SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Daftar Makanan Rendah Kalori dan Lemak

Bagikan:

AshefaNews – Setiap makanan pastinya mengandung kalori yang bermacam-macam, seperti kalori yang dibutuhkan tubuh untuk energi. 

Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori dan lemak. Biasanya makanan ini dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang diet atau menjalani hidup lebih sehat.

Pada dasarnya, tubuh manusia memang membutuhkan kalori untuk dijadikan sebagai energi. Namun, jika terlalu semangat beraktivitas, asupan kalori yang berlebihan bisa bikin berat badan jadi naik. Hal tersebut terjadi karena kalori akan disimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak untuk cadangan energi.

Dan salah satu nasehat yang sering diberikan oleh orang diet adalah makan sampai merasa kenyang. Tapi, Yang jadi masalahnya yaitu jenis makanan yang berbeda juga mempunyai efek berbeda seperti memberikan efek kenyang. Justru yang tadinya ingin menahan lapar, tetapi malah memilih ngemil untuk tetap kenyang dengan optimal.

Daftar Makanan Rendah Kalori dan Lemak 

Makanan rendah kalori dan lemak yang berarti jumlah nutrisi pada makanan tidak sebanyak daripada yang biasanya.

Nyatanya sendiri, Makanan rendah kalori dan lemak sangat beresiko pada badan jika tidak mendapat nutrisi yang cukup. Jadi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selalu tetap terjaga, maka pilihkan juga makanan rendah kalori dan lemak yang mengenyangkan.

Adapun beberapa daftar makanan rendah kalori dan lemak yang bisa dinikmati sangat baik untuk tubuh adalah: 

1.Oatmeal

Makanan rendah kalori dan lemak yang pertama yaitu Oatmeal. merupakan sereal yang cocok dikonsumsi untuk sarapan. Oatmeal sendiri mengandung serat yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk menyerap air.

Oat adalah salah satu sumber serat larut yang baik disebut dengan beta-glukan. Beta-glukan tersebut dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Namun, jika dibandingkan dengan sereal cepat saji, oatmeal ini jauh lebih baik dalam menekan nafsu makan, sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dan bisa mengurangi asupan kalori di sepanjang hari.

2. Apel

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan buah dapat dikaitkan dengan asupan kalori lebih rendah dan bisa berkontribusi terhadap penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Buah Apel ini mengandung pektin. Namun, serat larut yang secara alami dapat memperlambat sistem pencernaan. Tapi, dengan makan buah apel dapat membantu perut kamu menjadi terasa kenyang lebih lama. Apel juga mengandung 85 persen air yang dapat memberikan volume sehingga bisa meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah kalori.

3. Telur

Selanjutnya adalah telur. Telur memiliki nutrisi yang tinggi karena kandungan proteinnya. Telur juga mengandung asam amino esensial yang berfungsi sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi dapat mengurangi ngemil, memperlambat pengosongan perut dan mengurangi kadar ghrelin ataupun hormon yang bertanggung jawab atas rasa lapar. Karena telur sendiri mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari daripada mereka yang makan bagel. 

Terlebih lagi secara khusus, saat studi menemukan kalau orang makan telur untuk sarapan, maka hal tersebut dapat menurunkan indeks massa tubuh dan bisa kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang makan begel.

4. Biji Chia

Biji chia merupakan makanan rendah kalori dan lemak. Biji chia memiliki kandungan serat yang dapat menyerap cairan dan lingkar pembengkakkan dalam perut. Hal tersebut berfungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang.

Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan kalau biji chia bisa menyerap 10-12 kali beratnya dalam air, Lalu bergerak secara perlahan melalui saluran pencernaan sehingga dapat membuat seseorang merasa kenyang.

Kamu juga bisa menambahkan satu atau dua porsi biji chia ke dalam makanan harianmu, hal tersebut dapat menekan keinginan makan dan mengurangi nafsu makan.

Tapi dalam beberapa kasus lain, seorang yang mengkonsumsi yogurt dengan tambahan biji chia maka bisa dipastikan dapat mengalami penurunan rasa lapar, kurang keinginan untuk makanan manis dan dapat meningkatkan perasaan kenyang yang berlebih.

5. Keju Cottage

Keju Cottage merupakan salah satu sumber protein dan camilan yang berfungsi baik untuk menurunkan berat badan.

Sementara, sebuah studi menunjukkan bahwa makan-makanan protein dapat memperlambat pengosongan perut untuk memperpanjang perasaan kenyang.

6. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran yaitu makanan sehat yang baik untuk menurunkan berat badan. Sayur sendiri merupakan makanan rendah kalori, tapi akan akan serat yang bisa membuatmu merasa kenyang. Bahkan tak cuma untuk dijadikan lauk, Beberapa sayuran juga bisa dijadikan sebagai cemilan. Contohnya Wortel, seledri, brokoli, paprika dan mentimun.

7. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan protein dua kali lipat dari yogurt yang biasanya.

Selain itu juga, Yogurt yunani dapat membantu mengurangi rasa lapar dan akan membuat kenyang lebih lama dibanding dengan cemilan yang rendah protein.

8.  Ikan Kod

Ketika tahu ikan kod lebih rendah dari salmon, ikan tuna, sarden, makarel dan ikan lainnya. Maka saran selanjutnya adalah akan lebih baik jika kamu mengkonsumsinya dengan direbus, buat sup atau dibuat pepes.

9.  Tahu

Tahu termasuk salah satu sumber protein nabati yang tentu saja sangat baik untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu saja, tahu juga banyak mengandung air dan mineral.

Sementara kalorinya sendiri sangat rendah sehingga tahu sangat cocok untuk diet. 

Jadi, jika kamu ingin mengkonsumsinya, sebaiknya tahu diolah dengan cara direbus karena hanya memuat sekitar 80 kalori saja, dengan 10,9 gram protein dan 4,7 gram lemak.

10. Sup

Makanan rendah kalori dan lemak yang terakhir adalah sup. Ternyata, sup juga termasuk dalam makanan rendah kalori dan lemak. Pasalnya, sup seringkali dianggap sebagai lauk yang ringan dan sederhana. Namun faktanya sendiri, sup lebih mengenyangkan daripada makanan padat, meskipun bahannya sama.

Tapi, Saat salah satu penelitian telah menunjukkan kalau sup yang lembut dapat memperlambat pengosongan perut dan lebih efektif dalam meningkatkan rasa kenyang daripada makanan padat atau pun sup kental lainnya.

Dalam sebuah studi lain, makan sup sebelum makan, Nyatanya bisa menurunkan total asupan kalori saat makan siang hingga 20%. Tapi ingat juga, bahwa sup yang lembut mungkin juga tinggi kalori. Untuk itu, Pilihlah sup kaldu atau kaldu yang lebih ringan untuk meminimalkan kalori dan memaksimalkan rasa kenyang pada perut. 

Demikianlah daftar makanan rendah kalori dan lemak yang sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

(GE – GUR)

Scroll to Top