Studi: 64% Penduduk Tiongkok Terinfeksi Covid-19

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Sebuah penelitian yang diluncurkan Peking University melaporkan bahwa 64% atau 900 juta orang penduduk Tiongkok telah terinfeksi covid-19. Laporan itu mengacu pada penyebaran virus tersebut per 11 Januari. 

Dilansir dari BBC, Jumat (13/1), sebaran terbanyak penduduk yang terinfeksi covid-19 berada di tiga provinsi yakni Gansu dengan 91%, Yunnan 84% dan Qinghai 80%. Temuan angka ini belum menyentuh final atau puncak kasus virus korona. 

Pasalnya, Tiongkok masih dalam massa liburan Tahun Baru Cina. Moment itu diyakini akan membawa Negeri Tirai Bambu ke puncak penyebaran kasus covid-19. 

Epidemiolog Tiongkok Zeng Guang mengatakan puncak gelombang Covid-19 diperkirakan akan berlangsung selama dua hingga tiga bulan ke depan. Saat ini jutaan warga Tiongkok sedang mempersiapkan mudik Tahun Baru Cina pada 23 Januari.

Mobilitas yang tinggi dapat meningkatkan penyebaran virus ini secara cepat. Tiongkok pun harus menghadapi puncak kasus covid-19 sebagai konsekuensi pelonggaran kebijakan Nol-Covid. 

(RM – Yana) 

Scroll to Top