SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

AS dan Jepang Sepakati Penguatan Aliansi Modern

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat (AS) menyepakati pembahasan kerja sama pertahanan agar lebih terorganisasi dan efektif.

Dilansir dari NHK, Kamis (12/1), Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa menyampaikan kerja sama kedua negara menunjukkan visi aliansi yang lebih modern. Dia meyakini bahwa modernisasi kerja sama pertahanan akan dapat menghadapi segala bentuk tantangan. 

Jepang telah meningkatkan anggaran belanja pertahanan dan kemampuan untuk melakukan serangan balasan. Efek getar yang kuat sangat diperlukan mengingat ketidakpastian keamanan menyeruak di Asia Timur. 

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memuji langkah Jepang tersebut. Ia menyebutkan upaya Jepang sangat baik dan AS akan mendukungnya dalam membangun kekuatan pertahanan Negeri Sakura.

Para menteri kedua negara tersebut sepakat untuk menata kembali sebagian rencana bagi pasukan AS yang ditempatkan di Jepang.

Mereka juga membahas tindakan Tiongkok yang diklaim mengganggu tatanan internasional. Jepang dan AS menyatakan menentang keras upaya Beijing untuk secara sepihak mengubah status quo di Laut Cina Timur.

(RM – Yana) 

Scroll to Top