didukung oleh beberapa riset yang menunjukkan bahwa pola makan dengan menggunakan makanan yang tinggi protein dapat membuat kamu merasakan kenyang lebih lama.

Dada ayam umumnya memiliki sedikit lemak jenuh dibandingkan dengan beberapa jenis daging lainya, dengan kandungan lemak jenuh ini dapat membuat kamu terhindar dari penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular.

5. Jeruk Bali 

Jeruk bali memiliki kandungan yang tinggi nutrisi dan juga serat yang akan meningkatkan perasaan kenyang. Di dalam sebuah penelitian yang menggunakan 91 orang dengan penderita obesitas selama 12 minggu, dengan memakan setengah dari jeruk bali yang segar sebelum makan tentunya dapat menyebabkan penurunan berat badan sebanyak 3,5 pon atau 1,6 kg.  

Jeruk bali juga bisa mengurangi resistensi insulin yang artinya dengan memakan setengah jeruk bali sekitar setengah jam sebelum makan akan dapat membantu kamu merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Tentunya dengan catatan hindari mengkonsumsi jeruk bali jika kamu sedang mengkonsumsi obat tertentu, seperti Statin atau obat tekanan darah karena dengan mengkonsumsi jeruk bali dapat meningkatkan atau mengganggu efeknya. 

6. Yoghurt Yunani  

Yoghurt yunani ini sangat bagus untuk penurunan berat badan karena yoghurt yunani memiliki jumlah protein dua kali lipat dari yoghurt biasa, dan yoghurt ini memiliki kandungan bakteri seperti bakteri probiotik yang tentunya dapat meningkatkan fungsi usus.

Dengan memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi terhadap peradangan dan juga resistensi leptin yang merupakan salah satu pendorong hormonal utama pada obesitas. Pastikan juga untuk memilih yoghurt dengan biakan yang aktif dan hidup, karena semua jenis yoghurt lain rata rata hampir tidak mengandung probiotik.

Jangan lupa untuk membeli dan mempertimbangkan yoghurt yang penuh akan lemak, karena biasanya yoghurt yang rendah akan lemak tentu diberi tambahan pemanis,perasa dan gula tambahan untuk mengimbangi tekstur dari yoghurtnya.

7. Popcorn 

Walaupun kami sedang diet dan memiliki keinginan yang kuat untuk ngemil di saat jam makan, maka disarankan untuk ngemil popcorn. Dengan rasanya yang renyah dan ringan membuat cemilan ini sangat cocok dimakan saat dalam penurunan berat badan, di dalam 375 gram popcorn mengandung 100 kalori dan 4 gram serat.

Kandungan serat yang terdapat pada popcorn akan membuat perut kenyang lebih lama, dalam riset yang dipublikasikan di Nutrition journal September 2012 disebutkan bahwa popcorn lebih memuaskan daripada keripik kentang, karena setelah makan popcorn itu akan mengurangi porsi makan berikut.

8. Kembang Kol 

Mungkin tidak semua orang menyukai kembang kol karena warnanya yang pucat dan rasanya yang hambar. Tapi sayuran berbentuk kuntum bunga ini merupakan raja keto karna jadi jadi favorit pelaku diet ketosis, setiap 325 gram kembang kol mengandung 27 kalori dan 2 gram serat.

Menurut analisis penelitian, kembang kol berkaitan dengan penurunan berat badan karena indeks glikemik kembang kol yang rendah dan tinggi serat.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa daftar makanan yang bisa menurunkan berat badan. Jika Anda dalam proses diet, sebaiknya cobain salah satu makanan diatas untuk membantu proses dietmu!

(FR – Khanifa)

Scroll to Top