SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Latihan Membaca dan Menulis untuk Anak Disleksia

Bagikan:

AshefaNews – Disleksia adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kemampuan membaca. Diperkirakan satu dari lima orang menderita disleksia, dan ini dapat memengaruhi area membaca apa pun, termasuk penguraian kata, kelancaran, dan akurasi. Bagi anak-anak dengan disleksia, proses belajar membaca bisa jadi menantang. Itulah mengapa penting untuk memberi mereka kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa ide untuk latihan membaca dan menulis yang dirancang khusus untuk membantu anak-anak penderita disleksia. Dengan melakukan itu, Anda dapat membantu mereka mencapai tujuan membaca mereka dan membangun landasan untuk upaya belajar di masa depan.

Apa itu disleksia?

Disleksia adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi kemampuan membaca dan dapat menghambat kemampuan seseorang untuk membaca secara akurat dan lancar. Disleksia tidak spesifik untuk bahasa atau budaya apa pun. Itu terjadi pada individu dari segala usia, ras, dan tingkat pendidikan. Disleksia terjadi ketika ada gangguan pada kemampuan otak untuk memproses bahasa tertulis. Ada banyak jenis disleksia, masing-masing dengan tantangannya sendiri. Beberapa penderita disleksia kesulitan mengetahui cara memecah kata menjadi komponen hurufnya; yang lain bergumul dengan kesadaran fonemik, yaitu kemampuan untuk mengenali dan mengidentifikasi bunyi dalam kata-kata. Banyak penderita disleksia juga kesulitan mengikuti instruksi sederhana, sehingga sulit untuk belajar membaca. Karena disleksia memengaruhi keterampilan membaca secara keseluruhan, hal itu dapat mempersulit penderita disleksia untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti menyelesaikan pekerjaan rumah atau mengikuti ujian. Meskipun tidak ada obat untuk disleksia, ada banyak cara bagi penderita disleksia untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka. Beberapa orang menemukan bantuan dari program pendidikan khusus sementara yang lain belajar dengan baik melalui instruksi khusus yang diperoleh melalui bimbingan belajar atau kursus online.

Apa saja gejala disleksia?

Ada banyak gejala disleksia, yang membuat penderita gangguan tersebut kesulitan membaca dan menulis. Disleksia dapat menyebabkan masalah membaca dengan suara keras, memahami bahasa tertulis, dan menyelesaikan tugas yang memerlukan komunikasi tertulis. Beberapa gejala disleksia yang paling umum meliputi:

  • Kesulitan membaca dengan cepat dan akurat
  • Keterampilan mengeja yang buruk
  • Kesulitan mengingat kata-kata
  • ketidakmampuan untuk memecahkan kode teks tertulis dengan cepat
  • Salah mengucapkan kata-kata
  • Sering terjadi kesalahan dalam pengenalan kata
  • Kosa kata yang lemah
  • Kurangnya Kefasihan Berbicara Tingkat keparahan gejala bervariasi dari individu ke individu, dan dapat berkisar dari ringan sampai parah. Sebagian besar anak dengan disleksia menerima beberapa jenis pendidikan atau instruksi khusus untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan literasi mereka.

Bagaimana cara mengobati disleksia?

Disleksia adalah kesulitan membaca yang dapat memengaruhi keterampilan statis dan dinamis. The Dyslexia Institute menawarkan berbagai sumber daya untuk membantu anak-anak disleksia belajar membaca. Perawatan biasanya mencakup instruksi dalam kesadaran fonemik, kesadaran fonologis, keterampilan decoding kata, pelatihan kefasihan, dan kesadaran ortografis.

Beberapa penderita disleksia mengalami kesulitan membedakan kata-kata yang terdengar serupa (kesadaran fonemik). Lainnya memiliki masalah dengan urutan suara dalam kata-kata (kesadaran fonologis). Yang lain lagi bermasalah dengan bagaimana huruf diucapkan (kesadaran ortografis). Perawatan seringkali termasuk mengajarkan strategi khusus kepada anak untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ini.

Beberapa keluarga memilih untuk menyekolahkan anak disleksia mereka di rumah. Hal ini memungkinkan anak untuk belajar tanpa gangguan dari orang lain yang mungkin tidak memahami kelainannya. Keluarga lain mencari bantuan dari program pendidikan khusus yang mungkin menawarkan akomodasi seperti instruksi individual dan bantuan pekerjaan rumah.

Latihan Membaca dan Menulis untuk Anak Disleksia

Jika anak Anda menderita disleksia, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantunya belajar membaca dan menulis.

Beberapa strategi meliputi:

  • Dapatkan bantuan dari spesialis disleksia. Seorang guru khusus dapat mengajari anak Anda teknik khusus untuk membantu mereka belajar membaca dan menulis dengan lebih efektif.
  • Gunakan teknik fonik yang sistematis. Ajari anak Anda cara memecahkan kode kata menggunakan suara yang mereka buat. Ini akan membantu mereka memahami bagaimana huruf bekerja sama untuk membentuk kata-kata.-Dorong anak Anda untuk membaca secara teratur. Membaca dengan keras membantu anak-anak menjadi pembaca yang lebih baik dan membangun kosa kata mereka.
  • Instal Pembaca Layar Disleksia di komputer atau ponsel Anda. Perangkat lunak ini memungkinkan penderita disleksia untuk melihat teks seperti yang sedang ditulis, sehingga memudahkan mereka untuk memahami apa yang mereka baca.

Kesimpulan

Disleksia adalah suatu kondisi yang memengaruhi cara individu memproses bahasa. Artinya, anak Disleksia cenderung mengalami kesulitan membaca dan menulis kata dengan benar, meskipun mereka dapat memahami apa yang mereka baca.

(GE)

Scroll to Top