SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Jelang KTT G7, Kishida Sambangi AS, Italia hingga Inggris

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio menyatakan akan mengunjungi Prancis, Italia, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat. Sebagai presidensi G7 ia akan meminta dukungan negara-negara tersebut supaya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 pada Mei sukses. 

KTT G7 yang dijadwalkan akan diadakan di Hiroshima itu akan menyuarakan sejumlah isu penting. Termasuk menekan Rusia untuk menghentikan invasi di Ukraina. 

Dilansir dari NHK, Kamis (5/1), Kishida mengatakan akan melakukan lawatan ke empat dari lima negara anggota G7 pada Senin (9/1). Dia akan mendatangi seluruh pemimpinnya untuk meminta dukungan. 

Kishida akan meminta anggota-anggota kelompok itu untuk bersama-sama menangani berbagai tantangan global. Misalnya menghentikan invasi Rusia ke Ukraina, penanganan krisis pangan, pelucutan senjata nuklir, dan penanggulangan perubahan iklim.

Kishida akan memulai lawatan dengan menemui Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada 13 Januari. Saat bertemu dengan Biden, Kishida akan menujukan kemampuan Jepang memperkuat aliansi antara kedua negara. 

Kishida juga akan menjelaskan peta jalan kenaikan belanja pertahanan Jepang. Dia telah merevisi tiga dokumen keamanan penting untuk memperkuat kapabilitas pertahanan Jepang. 

(RM – Yana) 

Scroll to Top