SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Marcos Jr Bahas Laut Cina Selatan dengan Xi Jinping di Beijing

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Presiden Filipina Ferdinand Marcos Junior bertolak ke Tiongkok untuk menemui Presiden Xi Jinping. Dia akan meminta Beijing menyelesaikan sengketa Laut Cina Selatan (LCS). 

“Saat berangkat ke Beijing, saya akan membuka babak baru dalam kerja sama strategis yang komprehensif kami dengan Tiongkok,” kata Marcos Junior, dilansir dari China Morning Post, Rabu (4/1). 

Menurut dia Filipina menginginkan Tiongkok menghargai dan menghormati kedaulatan negaranya di LCS. Selama ini hubungan kedua negara renggang akibat isu tersebut. 

Dia mengharapkan lawatannya yang pertama sejak menggantikan Presiden Rodrigo Duterte pada Juni 2022 dapat menyelesaikan isu tersebut. “Saya menantikan pertemuan dengan Presiden Xi, saat kami berupaya mengubah lintasan hubungan kami ke roda yang lebih tinggi, yang diharapkan akan membawa banyak prospek dan peluang berlimpah untuk perdamaian dan pembangunan bagi masyarakat di kedua negara,” paparnya.

Filipina saat dipimipin Duterte kerap bersitegang dengan Tiongkok karena LCS. Namun Duterte lebih memilih kerja sama Tiongkok ketimbang Amerika Serikat namun tidak dapat menyelesaikan sengketa LCS. 

Tiongkok mengklaim hampir seluruh wilayah LCS yang memasuki sejumlah kedaulatan Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Filipina. 

(RM – Yana) 

Scroll to Top