SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Daftar Makanan untuk Diet yang Patut Dicoba

Bagikan:

AshefaNews – Menurunkan berat badan atau yang sering disebut dengan diet bukan berarti kamu tidak makan sama sekali, justru kamu harus tetap makan, tetapi dengan porsi yang lebih sedikit dari sebelumnya. Berikut kita akan membahas daftar makanan untuk diet yang mungkin perlu kamu ketahui.

Diet sering kali dikaitkan dengan dengan penurunan berat badan, itulah kenapa kebanyakan orang-orang suka membatasi asupan pola makanannya dan melakukan olahraga yang intensitas tinggi demi membakar lemak. Padahal, tujuan diet sendiri adalah untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Sementara itu, jika kamu sedang menjalankan proses diet dengan pola yang sehat, lakukan olahraga rutin dan pilihlah makanan yang sehat. Namun, perhatikan juga makanan yang harus dihindari seperti daging, makanan cepat saji, susu, coklat dan minuman yang mengandung gula tinggi, maupun ikan goreng yang mengandung kalori tinggi. 

Setelah itu, kamu harus lebih selektif dalam memilih makanan ataupun minuman untuk menekan rasa lapar, mempengaruhi hormon hingga kamu perlu memperhatikan asupan kalori yang masuk dalam tubuh.

Daftar Makanan untuk Diet 

Umumnya, makanan untuk diet ini mengandung kalori rendah, lemak dan sedikit karbohidrat. Contoh makanan yang baik untuk diet yaitu dada ayam, sayuran, kacang-kacangan, buah dan biji-bijian. Ternyata, mengonsumsi makanan untuk diet tersebut tidak hanya akan membantumu menurunkan berat badan, tetapi juga bisa mempertahankannya.

Untuk itu, cobalah untuk memasukkan beberapa makanan berikut, dalam hidangan sehari-hari yang bisa kamu konsumsi untuk proses diet kamu!

1.Dada ayam

Daftar makanan untuk diet yang utama adalah dada ayam. Pasalnya, tidak semua bagian ayam mengandung lemak tinggi. Apalagi dibandingkan dengan bagian paha, dada justru memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah kalori.

Sementara itu, justru bagian inilah yang mengandung zat besi dan protein yang tinggi. Kamu bisa mengolahnya dengan cara dipanggang atau direbus, namun jangan menggorengnya, supaya tidak bisa merusak kandungan sebaiknya di dada ayam tersebut.

2. Buah Alpukat 

Alpukat atau yang sering dikaitkan sebagai buah yang dapat menggemukkan tubuh, hanya karena buah ini kaya lemak. Nyatanya, lemak yang terkandung di alpukat adalah mengandung lemak yang tak jenuh, justru buah inilah yang baik untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, alpukat juga cocok dijadikan makanan untuk diet, terlebih lagi buah tersebut bisa mengecilkan lingkar perut dan bisa menahan lapar.

3. Telur

Selain dada ayam, Ternyata telur juga bisa dijadikan makanan pilihan untuk diet. Bahkan tak hanya ramah di kantong, telur sendiri mengandung kaya nutrisi seperti kolin, protein dan vitamin D. Namun, jika ingin lebih sehat lagi kamu bisa mengkonsumsi putih telur nya aja. Karena pada umumnya, satu butir telur itu mengandung 406 gram protein sebagai sumber energi. Kamu bisa mengkonsumsi telur dengan cara merebusnya untuk mendapatkan kandungan terbaiknya.

4. Salmon

Salmon merupakan ikan berlemak yang dikenal kaya akan nutrisi, termasuk diantaranya lemak sehat dan protein. Kedua nutrisi tersebut sangat berperan dalam penurunan berat badan dengan cara meningkatkan rasa kenyang.

Tak hanya itu, salmon juga memiliki sarat dengan asam omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan. dan peradangan itu sangat berperan dalam kasus obesitas dan penyakit metabolik seperti diabetes.

5. Kentang

Selanjutnya yaitu kentang, kentang merupakan makanan yang luar sanggup untuk menurunkan berat badan. Karena kentang itu sendiri mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi kentang dengan cara merebusnya, Apalagi asupan kentang rebus dapat membantu kamu akan merasakan kenyang lebih lama. Namun selain kentang, kamu juga dapat mengonsumsi umbi-umbian yang lain seperti ubi.

6. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani merupakan salah satu makanan yang terbaik untuk diet. yogurt yang satu ini memiliki kandungan protein dua kali lipat lebih banyak dari yogurt biasa. 

Selain itu juga, Yogurt yunani juga mengandung bakteri probiotik yang dapat meningkatkan fungsi usus. Karena usus yang sehat bisa membantu tubuh terlindungi dari resiko peradangan serta resistensi leptin. Yang merupakan nama terakhir dari salah satu hal yang paling berkontribusi dalam memicu suatu obesitas. 

7. Kacang-kacangan 

Mungkin kamu tidak pernah memasukkan kacang-kacangan dalam daftar makanan yang bikin kurus. Padahal, kacang-kacangan ini tak hanya bisa menjadi cemilan, tetapi kacang-kacangan tersebut bisa juga dijadikan lauk sehat yang tinggi akan serat dan protein.

Beberapa kacang-kacangan yang baik untuk diet adalah kacang hijau, kacang merah dan lain sebagainya.

8. Sayuran Hijau

Sayuran yang baik untuk dijadikan menu sehat diet adalah sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung dan lobak. Umumnya, sayuran hijau tersebut mengandung senyawa yang baik untuk meningkatkan  serat untuk rasa kenyang dan meredakan nafsu makan yang berlebih.

9. Bawang putih

Wow ternyata, bawang putih yang selama ini kita pakai untuk bumbu dapur, nyatanya juga bisa untuk dijadikan untuk penurunan berat badan. Bawang putih termasuk umbi-umbian bahkan masih satu keluarga dengan bawang merah dan daun bawang.

Manfaat bawang putih sendiri bisa menyehatkan untung jantung, mengatasi jerawat dan dapat mengendalikan tekanan darah.

10. Biji-bijian 

Selanjutnya yaitu biji-bijian, biji-bijian yang baik untuk diet seperti beras merah, gandum dan oatmeal yang mengandung serat. Serat tersebut dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan metabolisme. Jadi, jika kamu sedang diet, maka pilihlah nasi merah karena nasi merah mengandung serat lebih tinggi.

11. Daging Sapi tanpa Lemak (daging merah)

Mengonsumsi daging sapi tanpa lemak sendiri memiliki kandungan protein serta zat besi yang juga baik untuk kesehatan tubuh. Sementara itu, bagian daging sapi tanpa lemak ini juga baik untuk dikonsumsi, apalagi kamu yang sedang menjalani diet karena daging sapi tanpa lemak rendah akan karbohidrat. 

12. Tomat

Tomat yang termasuk kedalam kategori buah dan sayur. Pada dasarnya, tomat bisa dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam sup, campuran dalam cabai maupun menjadi campuran dalam jus buah.

Tomat memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan serta bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Namun, selain dapat diolah, tomat juga bisa dimakan secara mentah jika sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimakan.

Oleh sebab itu, tomat yang dikonsumsi secara mentah juga bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta membantu proses pencernaan untuk orang yang mengkonsumsinya.

Nah, jadi itulah beberapa rekomendasi daftar makanan untuk diet yang baik untuk menurunkan berat badan. kamu bisa memilihnya salah satu diantaranya. 

(GE – Khanifa)

Scroll to Top