Login Indihome? Yuk Simak cara-caranya!

Bagikan:

AshefaNews – Kesal dengan Wi-Fi rumah Anda yang lemot setiap saat? Hati-hati, orang jahat mungkin telah Login Indihome ke jaringan internet Anda. Pengguna WiFi IndiHome Untuk mengetahuinya, coba langkah berikut ini.

IndiHome adalah nama merek untuk layanan broadband yang disediakan oleh PT Telkom Indonesia, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Layanan WiFi yang disediakan oleh IndiHome dirancang untuk memberikan konektivitas internet yang cepat dan handal kepada para pelanggannya.

Untuk menggunakan WiFi IndiHome, Anda harus memiliki koneksi broadband IndiHome yang terpasang di rumah atau kantor Anda. Setelah koneksi diatur, Anda akan diberikan modem/router WiFi yang memungkinkan Anda menghubungkan perangkat Anda ke internet secara nirkabel.

Untuk terhubung ke jaringan WiFi IndiHome, Anda harus mencari terlebih dahulu nama jaringan WiFi (SSID) dan kata sandi Anda. Informasi ini biasanya terletak pada stiker yang ditempelkan di bagian bawah modem/router. Setelah Anda memiliki SSID dan kata sandi, Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi.

Anda disarankan untuk mengubah SSID dan kata sandi default menjadi sesuatu yang unik dan aman, karena ini dapat membantu mencegah akses tidak sah ke jaringan Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengakses antarmuka web modem/router dan mengubah pengaturannya.

Cara login Indihome wifi

Gimana cara masuk ke wifi indihome? Berikut cara-caranya untuk Anda.

  1. Lewat Modem

Untuk login IndiHome melalui modem, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan komputer atau perangkat yang akan digunakan terhubung ke jaringan IndiHome melalui kabel atau WiFi.
  • Buka browser web seperti Google Chrome, Firefox, atau Microsoft Edge, lalu masukkan alamat IP modem di kolom alamat browser. Alamat IP umumnya adalah 192.168.1.1 atau 192.168.100.1, tergantung pada jenis modem yang Anda gunakan. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mencari alamat IP modem di stiker pada bagian bawah modem atau menghubungi customer service IndiHome.
  • Setelah alamat IP dimasukkan, tekan tombol Enter pada keyboard. Kemudian, akan muncul halaman login modem.
  • Masukkan username dan password. Biasanya, username dan password bawaan adalah admin untuk keduanya. Namun, jika Anda telah mengubah password sebelumnya, gunakan password baru yang telah Anda buat.
  • Setelah berhasil login, Anda dapat mengakses menu dan pengaturan modem, termasuk memeriksa koneksi internet, mengubah nama dan kata sandi WiFi, dan menambahkan atau menghapus perangkat yang terhubung ke jaringan.
  1. Aplikasi ES File Explorer

ES File Explorer adalah aplikasi file manager untuk perangkat Android yang dapat digunakan untuk mengelola berkas dan folder di perangkat Anda. Namun, aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk login IndiHome. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan aplikasi web browser pada perangkat Anda untuk login indihome ke halaman admin IndiHome. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan WiFi IndiHome.
  • Buka aplikasi web browser seperti Google Chrome, Firefox, atau Microsoft Edge, lalu masukkan alamat website login IndiHome di kolom alamat browser. Alamat website biasanya adalah http://my.indihome.co.id atau http://wifi.id.
  • Setelah halaman website terbuka, masukkan username dan password akun IndiHome Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu melalui website IndiHome.
  • Setelah berhasil login, Anda dapat mengakses berbagai layanan dan pengaturan IndiHome, seperti memeriksa tagihan, mengubah pengaturan WiFi, dan lain sebagainya.

Jika Anda masih ingin menggunakan aplikasi ES File Explorer untuk mengelola berkas dan folder di perangkat Anda, Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play Store. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk login ke halaman admin IndiHome.

Cara Cek Nomor Indihome

Login Indihome juga memperhatikan nomor ID dari Indihome yang Anda gunakan. Akan tetapi, banyak Sebagian dari Anda yang kebingungan no ID Indihome yang mana? Oleh karena itu berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor ID Anda.

  1. Lewat Router

Untuk mengetahui nomor ID IndiHome Anda melalui router, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan WiFi IndiHome.
  • Buka browser web seperti Google Chrome, Firefox, atau Microsoft Edge, lalu masukkan alamat IP modem di kolom alamat browser. Alamat IP umumnya adalah 192.168.1.1 atau 192.168.100.1, tergantung pada jenis modem yang Anda gunakan. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mencari alamat IP modem di stiker pada bagian bawah modem atau menghubungi customer service IndiHome.
  • Setelah alamat IP dimasukkan, tekan tombol Enter pada keyboard. Kemudian, akan muncul halaman login modem.
  • Masukkan username dan password. Biasanya, username dan password bawaan adalah admin untuk keduanya. Namun, jika Anda telah mengubah password sebelumnya, gunakan password baru yang telah Anda buat.
  • Setelah berhasil login, cari informasi nomor ID IndiHome pada halaman pengaturan modem. Pada beberapa jenis modem, nomor ID IndiHome bisa ditemukan pada halaman “Status” atau “Info”. Pada modem Huawei, nomor ID IndiHome biasanya terletak pada bagian “WAN Information”.
  1. Aplikasi Indihome 

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek nomor ID IndiHome melalui aplikasi IndiHome pada perangkat Anda:

  • Unduh aplikasi IndiHome dari Google Play Store atau App Store jika belum terpasang pada perangkat Anda.
  • Buka aplikasi IndiHome dan login IndiHome menggunakan akun Anda.
  • Setelah berhasil login, pada tampilan utama aplikasi, cari dan klik ikon “Akun” di bagian bawah layar.
  • Selanjutnya, klik “Profil Saya” pada menu yang muncul.
  • Di bagian “Profil Saya”, Anda dapat melihat nomor ID IndiHome Anda yang tertera pada kolom “Nomor Pelanggan”.
  • Jika Anda memiliki lebih dari satu nomor ID IndiHome yang terdaftar pada akun IndiHome Anda, Anda dapat memilih nomor ID yang ingin Anda lihat informasinya dengan mengklik ikon garis tiga di pojok kanan atas layar, lalu memilih nomor ID yang diinginkan pada menu yang muncul.

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam mengecek nomor ID IndiHome melalui aplikasi IndiHome, Anda dapat menghubungi customer service IndiHome untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Cara Cek Siapa yang Terkoneksi dengan Jaringan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk check wifi Indihome yang konek siapa saja. Beberapa cara ini juga terbilang mudah dan bisa dilakukan dimana saja. 

  1. CMD

Anda dapat menggunakan Command Prompt atau CMD pada Windows untuk mengetahui siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan IndiHome di rumah Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan komputer atau laptop Anda terhubung ke jaringan WiFi IndiHome yang ingin Anda periksa.
  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “arp -a” lalu tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan daftar semua perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi IndiHome Anda, termasuk alamat IP, alamat MAC, dan status koneksi.
  • Cari alamat MAC dari perangkat yang ingin Anda periksa pada daftar yang muncul. Alamat MAC biasanya terlihat seperti “XX-XX-XX-XX-XX-XX”, dengan huruf dan angka.
  • Setelah menemukan alamat MAC dari perangkat yang ingin Anda periksa, catat alamat IP-nya yang tertera di samping alamat MAC tersebut.
  • Selanjutnya, ketikkan perintah “ping [alamat IP]” pada Command Prompt, lalu tekan Enter. Perintah ini akan memeriksa apakah perangkat tersebut masih terhubung dengan jaringan atau tidak.
  • Jika perangkat masih terhubung dengan jaringan, akan muncul informasi tentang waktu respons dari perangkat tersebut di bawah perintah ping. Jika tidak muncul, maka pesan “Request timed out” akan muncul.

Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui siapa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi IndiHome Anda melalui perangkat yang terdaftar pada daftar ARP. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus memiliki hak akses administrator pada komputer atau laptop Anda untuk menggunakan perintah ini.

  1. Aplikasi TP-Link

Anda dapat menggunakan aplikasi TP-Link Tether untuk memeriksa siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan IndiHome melalui router TP-Link. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan WiFi IndiHome yang ingin Anda periksa.
  • Unduh dan instal aplikasi TP-Link Tether dari Google Play Store atau App Store jika belum terpasang pada perangkat Anda.
  • Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi TP-Link Tether dan login menggunakan akun admin untuk router TP-Link Anda.
  • Setelah login, pada tampilan utama aplikasi, cari dan klik ikon “Devices” di bagian bawah layar.
  • Selanjutnya, pada halaman “Devices”, Anda dapat melihat semua perangkat yang terkoneksi dengan jaringan IndiHome Anda melalui router TP-Link Anda. Anda juga dapat melihat informasi seperti nama perangkat, alamat IP, MAC address, dan status koneksi dari setiap perangkat yang terkoneksi dengan jaringan IndiHome.
  • Untuk melihat informasi detail tentang setiap perangkat, klik perangkat yang ingin Anda periksa pada daftar perangkat yang muncul pada halaman “Devices”.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memeriksa siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan IndiHome melalui router TP-Link menggunakan aplikasi TP-Link Tether. Perlu diingat bahwa Anda harus memiliki hak akses administrator pada router TP-Link Anda untuk menggunakan aplikasi ini.

(GE – NSA)

Scroll to Top