SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Cari Tahu Apa Saja Obat Darah Rendah Herbal

Bagikan:

AshefaNewsObat darah rendah pada umumnya diperlukan apabila perubahan pola makan serta gaya hidup tidak cukup untuk menangani kondisi tersebut. Meski sudah sering terjadi dan biasanya tidak diiringi dengan gejala, darah rendah berpotensi besar menyebabkan komplikasi berbahaya di kondisi tertentu.

Tekanan normal pada darah orang dewasa adalah 120/80 mmHg. Seseorang dapat dikatakan darah rendah apabila tekanan darah dibawah 90/60 mmHg. Kondisi ini disebut juga hipotensi yang dapat terjadi karena faktor usia, perdarahan, keturunan, sepsis, dehidrasi, penggunaan obat-obatan tertentu serta kehamilan.

Berbagai Obat Darah Rendah yang Perlu Diketahui 

Apa obat darah rendah yang ampuh dan bagaimana cara mendapatkannya? Pada umumnya hipotensi tidak menimbulkan gejala, akan tetapi terdapat juga sebagian penderitanya yang dapat mengalami gejala seperti pusing, mual, lemas, buramnya pandangan, bahkan kehilangan kesadaran.

Hipotensi yang tidak terkendali dapat memicu komplikasi yang berbahaya seperti misalnya gangguan otak, penyakit jantung, jatuh pingsan yang mengakibatkan cidera, syok, dan stroke. Maka dari hal itu, penyakit hipotensi perlu diobati untuk mencegah komplikasinya.

Penanganan awal yang dilakukan untuk kondisi hipotensi yaitu dengan mengubah pola makan serta menerapkan gaya hidup sehat. Apabila langkah tersebut tidak efektif untuk mengatasi kondisi tersebut maka silahkan konsultasi ke dokter dan nantinya akan diberikan resep obat yang sesuai dengan penyebabnya.

Obatan-obatan biasanya cenderung diberikan kepada penderita hipotensi yang disertai dengan tanda atau penyakit tertentu. Terdapat beberapa jenis obat darah rendah yang pada umumnya akan diberikan oleh dokter, beberapa diantaranya adalah:

Midodrine

Obat darah rendah ini lebih sering dipakai untuk mengobati hipotensi ortostatik, yaitu kondisi darah rendah yang dipengaruhi oleh perubahan posisi pada tubuh. Cara kerja dari obat ini yaitu menyempitkan pembuluh darah. 

Sehingga tekanan pembuluh darah meningkat maka tekanan darah pastinya akan menaik. Terdapat beberapa efek samping yang dapat timbul dari penggunaan obat ini, seperti panas, sulit buang air kecil, ruam pada kulit, dan kesemutan.

Fludrocortisone

Obat fludrocortisone dapat digunakan untuk mengatasi hipotensi dengan cara kerja meningkatkan volume darah serta kadar garam yang ada di dalam pembuluh darah. Sehingga jantung akan memompa darah lebih kuat sekaligus dapat meningkatkan tekanan darah. Terdapat efek samping dari fludrocortisone beberapa diantaranya seperti muntah, sakit perut, jerawat, muntah, serta gelisah.

Katekolamin

Katekolamin dapat membuat jantung berdetak lebih cepat serta pembuluh darah menyempit, dengan begitu tekanan darah akan meningkat. Obat tersebut tersedia dalam bentuk suntik dan hanya akan diberikan pada penderita hipotensi yang merupakan akibat dari kasus berat seperti syok kardiogenik atau anafilaktik. Beberapa contoh obat darah rendah katekolamin yang pada umumnya digunakan yaitu epinefrin, dobutamin, serta isoproterenol.

Antibiotik

Untuk tekanan darah rendah yang terjadi akibat sepsis, pada umumnya dokter akan memberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi berat yang terjadi akibat bakteri. Jenis antibiotik yang diberikan pastinya akan disesuaikan dengan jenis bakteri yang membuat infeksi pada tubuh

Pemberian cairan infus

Pada saat tubuh kekurangan cairan, volume darah bisa berkurang. Kondisi tersebut dapat memicu timbulnya penurunan tekanan darah. Penurunan tekanan darah akibat dari kekurangan volume darah pada umumnya terjadi pada kasus dehidrasi yang disebabkan oleh diare atau muntah secara terus menerus.

Apabila kondisi ini tidak terkendali dengan pemberian cairan melalui mulut. Biasanya dokter akan memberikan cairan infus guna mengatasi dehidrasi yang terjadi dan membantu mempercepat proses pemulihan.

Obat darah rendah di apotik

Bagi Anda yang sedang mengalami darah rendah dan ingin mencari obat darah rendah di apotik. Maka berikut ini beberapa nama obat darah rendah dengan khasiat yang telah dipercaya untuk mengatasi hipotensi :

Maltofer Chewable Tablet

Maltofer Chewable Tablet adalah produk vitamin sekaligus mineral penambah darah yang tersedia dalam bentuk tablet kunyah. Di Samping mengunyah, Anda dapat menelannya secara langsung. Namun pastikan Anda mengonsumsi obat ini secara segera saat sesudah makan

Fu Fang Ejiao Jiang

Fu Fang Ejiao Jiang merupakan obat dari Cina yang berfungsi meningkatkan sel darah merah. Selain itu, obat ini juga berguna untuk meningkatkan imun, menjaga kesehatan organ tubuh, serta memperlancar sirkulasi darah.

Sari Kurma Sahara

Sari kurma merupakan suplemen penambah darah yang sangat disarankan bagi ibu hamil serta ibu menyusui karena terdapat kandungan glukosa, fruktosa, serta vitamin B. Sari kurma juga banyak dipakai untuk mempercepat proses pemulihan demam berdarah yang mengakibatkan kadar trombosit menurun. 

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh manfaat lain seperti mencegah stroke, mengatasi sembelit. Disarankan juga untuk tetap berkonsultasi pada dokter atau pihak apoteker terlebih dahulu sebelum menggunakan obat darah rendah yang satu ini.

Vitalex Kapsul

Vitalex kapsul merupakan vitamin untuk penambah darah yang disebabkan oleh kekurangan zat besi serta vitamin atau dapat berguna sebagai pencegahan. Vitalex banyak disarankan pada wanita dalam masa hamil dan menyusui. 

Sangobion Baby

Supaya dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan zat besi serta asam folat pada anak usia dini. Anda dapat memberikan Sangobion Baby yang tersedia dalam kemasan sirup. Beberapa kandungan utama didalam.suplemen ini yaitu asam folat serta kompleks besi (III)-hidroksi polimaltosa. Pastinya, Sangobion Baby sengaja dibuat dengan rasa yang disukai oleh anak kecil atau bayi dan aroma xat besinya sangat minim.

Corovit

Corovit merupakan salah satu obat kurang darah yang tersedia dalam bentuk tablet multivitamin serta mineral dan dapat digunakan sebagai salah satu pilihan. Corovit berguna untuk membantu memulihkan kondisi kekurangan darah, membantu meningkatkan nafsu makan serta dapat membentuk imunitas untuk melawan penyakit.

Obat darah rendah alami

Mengatasi darah rendah sebenarnya tidak harus menggunakan obat – obatan. Akan tetapi terdapat obat darah rendah alami yang dapat digunakan bagi Anda yang merupakan pecinta herbal. Berikut ini adalah obat darah rendah herbal, yakni:

Natrium Garam 

Salah satu obat alami untuk darah rendah yaitu garam. Kandungan garam yang tinggi memiliki kaitan erat dengan hipertensi. Dari hal itulah, meningkatkan konsumsi garam dapat membuat tekanan darah stabil

Teh hijau

Teh hijau didalamnya terkandung banyak sekali antioksidan, vitamin, serta mineral. Kandungan di dalam teh hijau dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan tepat untuk mengobati tekanan darah rendah atau hipotensi.

Ginseng

Ginseng berguna untuk meningkatkan tekanan pada darah bagi Anda yang mengalami hipotensi. Obat alami ini telah dipercaya sejak dulu dan merupakan obat tradisional yang terbukti ampuh khasiatnya untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk darah rendah.
Itulah beberapa penjelasan mengenai obat darah rendah dari bentuk kimia hingga cara penangan menggunakan obat herbal. Dengan adanya ulasan diatas semoga memberi banyak manfaat.

(GE – NS)

Scroll to Top