SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Bagaimana cara mencegah anak dibully?

Bagikan:

AshefaNews – Bagaimana cara mencegah anak dibully?

Bullying telah menjadi wabah di masyarakat kita, dengan anak-anak sebagai korban utamanya. Dan sayangnya, bukan hanya anak-anak yang terpengaruh; orang dewasa juga bisa menjadi korban bullying. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah anak-anak Anda diintimidasi. Dari membahas aturan seputar perilaku taman bermain hingga mengajari mereka cara membela diri sendiri, baca terus untuk mengetahui semua yang Anda butuhkan untuk menjaga keluarga Anda aman dari pengganggu.

Bullying adalah masalah yang dimulai dari orang tua

Bullying adalah masalah yang dimulai dari orang tua. Jika Anda adalah orang tua, Anda perlu memastikan bahwa anak-anak Anda tahu bagaimana berperilaku di depan umum dan menghindari diri mereka sendiri diintimidasi. Mengajari anak-anak Anda pentingnya sopan santun akan membantu mereka membela diri jika mereka mengalami perundungan. Anda juga dapat mencontohkan perilaku yang baik sendiri dan memastikan bahwa Anda memberi contoh bagi mereka. Jika anak Anda diintimidasi, bersikaplah suportif dan bicarakan dengan pelaku intimidasi tentang mengapa perilakunya tidak dapat diterima. Beri tahu mereka bahwa mereka dapat berbicara dengan Anda kapan pun mereka merasa tidak nyaman atau terancam.

Bagaimana menghentikan intimidasi sebelum dimulai

  1. Jika Anda adalah salah satu orang tua atau wali dari seorang anak, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah intimidasi sebelum dimulai. Pertama, waspadai kepribadian anak Anda dan teman-temannya. Apakah Anda tahu anak Anda tertarik pada anak yang mana? Apakah mereka anak-anak yang populer atau apakah putra atau putri Anda tampaknya tertarik pada anggota grup yang lebih pendiam? Jika demikian, perhatikan siapa anak-anak ini dan apa yang mereka lakukan. Usahakan untuk tidak terlalu terlibat dalam pertemanan anak Anda, melainkan jeli dan suportif.
  2. Kedua, jika Anda melihat perundungan terjadi di sekolah atau komunitas anak Anda, segera turun tangan. Bicaralah jika Anda melihat seseorang diganggu dan tawarkan dukungan kepada korban. Jika memungkinkan, ambil gambar atau video pertengkaran tersebut dan kirimkan ke guru untuk dokumentasi. Mungkin juga bermanfaat untuk melaporkan kejadian tersebut ke polisi karena hal ini dapat membantu mencegah pelaku intimidasi melanjutkan perilakunya.
  3. Terakhir, bicarakan dengan anak Anda tentang bagaimana perasaannya tentang diintimidasi. Diskusikan mengapa perilaku tertentu membuat orang lain merasa tidak nyaman dan tanyakan kepada anak Anda apa yang dia ingin Anda lakukan jika dia merasa terancam atau dilecehkan. Membantu anak-anak memahami perasaan mereka sendiri merupakan langkah penting dalam mencegah perundungan menjadi masalah.

Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda menyaksikan intimidasi

Jika Anda menyaksikan intimidasi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghentikan perilaku tersebut. Pertama, bicaralah dengan tenang dan tegas kepada orang yang melakukan perundungan. Jelaskan bahwa perilaku mereka tidak dapat diterima dan minta mereka untuk berhenti. Jika mereka menolak untuk berhenti, beri tahu mereka bahwa Anda akan melaporkan mereka ke sekolah atau polisi jika mereka terus melakukan perundungan.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah berbicara dengan anak Anda tentang apa itu bullying dan bagaimana rasanya. Beri tahu mereka bahwa tidak ada yang pantas diintimidasi dan mereka tidak boleh berpartisipasi dalam bentuk intimidasi apa pun. Terakhir, dukung anak Anda saat mereka diintimidasi. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda percaya pada mereka dan mendukung mereka melalui masa-masa sulit mereka.

Kesimpulan

Meskipun merupakan topik yang sulit untuk didiskusikan, memahami cara mencegah anak-anak diintimidasi merupakan langkah pertama yang penting dalam mengatasi masalah ini. Dengan meningkatkan kesadaran tentang masalah dan mengajari anak-anak cara menghadapi perundungan, kita dapat memberikan dampak positif pada kehidupan mereka dan membantu mereka tumbuh dengan rasa percaya diri dan mampu menghadapi tantangan apa pun yang menghadang mereka.

(GE)

Scroll to Top