10 Cara berhenti Merokok Ampuh

Bagikan:

AshefaNews – Bagaimana cara berhenti merokok yang ampuh? Buat kamu perokok berat, wajib simak artikel ini untuk menemukan solusinya!

Merokok merupakan kegiatan yang sering kali kita jumpai di masyarakat khususnya di Indonesia. Hampir seluruh masyarakat sudah mengetahui bahaya dari rokok, tetapi masyarakat masih ada saja yang melakukannya tanpa memperhatikan kesehatan dirinya. Padahal kebiasaan merokok ini dapat merusak kesehatan dan menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung,stroke, paru-paru kronis, hingga kanker dan menjadi salah satu penyumbang kematian terbesar di dunia lho Sobat.

Tahukah kamu Sobat? World Health Oganization atau biasa disebut WHO mencatat bahwa terdapat 4000 zat kimia pada asap rokok. Beberapa di antaranya itu besifat beracun, seperti nikotin (pestisida), tar (pelapis aspal), ammonia (pembersih lantai), dan formalin (pengawet mayat). 

Berdasarkan hasil survey global yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan  mengenai penggunaan tembakau pada masyarakat Indonesia, bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada jumlah perokok dewasa sebanyak 8,8 juta orang, yaitu dari 60,3 juta perokok pada tahun 2011 menjadi 69,1 juta perokok pada tahun 2021, sementara prevalensi perokok pasif juga tercatat naik menjadi 120 juta orang. Data ini juga menyebutkan bahwa perokok aktif ini banyak dari generasi Milenial hingga generasi Z. Hal ini tentu akan menjadi tantangan bagi kita semua dalam menghadapi peningkatan jumlah pengguna rokok di Indonesia.

Selain itu, World Health Organization menyatakan bahwa lebih dari 7 juta kematian diakibatkan oleh kebiasaan merokok, sementara 1,2 juta kematian diakibatkan oleh paparan asap rokok orang lain. Nah dari sekian banyak kasus kematian akibat merokok dan bahayanya, yuk! mari kita mulai membiasakan untuk berhenti merokok ya Sobat. 

Lantas, bagaimana sih cara untuk berhenti kebiasaan merokok? Lakukan dengan langkah-langkah berikut ini ya Sobat.

  1. Tetapkan Waktu

Dari motivasi atau niat untuk berhenti merokok, sobat bisa menentukan hari atau tanggal yang diinginkan untuk mencoba berhenti merokok. Tapi ingat, jangan mementukan hari atau tanggal yang terlalu jauh dari niat ya. Misalkan sobat ingin mencoba berhenti merokok di minggu berikutnya, ketika di minggu tersebut sobat harus konsisten untuk mencoba tidak merokok. Sebab, jika terlalu jauh kemingkinan untuk berubah pikiran akan lebih besar. 

  1. Berhenti Seketika atau Kurangi Jumlah Secara Bertahap

Setelah teman-teman menentukan waktu untuk mencoba berhenti merokok, Sobat bisa mencoba untuk berhenti seketika maupun kurangi jumlah rokok secara bertahap. Tidak banyak orang yang bisa berhenti merokok secara seketika, biasanya mereka mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya dan dikurangi secara berangsur-angsur dengan jumlah yang sama sampai tidak sama sekali. Misalkan dahulunya sehari bisa menghabiskan 10 batang rokok, dan berkurang menjadi 5 batang, hari berikutnya berkurang lagi sebatang hingga seterusnya sampai benar-benar terbiasa untuk tidak merokok. Serta jika terdapat keinginan untuk merokok, sebisa mungkin tahan keinginan tersebut dengan menundanya.

  1. Memberi Tahu Orang-Orang Terdekat 

Beritahu orang-orang di sekitar, khususnya orang-orang terdekat. Mintalah dukungan dan pengertian dari mereka. Hal ini membuat kalian menjadi lebih fokus dan konsisten untuk berhenti merokok. Dukungan ini bisa berupa pengingat setiap kali sobat ingin mencoba merokok kembali.

  1. Meminta Bantuan Dokter atau Tenaga Ahli

Bagi sobat yang memiliki gangguan kesehatan akan kecanduan merokok yang sudah akut ini, kalian bisa meminta bantuan dokter dengan mendapatkan metode dan obat-obatan yang tepat untuk mengatasi hal-hal yang akan kalian hadapi. Selain itu juga, dokter akan membantu kalian dalam mengevaluasi program yang sedang sobat jalani. 

  1. Mengganti Merek Rokok 

Berdasarkan ahli hipnoterapi klinis, Fiona Lamb menyebutkan bahwa dengan mengganti merek rokok dapat membantu menurunkan keinginan seseorang untuk mengisap zat berbahaya tersebut. Dikarenakan setiap merek rokok mempunyai rasa yang berbeda, sehingga dapat merusak cita rasa yang dinikmati. 

  1. Mengganti Konsumsi Rokok Dengan Hal Lain

Jika setiap hari mengonsumsi rokok sehabis makan dan mendadak tidak merokok lagi, sehingga ini akan menjadi terasa aneh buat teman-teman yang mencoba untuk berhenti merokok.  Tapi tenang sobat, untuk mengatasi ini kalian bisa menggantikan rokok dengan hal lain. Alternatif lainnya untuk mengganti konsumsi rokok ini, bisa dengan mengonsumsi buah-buahan, permen, es krim maupun coklat dengan jumlah yang wajar dan jangan lupa untuk menyikat gigi setelah makan. 

  1. Berolahraga Secara Teratur

Ternyata dengan berolahraga secara teratur membuat kita terjahui dari rokok lho Sobat. Karena berolahraga memberikan energi positif ke tubuh kita sehingga otak bisa berpikir jauh lebih jernih dalam mengambil suatu tindakan. Kebanyakan orang merokok diakibatkan karena stress atau depresi hingga menjadi suatu kebiasaan yang buruk, oleh karena itu dengan berolahraga tubuh akan menghasilkan zat kimia yang disebut Hormon Endorfin. Hormon ini berperan sebagai penghilang rasa sakit alami dan dapat meningkatkan suasana hati. 

  1. Berteman dengan Orang-Orang yang Tidak Merokok

Mulailah berteman dengan orang-orang yang tidak merokok, hal ini akan membuat Sobat menahan diri untuk tidak merokok ketika bersama mereka karena merasa tidak enak dengan yang lain. Tidak jarang lho, seseorang merokok karena memiliki pergaulan sesama perokok atau social smoker sehingga orang tersebut ikutan untuk merokok.

  1. Mengatur Pola Makan yang Sehat

Gejala awal setelah berhenti merokok biasanya seseorang akan merasa bingung, mudah lapar, susah tidur dan sulit konsentrasi. Oleh karena itu, diperlukannya pola makan yang sehat guna memulihkan efek samping dari berhenti merokok tersebut. Sobat bisa mengonsumsi banyak buah dan sayuran agar lebih kuat dan sehat. Serta jauhkan minuman bersoda, kafein ataupun mengandung alkohol yang dapat memicu seseorang ingin merokok juga. Minumlah minuman sehat seperti air mineral, dan jus buah-buahan.

  1. Menyibukan Diri dengan Kegiatan yang Positif

Ketika sedang sibuk, tentu tidak akan terpikirkan untuk merokok. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang positif seperti membersihkan rumah, menyiram tanaman, melakukan hobi yang sudah lama tidak dilakukan. Hal ini tentu akan mengalihkan pikiran atau mengurungkan niat teman-teman untuk merokok. 

Dengan Sobat-Sobat berhenti merokok, tentu akan memberikan manfaat kesehatan yang banyak lho. Seperti tekanan darah, denyut jantung maupun aliran darah jauh lebih baik. Selain itu juga, fungsi perasa atau pengecap, dan pencium juga jauh lebih baik. Banyak banget kan manfaatnya! Tunggu apalagi Sobat.

Nah langkah-langkah di atas bisa dilakukan secara bertahap ya Sobat. Kalau bukan dari diri sendiri, siapa lagi yang bisa merubah kebiasaan buruk teman-teman. Jikalau pengeluaran rokok yang Sobat keluarkan diahlikan untuk mencukupi kebutuhan gizi bagi Sobat maupun keluarga terdekat, tentu kualitas gizi dan sumber daya manusia akan meningkan dan dapat berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Selain kesehatan sobat-sobat ini menjadi lebih baik, tentu keuangan sobat-sobat juga akan jauh lebih baik lagi karena tidak digunakan untuk membeli rokok dan biaya pengobatan akibat merokok. Yuk, mulai hidup sehat dari kebiasaan merokok!

(GE – BUN)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top