SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Apa itu Wifi dan Bagaimana cara Kerjanya?

Bagikan:

AshefaNews – Apa itu wifi dan bagaimana cara kerjanya? Jaringan Wifi sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, bahkan banyak yang merasa frustasi ketika kehilangan internet.

Di mana-mana WiFi akhir-akhir ini berarti kita tidak boleh tanpa koneksi. Namun, beberapa perangkat menolak untuk menunjukkan status internet, meskipun WiFi itu sendiri berfungsi dengan baik dan ada koneksi yang tidak stabil di mana-mana. Artikel ini akan mengatasi semua masalah Wi-Fi Anda dengan menawarkan solusi untuk masalah paling umum tanpa koneksi WiFi.

Apa itu WIFI?

Wifi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel. Wifi telah menjadi cara standar untuk menghubungkan perangkat ke internet, dan digunakan di rumah, bisnis, dan ruang publik di seluruh dunia.

Wifi bekerja dengan menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data antara perangkat dan router wifi. Ketika Anda menghubungkan perangkat Anda ke jaringan wifi, secara otomatis akan mencari jaringan wifi yang tersedia dan terhubung ke jaringan dengan sinyal terkuat. Setelah terhubung, Anda akan dapat mengakses internet di perangkat Anda.

Bagaimana cara kerja wifi?

Router yang ada di rumah biasa memiliki satu alamat IP yang diberikan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP). Semua perangkat di jaringan rumah Anda dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan alamat IP ini.

Saat Anda terhubung ke situs web, komputer Anda mengirimkan permintaan ke router, yang kemudian meneruskan permintaan tersebut ke ISP Anda. ISP kemudian menghubungi server situs web dan mengembalikan informasi yang diminta kembali ke router Anda. Router kemudian mengirimkan data kembali ke komputer Anda.

Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data antara perangkat dan router. Frekuensi gelombang ini adalah 2,4 GHz atau 5 GHz. Semakin tinggi frekuensinya, semakin cepat kecepatan datanya, tetapi juga semakin pendek jangkauannya.

Sebagian besar router memiliki frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Saat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, biasanya Anda akan ditanya frekuensi mana yang ingin Anda gunakan. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya pilih opsi 5 GHz karena kecepatannya lebih cepat.

Wifi Tidak Ada Sinyal

Salah satu hal paling membuat frustrasi yang dapat terjadi saat Anda mencoba online adalah masalah koneksi Wi-Fi. Jika internet Anda berfungsi tetapi WiFi Anda tidak, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah tersebut.

Pertama, pastikan router Anda dihidupkan dan semua kabel terpasang dengan benar. Terkadang kabel yang longgar dapat menyebabkan masalah. Jika semuanya terlihat bagus di ujung router, mulai ulang router dan komputer Anda. Ini akan sering memperbaiki masalah koneksi kecil.

Jika Anda masih mengalami masalah, coba dekatkan komputer ke router. Jika Anda menggunakan laptop atau perangkat seluler lainnya, pastikan Anda berada di area dengan sinyal kuat. Terkadang berpindah-pindah dapat membuat perbedaan besar.

Jika Anda telah mencoba semua hal ini dan masih tidak dapat terhubung, hubungi ISP Anda untuk mendapatkan bantuan. Mereka mungkin dapat memberi tahu Anda jika ada gangguan di area Anda atau membantu Anda memecahkan masalah lainnya.

Apa yang harus dilakukan jika Router Anda Tidak Memiliki Sinyal WiFi?

Jika router Anda tidak memiliki sinyal WiFi, hal pertama yang harus Anda periksa adalah catu daya. Jika lampu daya tidak menyala, pastikan kabel daya tersambung dengan benar dan periksa stopkontak untuk melihat apakah berfungsi. Jika lampu daya menyala tetapi lampu WiFi tidak, berarti router tidak memancarkan sinyal WiFi.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba dan memperbaikinya:

  1. Periksa apakah antena tersambung dengan benar ke bagian belakang router.
  2. Jika Anda memiliki antena yang dapat dilepas, coba tukar dengan yang lain untuk melihat apakah itu membantu.
  3. Periksa gangguan dari perangkat lain yang mungkin menimbulkan masalah, seperti microwave atau monitor bayi.
  4. Coba atur ulang router ke pengaturan pabriknya. Ini akan menghapus semua penyesuaian Anda, jadi pastikan Anda memiliki informasi login atau pengaturan penting lainnya yang dicadangkan sebelum melakukan ini.
  5. Jika semuanya gagal, hubungi ISP Anda atau pabrikan router Anda untuk mendapatkan dukungan.

Cara mengatasi masalah koneksi internet

Jika internet Anda tidak berfungsi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah tersebut.

Pertama, periksa untuk memastikan bahwa komputer Anda terhubung ke internet. Jika Anda menggunakan koneksi nirkabel, pastikan perute dihidupkan dan kekuatan sinyal cukup kuat untuk terhubung ke internet. Jika Anda menggunakan kabel Ethernet, pastikan kabel tersebut dicolokkan dengan benar ke komputer dan perute.

Selanjutnya, periksa pengaturan internet Anda. Pastikan komputer Anda diatur untuk mendapatkan alamat IP dan informasi server DNS secara otomatis. Jika Anda menggunakan server proxy, pastikan server tersebut dimatikan atau dikonfigurasi dengan benar.

Terakhir, restart komputer dan router Anda. Ini akan sering memperbaiki masalah kecil dengan konektivitas.

Jika Anda masih mengalami masalah saat menyambung ke internet setelah mengikuti tips ini, hubungi ISP Anda untuk bantuan lebih lanjut.

(GE)

Scroll to Top