SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Jet Tempur Dekati Pesawat AS di LCS

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Sebuah jet tempur milik Tiongkok mendekati pesawat intai milik Amerika Serikat (AS) . Kedua pesawat itu hanya terpaut jarak enam meter di Laut Cina Selatan (LCS) pada Kamis (29/12).

Dilansir dari Aljazeera, Jumat (30/12), pesawat tempur J-11 Tiongkok melakukan manuver membahayakan saat mencegat pesawat RC-135 Angkatan Udara AS. Komando Indo-Pasifik AS merilis insiden tersebut melalui rekaman video. 

Dalam cuplikan itu menunjukkan jet tempur Tiongkok terbang dalam jarak beberapa meter dari hidung pesawat pengintai yang jauh lebih besar. Manuver itu memaksa pilot AS menghindar untuk menghindari tabrakan. 

AS mengatakan pesawatnya terbang secara sah saat melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional. “Pasukan Gabungan Indo-Pasifik AS didedikasikan untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dan akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di laut dan di wilayah udara internasional dengan memperhatikan keselamatan semua kapal dan pesawat terbang berdasarkan hukum internasional,” kata militer AS. 

AS mengharapkan semua negara di kawasan Indo-Pasifik menggunakan wilayah udara internasional dengan aman dan sesuai dengan hukum internasional. Dalam beberapa bulan terakhir, pilot pesawat perang Tiongkok dituduh terbang sangat dekat dengan pesawat sekutu AS. 

Pada Juni, Kanada menuduh Tiongkok melecehkan pesawatnya yang sedang melakukan patroli misi PBB di sepanjang perbatasan Korea Utara. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengecam Tiongkok. 

Seorang juru bicara militer AS mengatakan kejadian di LCS itu mengkhawatirkan. “Jadi insiden terbaru ini mencerminkan tren praktik pencegatan yang tidak aman dan berbahaya oleh PLA yang menjadi perhatian serius Amerika Serikat,” kata juru bicara itu. 

(GE – Yana) 

Scroll to Top