Makanan Khas Malaysia yang Harus Anda Coba

Bagikan:

AshefaNews – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa hidangan terkenal Malaysia, seperti nasi lemak atau roti canai. Tetapi, masih banyak lagi makanan khas Malaysia yang perlu dicoba!

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan hidangan Malaysia favorit kami. Kami yakin Anda akan menyukai semuanya, tetapi jika ada satu yang benar-benar berkesan di hati, pastikan untuk memasukkannya ke dalam daftar makanan yang harus dicoba saat sedang berada di Malaysia.

Makanan Khas Malaysia

1. Nasi Lemak

Nasi lemak adalah hidangan Melayu yang sering disebut-sebut sebagai hidangan nasional Malaysia. Ini adalah hidangan nasi kelapa harum yang biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti rendang, ikan bilis (ikan teri goreng), ayam kari, dan otak-otak (sejenis kue ikan). Nasi lemak adalah makanan lezat dan beraroma yang pasti akan menyenangkan.

2. Nasi Kandar

Nasi Kandar adalah hidangan yang berasal dari Penang, dan merupakan favorit di antara penduduk setempat dan juga wisatawan. Hidangan ini terdiri dari nasi kukus yang dicampur dengan kari dan sayuran pilihan Anda, dan disajikan dengan ikan bilis (teri goreng) dan achar (acar sayuran).

Nasi Kandar adalah makanan yang sempurna untuk dinikmati kapan saja. Kare yang kaya rasa dan pedas adalah kontras yang sempurna dengan nasi putih yang pulen, dan ikan bilis menambahkan kerenyahan asin yang enak. Jika sedang berada di Penang, pastikan untuk mencoba Nasi Kandar di salah satu warung pinggir jalan, pasti tidak akan menyesal!

3. Rendang

Jika Anda menyukai rasa yang kaya dan harum, maka harus mencoba Rendang! Hidangan tradisional Malaysia ini dibuat dengan santan dan campuran rempah-rempah yang menciptakan rasa yang tak terlupakan. Anda dapat menemukan rendang yang disajikan dengan daging sapi, ayam, atau bahkan pilihan vegetarian seperti nangka!

Kunci untuk membuat rendang yang sempurna terletak pada proses memasaknya yang lambat, biasanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk membuatnya. Ini adalah saat bumbu dan rempah-rempah meresap ke dalam daging dan menciptakan hasil yang menggiurkan. Saat santan menguap, minyak dari rempah-rempah melapisi daging dan membentuk saus kental yang penuh rasa. Rendang adalah salah satu hidangan yang tidak bisa dilewatkan. Cobalah sendiri dan rasakan mengapa rendang sangat disukai di Malaysia!

4. Char Kway Teow

Char kway teow adalah hidangan jajanan kaki lima Malaysia populer yang telah ada selama beberapa generasi. Namanya secara harfiah berarti “potongan rice cake goreng”, dan terbuat dari bihun pipih yang ditumis dalam wajan dengan kecap asin dan kecap asin, pasta cabai, telur, udang, sosis Cina (lap cheong), kucai Cina (kuchai) dan tauge.

Mie biasanya dimasak dengan lemak hewani, memberikan rasa gurih ekstra, meskipun beberapa orang memilih untuk menggunakan minyak sayur sebagai gantinya. Char kway teow biasanya dimakan sebagai camilan sore atau makan siang ringan. Biasanya disajikan dengan irisan mentimun segar dan acar cabai hijau.

Kombinasi rasa manis, asin dan pedas dalam hidangan ini membuatnya benar-benar unik. Tekstur mi juga membuat hidangan ini menonjol dari hidangan tumis lainnya. Jika Anda mencari pengalaman otentik Malaysia, maka char kway teow harus ada dalam daftar hidangan yang harus dicoba.

5. Roti Canai

Berikutnya, Kita memiliki salah satu hidangan paling populer di Malaysia, yaitu Roti Canai. Roti Canai adalah sejenis roti pipih yang disajikan dengan berbagai macam pelengkap seperti dal (lentil yang dimasak dengan rempah-rempah), kari dan saus lainnya. 

Adonan dibuat dengan tepung, telur, air dan minyak dan biasanya dimasak di atas bara api untuk memberikan rasa berasap. Setelah matang, adonan biasanya bersisik dan dapat disajikan manis atau gurih. Dengan teksturnya yang bersisik dan rasa yang ringan, Roti Canai dapat dinikmati untuk sarapan, makan siang atau makan malam dan pasti akan menggoda selera setiap orang.

6. Sate

Makanan khas Malaysia ini adalah daging yang ditusuk dan dipanggang, yang biasa disebut sebagai “sate”. Bahan-bahannya biasanya terdiri dari daging ayam, daging sapi, atau daging domba yang diasinkan, disajikan dengan berbagai bumbu seperti saus kacang manis dan pedas. Sate dapat ditemukan di jalan-jalan di Malaysia, di mana kios-kios yang menjual sate lezat ini berada.

Bumbu untuk daging biasanya terdiri dari rempah-rempah seperti kunyit dan ketumbar yang memberikan rasa yang unik. Kadang-kadang juga dibuat dengan bawang bombay, bawang putih, dan jahe, atau rempah-rempah lain seperti serai atau lengkuas untuk rasa yang lebih intens. Rasanya dapat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, memberikan lebih banyak alasan untuk mencoba makanan khas Malaysia ini.

7. Assam Laksa

Assam Laksa adalah hidangan ikonik Malaysia, dan ini adalah sesuatu yang benar-benar tidak ingin Anda lewatkan. Hidangan ini dibuat dengan bihun putih tebal dalam kaldu asam asam dan diberi topping bahan-bahan seperti ikan tenggiri, nanas, mentimun, bawang merah, dan mint.

Nama hidangan ini berasal dari ‘Assam’ yang merupakan buah asam yang digunakan untuk memberikan rasa unik pada kaldu. Hidangan ini dapat disajikan panas atau dingin sehingga Anda dapat menikmatinya kapan saja sepanjang tahun!

Sup mie pedas ini tersedia di seluruh Malaysia, tetapi tempat terbaik untuk mencobanya adalah di tempat kelahirannya, yaitu Pulau Penang di mana kios-kios makanan pinggir jalan menyajikan versi mereka dari hidangan klasik ini. Pastikan Anda mengambil mangkuk dan menyeruputnya dengan santai.

8. Mee Goreng Mamak

Mee Goreng Mamak adalah salah satu makanan khas Malaysia yang paling populer di Malaysia. Pada dasarnya, ini adalah mie goreng dengan banyak sayuran, rempah-rempah, dan beberapa jenis protein, seperti daging sapi atau ayam. Ada juga versi manis yang dibuat dengan kecap asin dan gula.

Mee Goreng Mamak biasanya disajikan dengan irisan mentimun dan sambal yang pedas. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan mencampurkan semuanya dan membiarkan rasa melebur menjadi satu hidangan lezat. Mungkin pedas, tetapi sangat layak untuk dinikmati!

9. Cendol

Melihat jeli berwarna-warni yang lucu di dalam semangkuk hidangan penutup susu dingin? Itu adalah Cendol, makanan favorit Malaysia. Terbuat dari ekstrak daun pandan, tepung beras, dan mie jeli pandan, tekstur cendol yang berbeda menciptakan pengalaman unik dan menyegarkan.

Untuk membuat cendol, pertama-tama Anda harus memasak mie jeli dalam air mendidih sampai lembut dan lentur. Setelah matang, tambahkan es serut dan topping lain seperti kacang merah, jagung, dan krim santan untuk membuatnya menjadi seteguk yang lebih menarik.

Cendol adalah hidangan ikonik Malaysia, sehingga Anda akan dapat menemukannya di hampir semua kopitiam atau mamak (warung makan Malaysia). Cendol juga merupakan pilihan yang bagus untuk mendinginkan diri di hari-hari tropis yang panas.

Penutup

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Anda harus mencoba makanan khas Malaysia ini saat berada di negara jiran ini. Mulai dari nasi lemak hingga cendolnya, pasti akan terasa sangat enak.

(GE – Khanifa)

Scroll to Top