SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Mengenal Makanan Korea yang Hits di Indonesia

Bagikan:

AshefaNews – Ketika memikirkan makanan Korea, apa yang terlintas dalam pikiran? Bulgogi, bibimbap, dan kimchi mungkin adalah beberapa hidangan pertama yang terlintas dalam pikiran semua orang. Tapi, tahukah Kamu bahwa ada lebih banyak lagi makanan Korea yang hits di Indonesia?

Ada hidangan lain seperti Samgyeopsal, Japchae, Sundubu Jjigae, Tteokbokki, dan Gyeran Mari yang mungkin belum pernah Kamu rasakan sama sekali.

Di bawah ini, kami telah membuat daftar hidangan Korea yang telah menjadi populer di Indonesia. Jadi, lain kali saat ingin makan masakan Korea, pastikan untuk mencoba beberapa hidangan ini.

Makanan Korea yang Hits di Indonesia

1. Samgyeopsal (Perut Babi Panggang)

Kamu  tahu Samgyeopsal, bukan? Hidangan Korea ini telah menjadi sangat populer di Indonesia, bahkan ada istilah lokal untuk itu, yaitu “Perut Babi Panggang.” Pada dasarnya ini adalah benar-benar perut babi panggang, dan ini sangat lezat. Bagian terbaiknya adalah karena cara membuatnya sangat mudah.

Yang Kamu  butuhkan hanyalah perut babi, garam, dan arang atau barbekyu. Setelah menyiapkan semuanya, panggang saja perut babi sampai matang dan renyah. Jangan lupa untuk menikmatinya dengan kimchi dan nasi!

2. Bibimbap (Mangkuk Nasi Campur)

Kamu tentunya tidak asing lagi dengan bibimbap, salah satu makanan Korea paling populer di Indonesia. Makanan ini adalah nasi campuran yang disajikan dalam mangkuk dan dicampur dengan berbagai sayuran, telur, dan daging. Rasanya pasti enak!

Selain rasa yang nikmat, bibimbap juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Sayuran untuk masakan ini biasanya merupakan sumber serat yang baik, sumber nutrisi esensial seperti vitamin dan mineral, serta lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat. 

Selain itu, jenis telur atau daging yang Kamu gunakan juga sangat menentukan tingkat gizi yang Kamu terima. Misalnya, menggunakan telur dadar untuk bibimbap akan memberikan protein dan zat besi yang penting bagi tubuh.

3. Japchae (Mie Gelas Goreng)

Japchae, atau yang dikenal juga dengan nama Mie Gelas Goreng, adalah salah satu makanan Korea yang hits di Indonesia. Hidangan ini merupakan masakan kuah yang terdiri dari gabungan mie, sayuran dan sayuran. Japchae telah diadopsi di Indonesia dan menjadi salah satu makanan idola yang disukai oleh banyak orang.

Mie gelas goreng ini dimasak dengan minyak sayur dan diberi rasa asin manis yang lezat. Kelezatan ini disebabkan oleh bumbu utama seperti sosis kedelai, mirin, sake dan gula kelapa. Bumbu lainnya yang biasa digunakan ialah halia, cengkeh dan garam laut. Bumbu-bumbu inilah yang memberikan citarasa khas Japchae.

Jika Kamu ingin mencoba Japchae, bisa coba menemukannya di restoran Korea atau warung makan di sekitar. Makanan ini juga dimasak dengan mudah dan dapat disantap dengan banyak jenis mie Korea lainnya, seperti Bibimbap atau Ramyeon.

4. Sundubu Jjigae (Semur Tahu Lembut)

Pernahkah Kamu mendengar tentang Sundubu Jjigae? Hidangan ini membawa semur tahu khas ke tingkat berikutnya yang lebih lezat, menggabungkan tahu yang halus dan lembut dengan pasta cabai pedas dan berbagai sayuran. Rasanya pedas, gurih, dan sangat lezat.

Dan apakah kami harus menyebutkan bahwa ini mudah dibuat? Sebagai permulaan, kocok bawang putih, bawang bombay dan pasta cabai sebelum menambahkan air dan jamur. Kemudian tambahkan kubus tahu, irisan zucchini, dan sayuran lain pilihanmu. Didihkan selama sekitar 10 menit atau sampai tahu menjadi lembut dan enak, dan akhiri dengan taburan serpihan cabai merah untuk bumbu tambahan.

Sundubu Jjigae paling enak disajikan panas-panas dengan nasi putih kukus di sampingnya. Jadi, silahkan coba masakan klasik Korea ini, tentu Kamu tidak akan kecewa.

5. Tteokbokki (Kue Beras Pedas)

Tteokbokki merupakan makanan Korea yang terbuat dari beras. Di Indonesia, tteokbokki biasa disajikan dengan sosis pedas dan ikan teri, dengan irisan seledri dan daun bawang sebagai topping. Tteokbokki juga biasa disajikan dengan telur dan sayuran. Resepnya juga sangat bervariasi.

Rasa manis dari beras menyeimbangkan rasa pedas sosis yang pas. Menikmati tteokbokki akan semakin lengkap dengan nasi berkuah di sampingnya. Warna merah khas dari tteokbokki pastinya akan membuat mata Kamu terhipnotis oleh citarasa yang luar biasa ini!

6. Gimbap (Gulungan Rumput Laut)

Gimbap, yang artinya “gulungan rumput laut,” adalah salah satu makanan Korea yang menjadi favorit di Indonesia. Gimbap terdiri dari bahan beras, sayuran, dan seafood yang dibungkus dengan rumput laut dan dipotong menjadi potongan-potongan kecil.

Rasa klasik gimbap umumnya adalah berisi tuna dan telur mentah, tetapi seiring berjalannya waktu berbagai macam varian ini sering dijumpai di restoran Korea di Indonesia. Coba sosis gim dan sosis kedelai untuk membuat gimbap lebih aromatik. Gimbap juga dapat digunakan sebagai snack ringan atau disajikan dengan air hangat untuk sarapan.

7. Bulgogi (BBQ Daging Sapi yang Diasinkan)

Kalian mungkin telah mengetahui bulgogi adalah daging sapi yang direbus dengan bumbu dan dibakar. Karena banyaknya restoran Korea yang menyajikan ini juga menjadi alasan banyak orang yang menyukainya.

Bulgogi disajikan dengan cara yang berbeda, tergantung pada tempat makan tersebut. Yang paling umum adalah daging sapi dimasak dengan sosis bawang merah, anggur, gula merah, dan mirin. Ini merupakan resep tradisional Korea dan akan memberikan rasa manis dan asin khas Korea.

Biasanya, bulgogi disajikan di atas tusukan, seperti sate, dengan dicocol dengan sisa saus di atasnya. Daging dibakar di atas arang sampai matang dan lembut, membuat rasa ingin lagi setelah selesai makan.

8. Gyeran Mari (Telur Dadar Telur Gulung)

Kamu tidak bisa melewatkan Gyeran Mari atau telur dadar telur gulung. Ini adalah makanan yang terkenal di Korea dan mungkin sedikit berbeda dengan telur dadar khas Indonesia. Ini disebut gyeran mari, karena polanya menyerupai dedaunan kecil.

Untuk membuat makanan ini, Kamu perlu beberapa potongan sayuran dan selai untuk isian dan telur rebus untuk luarannya. Telur diberi satu lapisan yang tipis di atasnya dan diisi dengan sayuran-sayuran berselerak serta selai sebelum dirapikan hingga menyatu semua. Setelah rapi, diambil satu sisi persegi yang telah terisi dan lipat hingga berbentuk tabung dengan bagian dalam sebagai isiannya. 

Di dalamnya bisa diisi dengan buncis, jamur, daging ayam, atau apapun yang Kamu sukai untuk isian. Proses pembuatan ini akan membutuhkan waktu lebih lama agar hasilnya pas dan bisa dimakan dengan enak.

9. Banchan

Selain makanan utama yang Kamu sukai, coba juga hidangan ‘Banchan’ atau hidangan sampingan yang populer dari Korea. Banchan adalah makanan berisi berbagai macam beras, sayuran, dan seafood yang sering disajikan sebagai pelengkap masakan Korea.

Pati ikan tinggi omega-3 diet Sundaeguk adalah salah satu makanan sampingan yang populer. Makanan ini terbuat dari ikan yang dimasak dengan perebusan dan dihidangkan bersama sayuran segar.

Gaji-namul adalah salah satu banchan lainnya yang menyimpan manfaat kesehatan tinggi. Makanan ini terbuat dari nanas mentah dan cabai merah, kemudian dicampur dengan saus soja dan cuka. Kita bisa mendapatkan sumber vitamin C setiap kali makan Gaji-namul.

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui, bahwa masakan Korea sangat dihargai di Indonesia, dan tidak diragukan lagi bahwa popularitasnya akan terus meningkat. Jika Kamu ingin mencoba beberapa makanan Korea yang hits di Indonesia, tentu artikel ini sudah sangat sesuai untukmu. Jadi, selamat mencoba menu tersebut!

(GE – Khanifa)

Scroll to Top