SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Pertama, AS Hukum Mati Seorang Transgender

Bagikan:

AshefaNews – Amerika Serikat (AS) membuat sejarah dengan mengeksekusi mati seorang wanita transgender, Amber McLaughlin, 49. Dia terbukti membunuh mantan pacarnya pada 2003.

Dilansir dari France24, Rabu (4/1), eksekusi dilakukan di Pusat Diagnostik dan Pemasyarakatan di kota Bonne Terre, Missouri dengan menggunakan suntikan mematikan. Dia menjadi transgender pertama yang dieksekusi di AS. 

McLaughlin dihukum karena membunuh mantan pacarnya, Beverly Guenther, di pinggiran kota St. Louis, sebelum beralih kelamin. Mayatnya dibuang di dekat sungai Mississippi. 

Pada 2006 hakim menjatuhkan vonis menjatuhkan hukuman mati kepadanya. Pengacaranya meminta Gubernur Mike Parson untuk mengubah hukumannya menjadi penjara seumur hidup. 

“Hukuman mati yang sekarang sedang dipertimbangkan tidak datang dari hati nurani masyarakat tapi dari hakim tunggal,” katanya. 

McLaughlin memiliki masa kecil yang bermasalah dan menderita masalah kesehatan mental. Perjuangannya mendapat dukungan dari orang-orang terkenal termasuk dua anggota DPR AS di Missouri, Cori Bush dan Emanuel Cleaver. 

Mahkamah Agung Ohio juga menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang wanita transgender dan seorang komuter negara bagian Oregon.

(RM – Yana) 

Scroll to Top