SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Baru Masuk 2023, Korut Luncurkan Rudal

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan rudal tepat di awal 2023, Minggu (1/1). Pyongyang menembakkan satu rudal balistik jarak pendek ke laut.

Dilansir dari AFP, Minggu (1/1), negara itu telah mencatatkan rekor pada 2022 dengan jumlah peluncuran rudal terbanyak. Pusat peluncurannya diduga berada di Yongseong, Pyongyang dan mendarat di Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Kepala Staf Gabungan Militer Korea Selatan yang melaporkan kejadian tersebut tidak dapat merinci mengenai jenis, lokasi pendaratan dan dampak dari rudal Korut itu. Namun sikap Korut ini menunjukkan bahwa 2023 tidak dapat dipastikan berlangsung damai di Semenanjung Korea. 

Pada Sabtu (31/12), Korut menembakkan tiga rudal balistik jarak pendek, menyusul sehari setelah uji coba roket berbahan bakar padat Korea Selatan. “Tujuan peluncuran rudal Korut hari ini adalah untuk menanggapi kendaraan peluncuran ruang angkasa berbahan bakar padat Seoul. Pyongyang tampaknya menganggap ini sebagai kompetisi,” kata Profesor di Universitas Studi Korut di Seoul, Yang Moo-jin.

(RM – Yana)

Scroll to Top