Amoxicillin Trihydrate Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Bagikan:

AshefaNewsAmoxicillin Trihydrate obat apa? Pertanyaan ini sering kali muncul dalam benak masyarakat. Pasalnya obat Amoxicillin ini merupakan salah satu jenis obat yang kerap kali kita jumpai di pasaran. Bahkan, tak jarang jenis obat yang satu ini bisa saja diberikan kepada pasien yang tengah mengalami penyakit ringan. 

Amoxicillin ini bisa digunakan untuk berbagai penyakit mulai dari demam, radang tenggorokan, hingga penyakit berat lainnya. Bukan tanpa sebab, ternyata dalam obat antibiotik ini terdapat kandungan bahan anti infeksi yang dapat mengobati berbagai penyakit.

Jadi, Amoxicillin Trihydrate obat apa pastinya sudah terjawab bukan. Jadi, tidak masalah jika obat Amoxicillin ini digunakan untuk penyakit ringan sekalipun. Sebab, penyakit ringan pun terjadi karena adanya infeksi bakteri pada tubuh kita. 

Walaupun obat ini digunakan untuk obat dalam penyakit ringan, akan tetapi obat Amoxicillin ini termasuk ke dalam golongan jenis obat keras. Sehingga, dalam penggunaannya pun membutuhkan resep dokter terlebih dahulu dan tidak boleh dikonsumsi dengan sembarang dosis. Oleh karena itu, obat ini jarang dibeli oleh orang awam.

Apabila hal seperti itu tidak diperhatikan dengan baik maka, bukan tidak mungkin akan menimbulkan aneka macam efek samping yang tentunya dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

Maka, dari itu setelah mengetahui Amoxicillin Trihydrate obat apa sebaiknya setiap pasien juga mengetahui dan memahami secara jelas bagaimana fungsi obat amoxicillin itu sendiri. Tentunya, untuk menghindari salah penggunaan oleh pasiennya. 

Nah, dengan begitu pasien juga akan mengetahui tentang cara kerja obat Amoxicillin dalam menyembuhkan penyakit yang sedang diderita oleh pasien. Tidak hanya itu saja, efek samping dari mengkonsumsi obat Amoxicillin juga perlu dipahami dengan baik oleh para penggunanya.

Kenalilah Amoxicillin Trihydrate Obat Apa

Sebelum menggunakan untuk mengobati suatu penyakit. Obat Amoxicillin ini sebenarnya merupakan obat antibiotik yang berfungsi untuk membantu mengobati infeksi bakteri yang bisa menjadi penyebab penyakit dalam tubuh. 

Disamping itu, Amoxicillin juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain yang bisa membantu dalam mengurangi gejala tukak atau luka lambung maupun susu yang dipicu oleh bakteri H. pylori.

Nama Amoxicillin sendiri merupakan nama sebuah obat generic yang dibuat oleh pabrik farmasi. Obat antibiotic yang satu ini tersedia dalam bentuk kaplet, kapsul, sirup kering, hingga sediaan injeksi. 

Penggunaan obat ini berfokus dalam pengobatan infeksi atau melawan pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab penyakit, maka obat Amoxicillin ini tidak dapat digunakan dalam menyembuhkan penyakit akibat infeksi virus maupun jamur.

Akan tetapi sejauh ini belum ada yang membuktikan secara ilmiah bahwa kemampuan Amoxicillin bisa mengatasi penyakit akibat infeksi virus dan jamur.

Selepas mengetahui Amoxicillin Trihydrate obat apa dan karakteristiknya, selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi obat Amoxicillin untuk mengobati penyakit. 

Selain Amoxicillin masyarakat juga mengenal yusimox. Akan tetapi yusimox Amoxicillin Trihydrate Obat apa belum diketahui oleh banyak orang. Sebenarnya Yusimox dan Amoxicillin ini merupakan obat antibiotik yang sama.

Seperti diketahui, bahwa obat Amoxicillin ini berguna untuk meredakan gejala nyeri ringan hingga sedang terutama yang berkaitan dengan sakit kepala, sakit gigi, serta dismenore primer. 

Selain, obat Amoxicillin terdapat juga obat berlimox. Obat antibiotik berlimox Amoxicillin Trihydrate obat apa, masih terdengar asing ditelinga sebagian orang. 

Namun, sebenarnya obat ini juga berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri akibat trauma, nyeri otot, juga nyeri pasca operasi. Obat Amoxicillin memiliki kinerja dalam menghambat pertumbuhan dinding sel bakteri sehingga dapat membunuh bakteri yang tengah menginfeksi tubuh kita. 

Dalam penggunaannya, obat Amoxicillin ini dapat digabung dengan obat lain yang dapat membantu dalam menyembuhkan infeksi bakteri ini. 

Namun, tentunya dalam mengkonsumsi obat Amoxicillin perlu dilakukan dengan dosis yang tepat. Apabila diminum dengan sembarang dosis bisa jadi menyebabkan bakteri penyakit akan menjadi kebal terhadap obat sehingga dengan begitu efektivitas obat   akan turun.

Obat Amoxicillin ini umumnya sering kali diberikan pada penderita penyakit abses gigi, infeksi saluran kemih, otitis media, sinusitis, infeksi pada mulut, faringitis atau sakit tenggorokan, gonore, infeksi H.Pylori, tonsilitis, sampai penderita infeksi saluran pernapasan dan pneumonia.

Aturan Dosis Pakai Amoxicillin

Setelah mengetahui amoxicillin Trihydrate obat apa dan fungsinya dalam proses penyembuhan penyakit, selanjutnya para pasien juga perlu tahu akan aturan pakai obat Amoxicillin secara tepat. 

Berikut ini beberapa aturan pakai obat Amoxicillin yang perlu dipahami oleh penggunanya, yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk pasien Dewasa dapat mengkonsumsi 250-500 mg setiap 8 jam atau 500-875 mg setiap 12 jam. 
  2. Bagi pasien Anak dengan berat badan kurang dari 40 kg dapat mengonsumsi Obat antibiotik ini 40-90 mg/kg dalam 2-3 dosis terbagi.
  3. Amoxicillin dalam bentuk sediaan injeksi bisa digunakan 500 mg setiap 8 jam secara Intramuskular atau Intravena.
  4. Penggunaan obat Amoxicillin ini maksimal 3 gram dalam sehari.

Aturan dalam mengkonsumsi obat Amoxicillin tersebut perlu digunakan dengan baik sesuai dengan dosis dan takaran yang sesuai dalam kemasan.

Begitu pula jika Anda mengenal obat zemoxil. Maka, pastinya anda bertanya-tanya tentang zemoxil Amoxicillin Trihydrate obat apa. Zemoxil dan Amoxicillin merupakan obat yang sama.

Maka, dari itu dosis penggunaan dari obat tersebut pun juga perlu diperhatikan supaya bakteri tidak menjadi kebal terhadap obat dan kemudian penyakit pun akan sulit untuk disembuhkan. 

Untuk itulah supaya fungsi obat Amoxicillin ini dapat bekerja secara efektif maka sebaiknya gunakanlah obat tersebut sesuai dengan dosis dan aturan yang tepat.

Efek Samping Obat Amoxicillin

Setelah mengetahui Amoxicillin Trihydrate obat apa serta aturan penggunaannya yang tepat, selanjutnya kita juga perlu memahami efek samping dari obat Amoxicillin tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi aneka macam obat pastinya akan menimbulkan beragam reaksi tertentu di dalam tubuh. Begitu pula dengan penggunaan obat antibiotik Amoxicillin ini.

Penggunaan obat Amoxicillin bisa menjadi pemicu beberapa efek samping bagi pasiennya. Efek samping tersebut mulai dari mual, muntah, diare, ruam, pusing, hingga terjadinya perubahan warna pada gigi.

Sebagian efek samping yang muncul bisa ditolerir, akan tetapi kondisi tersebut terus saja memburuk sehingga lebih baik berhenti dalam penggunaan obat sesegera mungkin. Hal ini dilakukan supaya tidak menimbulkan kondisi yang semakin parah sehingga bisa mengganggu kesehatan para penggunanya.

Untuk itu, perlu diingat kembali bahwa obat Amoxicillin ini tergolong sebagai obat keras sehingga dalam mengkonsumsinya tidak boleh sembarangan. Jadi, sekarang tidak perlu bertanya lagi bukan amoxicillin Trihydrate obat apa.

Maka dari itu, konsumsi obat jenis ini perlu adanya persetujuan dan petunjuk dari dokter terlebih dahulu. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping yang parah setelah pasien mengkonsumsi obat antibiotik yang satu ini.Nah, Amoxicillin Trihydrate obat apa pasti sudah dipahami bukan. Diharapkan artikel ini bisa menjadi sumber informasi bagi para pengguna obat antibiotik jenis ini. Sehingga, dengan begitu obat amoxicillin ini bisa digunakan secara tepat bagi para pasien.

(GE – NS)

Scroll to Top