SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Dunia Kewalahan Usai Tiongkok Izinkan Warganya Melancong di tengah melonjaknya kasus covid-19 di negaranya

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Sejumlah negara-negara di dunia kembali menerapkan pengetatan kepada para pelancong. Aturan tersebut guna mengantisipasi penyebaran kasus covid-19 yang dibawa masuk dari Tiongkok. 

Dilansir dari France24, Selasa (3/1), Uni Eropa menerapkan pemeriksaan terhadap semua penumpang pesawat dari Tiongkok. Bahkan Belgia turut meneliti air limbah pesawat yang datang dari Negeri Tirai Bambu. 

Belgia juga meminta penumpang pesawat dari Tiongkok yang merasakan gejala covid-19 untuk mengikuti tes. “Lebih banyak yang harus dilakukan, tetapi hanya dalam pendekatan terkoordinasi di antara 27 negara anggota,” kata Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroucke. 

Dia mengatakan penerapan ketentuan tersebut untuk melindungi Uni Eropa dari serangan covid-19 yang kini berkecamuk di Tiongkok. “Jika Anda datang ke Eropa, Anda harus diuji terlebih dahulu,” tambahnya.

Tindakan serupa dilakukan Swedia, yang memegang jabatan kepresidenan Uni Eropa. Swedia akan menerapkan syarat umum untuk pelancong Tiongkok di seluruh Uni Eropa. 

“Penting bagi kami untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan,” kata Menteri Kesehatan Swedia Jakob Forssmed. 

Prancis, Spanyol, dan Italia terlebih dahulu telah menerapkan ketentuan khusus bagi penumpang pesawat asal Tiongkok. Prancis mewajibkan tes negatif covid-19 dan meminta warganya  menghindari perjalanan ke Tiongkok. 

Prancis juga menerapkan kembali kewajiban penggunaan masker untuk penumpang dari Tiongkok. Sementara Spanyol mengatakan akan mewajibkan semua penumpang udara yang datang dari Tiongkok memiliki tes negatif covid-19 atau bukti vaksinasi. 

Amerika Serikat telah mengumumkan persyaratan baru dengan mewajibkan tes covid-19 m untuk semua pelancong dari Tiongkok. 

(RM – Yana) 

Scroll to Top