10 Makanan Kaya Vitamin C Ini Bantu Jaga Kesehatan Kamu

Bagikan:

AshefaNews – Tahukah Kamu bahwa Vitamin C sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap aktif dan berjalan, tetapi apakah sudah tahu bahwa Vitamin C juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut? Belum lagi, Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Salah satu sumber terbaik adalah buah jeruk segar, terutama jeruk dan jeruk bali. Sumber vitamin C lainnya yang baik termasuk paprika, brokoli, kale, buah kiwi, dan stroberi.

Untungnya, Kita tidak harus bergantung pada suplemen untuk mendapatkan dosis harian Vitamin C. Ada banyak makanan yang kaya akan nutrisi penting ini. Berikut, artikel ini akan membahas makanan kaya vitamin C yang wajib dicoba jika ingin memenuhi nutrisi vitamin yang satu ini.

Makanan Kaya Vitamin C

Kamu mungkin telah mendengar banyak tentang manfaat vitamin C sejak lama. Vitamin C sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan juga penting untuk produksi kolagen, penyembuhan luka dan fungsi saraf.

Itulah mengapa penting untuk memastikan Kamu mendapatkan cukup vitamin C dalam makananmu. Beberapa makanan ini adalah pilihan yang tepat untuk memulainya. Semuanya kaya akan vitamin C, dan semuanya juga lezat.

1. Jeruk – Sumber Vitamin C yang Telah Dicoba dan Benar

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa vitamin C penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan membantu tubuh Kita pulih dari penyakit. Tetapi yang mungkin jarang diketahui adalah bahwa vitamin ini juga penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Itu karena vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel Kamu dari kerusakan. Vitamin C juga penting untuk produksi kolagen, yang membuat kulit tampak muda dan sehat.

2. Jambu Biji – Sumber Vitamin C Paling Tinggi di Alam

Jambu biji memang bukan buah yang umum Kita jumpai di pasar. Namun, jambu biji memiliki kandungan vitamin C paling tinggi di dunia. Buah ini mengandung sekitar 2.000 mg vitamin C per 100 gram. Hal ini membuatnya menjadi sumber vitamin C paling tinggi di alam.

3. Brokoli – Superfood Hijau untuk Asupan Vitamin C

Kamu mungkin tahu bahwa brokoli adalah sumber nutrisi yang sangat bagus, tetapi ini adalah sumber vitamin C yang bagus juga. Satu cangkir brokoli mentah menyediakan 82 miligram vitamin C, yang mana sebagian besar orang mendapatkan hanya 75 miligram per hari.

Selain itu, brokoli dikenal sebagai superfood karena kaya akan antioksidan lainnya dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk peningkatan metabolisme. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dapat membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes. Jadi, pastikan untuk memasukkan lebih banyak brokoli ke dalam menu harimu!

4. Paprika – Menambahkan Rasa Manis Ekstra untuk Asupan Vitamin C

Makanan kaya Vitamin C selanjutnya dalam daftar ini adalah paprika. Paprika adalah bahan yang bagus untuk menambahkan rasa manis ekstra pada makananmu tanpa harus menambahkan gula. Paprika tidak hanya menambah rasa, tetapi juga mengandung lebih dari 75mg Vitamin C dalam satu sendok teh, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menambahkan lebih banyak Vitamin C ke dalam makanan mereka. 

Paprika juga kaya akan serat makanan, karoten, dan vitamin B6, menjadikannya tambahan yang bagus untuk makanan apa pun. Apakah Kamu menaburkannya dalam salad atau menambahkannya ke dalam saus dan bumbu-bumbu masakan, paprika pasti akan memberi makananmu rasa ekstra serta dosis ekstra dari Vitamin C.

5. Buah Kiwi – Sumber Vitamin C yang Unik

Kiwi bukan hanya penuh rasa, tetapi juga menyediakan banyak vitamin C untuk mendukung kesehatan. Satu buah kiwi mengandung sekitar 81 mg vitamin C, yang lebih dari 100% dari asupan harian yang direkomendasikan. Selain itu, kiwi juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti serat dan berbagai mineral. 

Bahkan, menurut sebuah studi di Jurnal Olahraga dan Kesehatan, makan kiwi sebelum olahraga dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada atlet. Jadi, pastikan untuk menambahkan satu atau dua buah kiwi ke menu makanan Kamu untuk mendapatkan manfaatnya!

6. Stroberi dan Tomat: Buah Sumber Vitamin C

Stroberi dan tomat adalah makanan yang menjadi sumber vitamin C yang sempurna. Vitamin C dalam buah ini memiliki antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari infeksi, dan juga bisa mendukung pertumbuhan sel-sel kulit. Konsumsilah stroberi mentah untuk mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan atau masakkan tomat dalam sebuah sambal, pasta atau sosis untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh Kamu.

7. Pepaya – Tinggi Serat dan Kaya Vitamin C

Bukan menjadi sebuah rahasia lagi, pepaya adalah salah satu buah yang paling tinggi kandungan serat dan vitamin C. Ini sangat baik untuk jantung dan sistem imun tubuh, dan membantu mencegah inflamasi. Selain itu, serat makanan membantu mengatur gula darah Kamu. Satu piring pepaya segar cincang, yaitu 127 gram, mengandung setengah cangkir jus jeruk atau lebih banyak vitamin C. Jadi bersiaplah untuk melompati pantai dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat!

8. Blewah dan Semangka – Manis, Berair, dan Kaya Vitamin C!

Bagaimana dengan buah yang biasa kita makan secara alami? Blewah adalah salah satu pilihan yang fantastis untuk makanan kaya vitamin C. Berair, manis, dan terasa lembut di lidah, blewah dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin C hingga 30 mg dengan cepat dan mudah.

Semangka juga merupakan pilihan yang bagus! Satu potong semangka berukuran besar dapat menyediakan lebih dari 20 mg vitamin C. Manis dan segar untuk disantap, semangka juga termasuk banyak mineral penting seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Jadi, tunggu apa lagi? Segera makan blewah atau semangka, donk!

9. Sayuran Hijau Berdaun Gelap – Vitamin yang Berlimpah

Makanan terakhir dalam daftar ini mungkin bukan sesuatu yang Kamu kenal, tapi jangan khawatir, makanan ini mudah ditemukan dan sepadan dengan usahanya. Sayuran berdaun hijau gelap seperti kale dan bayam adalah pembangkit tenaga vitamin dan mineral, dan sayuran inj juga sangat kaya akan vitamin C.

Hanya satu mangkuk kangkung mentah mengandung lebih dari 80% dari RDA vitamin C, menjadikannya salah satu sumber yang paling terkonsentrasi dalam daftar ini. Ditambah lagi, kale juga sarat dengan nutrisi lain seperti beta-karoten, folat, magnesium dan zat besi.

Apakah Kamu memutuskan untuk menambahkannya ke dalam smoothie atau menumisnya dengan bawang putih dan minyak zaitun atau hanya mengunyahnya mentah. Sayuran berdaun gelap adalah opsi terbaik untuk memastikanmu mendapatkan banyak vitamin C.

Penutup

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, dan untungnya, ada banyak makanan yang kaya akan nutrisi penting ini. Mengonsumsi berbagai makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, kiwi, semangka, tomat, brokoli dan lain sebagainya adalah makanan yang bagus untuk menjaga tubuh tetap kuat dan sehat. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo penuhi kebutuhan vitaminmu!

(GE – Khanifa)

Scroll to Top