SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Cara Mengatasi Susah Tidur yang Dapat Dilakukan

Bagikan:

AshefaNews Jika kamu sering mengalami susah tidur dan gelisah ketika akan tidur malam maka akan sangat mengganggu karena akan merusak waktu istirahat dan juga menyebabkan dampak mengantuk di esok harinya.

Walaupun setiap orang memiliki jadwal dan batas tidur masing masing serta bervariasi, tentu saja setiap orang memiliki waktu tidur minimal 7 jam setiap malam  bagi orang dewasa. Saat waktu tidurmu terganggu tentu saja akan mempengaruhi kualitas hidup mu. 

Kamu dapat melakukan cara alami untuk mengatasi masalah susah tidur dan gelisah saat malam hari yang akan mempengaruhi hari esok yang akan kamu jalani. Sebelum masuk ke cara mengatasi susah tidur, kamu harus terlebih dahulu tau apa saja penyebab susah tidur dan bacalah penjelasan dibawah

Penyebab susah tidur 

Sulit tidur atau biasa disebut dengan insomnia, biasanya jenis insomnia banyak berkaitan dengan penyebab berikut ini:

  1. stres 
  2. peristiwa yang menjengkelkan atau traumatis
  3. perubahan kebiasaan tidur dilingkungan bau seperti di hotel, rumah baru atau dengan pasangan untuk pertama kalinya.
  4. rasa sakit akibat penyakit fisik
  5. pengaruh obat obatan tertentu
  6. jetlag atau siklus tidur terganggu oleh perubahan zona waktu 

Sementara insomnia kronis dapat terjadi diakibat oleh: 

  1. kondisi nyeri kronis seperti radang sendi atau sakit punggung.
  2. masalah psikologis seperti kecemasan, depresi atau gangguan tidur lainnya.
  3. kondisi kesehatan seperti diabetes, kanker, penyakit refluks, gastroesofagus (GERD) atau juga penyakit kardiovaskular. 

Cara mengatasi susah tidur dan gelisah di malam hari 

Terdapat banyak pilihan untuk mengatasi gejala insomnia maupun insomnia kronis seperti terapi, suplemen, pengobatan, atau bisa dengan cara pengobatan alami, seperti:

1.Terapi perilaku kognitif (CBT) untuk insomnia

CBT biasanya sering digunakan sebagai pengobatan pertama untuk insomnia kronis yang terjadi pada orang dewasa. Tentunya dengan dukungan dari terapis, baik secara online maupun tatap muka, kamu akan dapat mempelajari satu teknik khusus untuk mengatasi insomnia yaitu termasuk seperti berikut: 

Kontrol rangsangan

Teknik ini tentunya membantu dan mengajarkan kamu untuk bangun dari tempat tidur dan beraktivitas dengan cara yang tenang dan santai sampai nanti kamu akan merasakan ngantuk.

Pembatasan tidur

Teknik ini tentunya secara bertahap akan meningkat jumlah waktu yang kamu habis kan di tempat tidur sehingga dengan cara ini dapat membantu meningkatkan efisiensi tidur dan juga kualitas tidur.

Terapi cahaya terang

Teknik ini akan melibatkan satu paparan cahaya yang terang di pagi atau sore hari namun, teknik ini tentu bergantung pada apakah kamu akan menjadi lebih sulit tidur atau menjadi lebih mudah tidur.

2. Menghindari minuman berkafein jelang tidur 

Baik berupa kafein maupun alkohol tentunya akan dapat mengganggu tidur dan jika kamu ingin mengonsumsi alkohol dan juga minuman kafein seperti kopi hingga satu gelas, kamu harus memastikan dulu minumnya sebelum dekat dengan waktu tidur. Selain daripada itu kamu juga harus menghindari rokok sebab penggunaan nikotin juga dapat mengganggu pola baik untuk tidur.

3. Menghindari makanan pedas atau makanan berat mendekati waktu tidur 

Sebab di saat menjelang ingin tidur kamu harus dalam keadaan tenang dan betul betul siap tidur serta tidak mengalami gangguan perut karena memakan makanan yang pedas dan juga berat.

4.tidak berolahraga intens menjelang waktu tidur 

Kamu harus tau jika sebelum tidur tidak boleh melakukan olahraga karena jika berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur tentu akan dapat mengganggu tidur. Lebih baik kamu menciptakan waktu untuk ke tempat tidur hanya ketika mengantuk dan jika tidak mengantuk maka lakukan sesuatu yang mungkin akan membantu kamu bersantai yang lama kelamaan akan membuat kamu merasa ngantuk.

5. Gunakan alat bantu tidur alami 

Jika kamu ingin cara praktis yaitu cukup dengan mengkonsumsi minuman yang menenangkan seperti susu hangat atau teh herbal dan teh hijau sebelum tidur. 

6. Ubah gaya hidup jadi lebih produktif  

Hal ini dapat dilakukan agar disiang hari kamu akan merasa lebih melelahkan, jika kamu mengalami suatu rasa berupa rasa ingin tidur di siang hari maka kamu harus menahannya agar pada saat malam hari pola waktu tidur kamu akan kembali normal seperti biasa. 

7. Tempat tidur hanya untuk tidur atau bercinta

Jika kamu perlu melakukan aktivitas yang santai namun juga memancing rasa kantuk, kamu bisa mengajak pasangan kamu untuk berhubungan di malam hari sebelum tidur. 

8. Gunakan aroma terapi 

Aroma yang menenangkan seperti lavender juga terbukti ampuh dan mampu membawa ketenangan saat menjelang tidur. Gunakan juga minyak esensial seperti minyak Atsiri yang juga merupakan cairan aromatik kuat yang terbuat dari tumbuh tumbuhan, bunga, dan pohon. Minyak Atsiri dipercaya dapat meningkatkan tidur nyenyak meliputi: 

  • Kayu manis
  • Lavender
  • Citrus 
  • Chamomile 

9. Lakukan meditasi 

Dengan teknik ini tentu akan membantu meningkatkan kesadaran dan relaksasi saat ini, tidak hanya membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat kamu lebih mudah untuk tertidur. Meditasi sendiri perlu dilakukan dengan intens sebab meditasi dapat membantu menghilangkan kecemasan, stres dan juga rasa sakit yang yang mungkin akan menjadi faktor penyebab insomnia. 

10. Mencoba teknik akupuntur

Banyak orang yang menganggap teknik pengobatan tradisional Tiongkok ini bermanfaat untuk meredakan gejala insomnia, pengobatan akupuntur akan melibatkan jarum tipis yang akan ditusuk kan pada titik titik tekanan di seluruh tubuh. 

Jika yang mengalami insomnia sedang hamil, selalu tanyakan kepada dokter sebelum minum obat atau suplemen apa saja dan pastikan juga kamu membeli suplemen yang telah diverifikasi BPOM untuk mendapatkan tidur yang akan berkualitas. 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur dan gelisah saat malam seperti insomnia baik yang gejala atau pun insomnia kronis. Apa kamu pernah mengalaminya? Jika pernah maka cobalah beberapa cara diatas agar tidur mu kembali ke jadwal yang normal. 

(FR – KHANIFA)

Scroll to Top