SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

10 Dosis Obat Penawar Gagal Ginjal Akut Didatangkan Hari Ini

Bagikan:

AshefaNews –  Obat penawar gagal ginjal akut, Fomepizole, akan didatangkan dari Singapura secara bertahap. Dimana, 10 vial (dosis) akan didatangkan pada hari ini dengan proses handcarry pada Kamis, (27/10/2022).

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Muhammad Syahril mengatakan, sebelumnya 20 vial obat Fomepizole tiba dari Singapura pada tanggal 10 dan 18 Oktober 2022.

“20 vial sudah diterima pada tanggal 10 Oktober dan 18 Oktober, dimana digunakan untuk pengobatan pada pasien RSCM. Antidotum ini sebagi zat penawar,” kata Syahril dalam konferensi pers daring, Kamis (27/10/2022).

Selain dari Singapura, obat penawar itu juga didatangkan dari sejumlah negara sahabat, seperti Australia dan Jepang. Rencananya, obat itu akan didatangkan terlebih dulu dari Australia sebanyak 16 vial.

“16 vial yang didatangkan dari Australia pada 22 Oktober telah diidistribusikan ke Rumah Sakit M. Djamil Padang, Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya, RS Adam Malik dan RS Zainoel Abidin, Aceh,” ungkap Syahril.

Sementara dari Jepang, saat ini pemerintah Indonesia masih berupaya untuk mendatangkan 200 vial obat antidotum dalam waktu dekat. Juga, tambahan 70 vial dari Singapura yang rencananya datang minggu depan.

“Kita sudah mendapatkan kesanggupan obat antidotum sebanyak 200 vial yang akan didatangkan dari Jepang. Ini merupakan donasi dari perusahaan Takeda,” sebut Syahril.

(RM – WAH)

Scroll to Top