SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Hasil Cek Limbah Pesawat, Malaysia Temukan Covid-19 khas Tiongkok

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Malaysia menemukan varian dan subvarian Covid-19 yang kini tersebar luas di Tiongkok. Temuan itu terdeteksi dari hasil penelitian air limbah pesawat dari Tiongkok yang masuk Malaysia.

“288 sampel (95,7%) memiliki keberadaan SARS-CoV-2, dan positif untuk omicron. Tiga tidak hadir, sedangkan 10 masih dalam pemeriksaan,” kata Dirjen Kementerian Kesehatan Malaysia Noor Hisyam Abdullah dilansir dari ChannelNewsAsia, Selasa (3/1). 

Menurut dia pengujian itu bersumber dari air limbah sejak Juni hingga 31 Desember 2022. Hasilnya, 96,5%, atau 28 dari 29 sampel yang diambil dari titik masuk internasional mengandung varian omicron. 

“Hasil tersebut berasal dari pengujian di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Nasional sementara satu sampel lagi masih diuji. Pada periode yang sama, laboratorium juga menerima 301 sampel dari 15 lokasi yang mewakili setiap negara bagian di negara tersebut,” paparnya. 

Terpisah, Menteri Kesehatan Malaysia Zaliha Mustafa mengatakan temuan itu telah berdasarkan analisa mendalam dengan mengacu data Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

Berdasarkan laporan, kata dia, WHO telah menggelar pertemuan dengan Tiongkok untuk berbagi data terbaru. WHO berupaya mendapatkan informasi detail mengenai situasi dan penanganan covid-19 di Tiongkok. 

“Berdasarkan laporan Tiongkok kepada WHO, varian dan subvarian yang ditemukan di Tiongkok juga terdeteksi di Malaysia,” tambahnya.

Lonjakan infeksi covid-19 di Tiongkok karena sub-varian Omicron bernama BF.7. Zaliha mendesak mereka yang telah melewati periode enam bulan sejak suntikan vaksinasi penguat pertama untuk mendapatkan dosis kedua tanpa menunggu vaksin bivalen tersedia. 

(RM – Yana)

Scroll to Top