SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Strategi Terbukti untuk Membantu Melawan Kecemasan

Bagikan:

AshefaNews – Apakah Anda merasa khawatir tentang hal-hal yang mungkin terjadi, meskipun Anda tahu itu mungkin tidak akan terjadi? Apakah Anda terkadang merasa tidak dapat mengendalikan kecemasan Anda, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha? Jika demikian, Anda tidak sendiri. Kecemasan adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang paling umum di Amerika Serikat, mempengaruhi 40 juta orang dewasa. Itu 18% dari populasi! Meskipun tidak ada solusi tunggal untuk mengatasi kecemasan, ada beberapa strategi yang dapat membantu. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi lima strategi yang telah terbukti untuk membantu mengambil tindakan melawan kecemasan.

Pahami Kecemasan Anda

Gangguan kecemasan adalah masalah kesehatan mental yang paling umum di Amerika Serikat, mempengaruhi 40 juta orang dewasa. Itu hampir 20% dari populasi! Namun, terlepas dari seberapa umum kecemasan itu, masih ada banyak kesalahpahaman tentang apa itu dan bagaimana cara mengobatinya secara efektif.

Jika Anda bergumul dengan kecemasan, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian dan bantuan tersedia. Langkah pertama untuk menjadi lebih baik adalah memahami kecemasan Anda. Berikut adalah beberapa fakta penting tentang gangguan kecemasan:

Identifikasi Pemicu Anda

Kecemasan dapat dipicu oleh berbagai hal. Ini mungkin situasi tertentu, seperti berbicara di depan umum atau tenggat waktu yang akan datang di tempat kerja. Atau mungkin merupakan pemicu stres yang berkelanjutan, seperti masalah hubungan atau masalah keuangan. Penting untuk meluangkan waktu untuk mengidentifikasi apa yang memicu kecemasan Anda sehingga Anda siap untuk menghadapinya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk diri sendiri:
• Situasi apa yang membuat saya merasa cemas?
• Pikiran atau ingatan apa yang membuat saya merasa cemas?
• Sensasi fisik apa yang saya alami saat merasa cemas?
• Apa yang dilakukan tubuh saya saat saya merasa cemas (misalnya detak jantung meningkat, sesak napas, otot tegang)?

Setelah Anda mengidentifikasi pemicu Anda, Anda dapat mulai mengembangkan rencana untuk menghadapinya.

Tantang Pikiran Negatif Anda

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengambil tindakan melawan kecemasan adalah menantang pikiran negatif Anda. Ketika Anda mendapati diri Anda memikirkan pikiran negatif, mundur selangkah dan tanyakan pada diri Anda apakah ada bukti yang mendukung apa yang Anda pikirkan. Lebih sering daripada tidak, Anda akan menemukan bahwa tidak ada bukti yang mendukung pikiran negatif Anda – itu hanya kecemasan Anda yang berbicara.

Setelah Anda menetapkan bahwa pikiran negatif Anda tidak berdasar, mulailah menantangnya. Untuk setiap pikiran negatif, buatlah argumen tandingan. Misalnya, jika Anda berpikir “Aku tidak akan pernah bisa melakukan ini”, katakan pada diri sendiri “Aku pernah melakukannya dan aku bisa melakukannya lagi”. Dengan menantang pikiran negatif Anda, Anda dapat mulai melihat mereka apa adanya – ketakutan tak berdasar yang menahan Anda dari menjalani hidup terbaik Anda.

Berlatih Teknik Relaksasi

Kecemasan bisa sangat luar biasa dan melemahkan, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala Anda. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan mempraktikkan teknik relaksasi.

Ada sejumlah teknik relaksasi berbeda yang dapat membantu mengatasi kecemasan. Beberapa orang menemukan latihan pernapasan dalam untuk menenangkan, sementara yang lain lebih suka relaksasi otot progresif atau citra yang dipandu. Eksperimen untuk melihat apa yang paling cocok untuk Anda.

Latihan pernapasan dalam:

  • Duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman.
  • Letakkan satu tangan di perut dan tangan lainnya di dada.
  • Tarik napas perlahan melalui hidung, biarkan perut mengembang saat Anda mengisi paru-paru dengan udara.
  • Buang napas perlahan melalui mulut, pastikan untuk mengempiskan perut terlebih dahulu sebelum mengosongkan paru-paru sepenuhnya.

Carilah Bantuan Profesional

Jika Anda bergumul dengan kecemasan, penting untuk mencari bantuan profesional. Seorang terapis dapat membantu Anda memahami dan mengelola kecemasan Anda. Mereka juga dapat memberi Anda alat untuk mengatasi situasi yang memicu kecemasan. Jika kecemasan Anda parah, Anda mungkin memerlukan obat untuk mengatasinya. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda kesulitan.

Kapan Harus Mencari Bantuan Darurat untuk Kecemasan

Jika Anda mengalami kecemasan, penting untuk mengetahui kapan harus mencari bantuan darurat. Sementara kecemasan ringan adalah umum dan dapat dikelola, kecemasan yang parah dapat melemahkan. Jika kecemasan Anda menghalangi Anda untuk berfungsi secara normal, saatnya mencari bantuan.

Ada beberapa jenis bantuan darurat untuk kecemasan: evaluasi psikiatri, pengobatan, dan terapi. Evaluasi psikiatri adalah proses di mana ahli kesehatan mental menilai gejala Anda untuk menentukan apakah Anda memiliki gangguan kecemasan. Obat dapat digunakan untuk mengatasi gejala kecemasan yang parah, dan terapi dapat memberikan dukungan jangka panjang.

Jika Anda tidak yakin apakah kecemasan Anda memerlukan bantuan darurat atau tidak, pertimbangkan seberapa parah gejala Anda dan bagaimana pengaruhnya terhadap hidup Anda. Jika Anda kesulitan pergi bekerja atau sekolah, mengurus diri sendiri, atau berinteraksi dengan orang lain, inilah saatnya untuk mencari bantuan. Ingat, tidak ada salahnya mencari bantuan untuk masalah kesehatan mental.

Kesimpulan

Jika Anda bergumul dengan kecemasan, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Jutaan orang di seluruh dunia menderita kondisi ini, tetapi kabar baiknya adalah ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Kami berharap lima strategi kami yang telah terbukti membantu memberi Anda beberapa ide tentang cara mengambil tindakan melawan kecemasan dan mulai menjalani kehidupan yang lebih damai.

(GE)

Scroll to Top