SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Rekomendasi Vitamin Anak untuk Bantu Tumbuh Kembangnya

Bagikan:

AshefaNews – Bunda masih bingung mencari vitamin anak untuk membantu tumbuh kembangnya? Tentunya Bunda menginginkan yang terbaik untuk buah hati, makanya tak ingin asal untuk memilih vitamin anak. Sebab vitamin bagus untuk menunjang kesehatan anak. 

Ada berbagai vitamin anak yang bisa membantu tumbuh kembang anak. Cara yang terbaik supaya anak memperoleh asupan vitamin yaitu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari. Namun, ada kalanya anak tidak mau makan sehingga kebutuhan vitamin tidak terpenuhi. 

Oleh karena itu Bunda wajib mempertimbangkan untuk memberikan vitamin bagi anak. Lalu, apa saja rekomendasi vitamin anak yang bagus untuk tumbuh kembangnya? Simak yuk pembahasan berikut ini.

Kapan Anak Membutuhkan Vitamin?

Bunda harus tau, tidak semua anak memerlukan vitamin tambahan. Tetapi, ada beberapa kondisi yang membuat anak membutuhkan vitamin tambahan seperti, ada riwayat alergi, mengalami anemia, riwayat diabetes, sedang menjalani pola makan tertentu (vegan atau bebas gluten), tidak mengonsumsi produk olahan susu.

Anak yang mengalami masa gerakan tutup mulut (GTM) perlu memperoleh vitamin tambahan yang direkomendasikan dokter. Karena, kondisi tersebut memungkinkan asupan makanan yang masuk dalam tubuh anak sangat berkurang. Sehingga, nutrisi menjadi tidak terpenuhi.

Oleh sebab itu, anak yang mengalami GTM mungkin memerlukan vitamin tambahan supaya tumbuh kembangnya senantiasa optimal. Bunda juga perlu memperhatikan alasan pemberian vitamin untuk anak. Jangan lupa berkonsultasi dengan. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat memberikan vitamin tambahan kepada anak.

Rekomendasi Vitamin Anak untuk Bantu Tumbuh Kembang

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa orangtua sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memberikan vitamin kepada anak. Apabila dokter mengizinkan, berikut ini rekomendasi vitamin anak yang bisa Bunda pilih.

1. Blackmores Koala Kids Body Shield

Blackmores Koala Kids Body Shield terdapat vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin tersebut, berisi 60 tablet kunyah dan diperkaya rasa jeruk yang enak. Selain itu terdapat pemanis alami xylitol, yang disukai oleh anak-anak.

Kemudian, diperkaya dengan vitamin A, C, D3, E, dan zinc, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih baik. Vitamin ini bebas kandungan gula pasir sehingga aman untuk kesehatan gigi anak.

2. Sangobion Kids 100ML

Sangobion Kids yaitu multivitamin penambah darah yang dapat dikonsumsi oleh anak berusia 2-12 tahun. Berbentuk sirup dengan banyak varian rasa buah yang disukai oleh anak. Vitamin ini bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Jadi, hanya anak-anak yang mengalami kurang darah saja.

Vitamin anak yang satu ini bisa diserap tubuh dengan baik dan tidak menimbulkan gigi kuning. Suplemen kesehatan terdapat 30 mg elemental iron yang memenuhi kebutuhan zat besi harian untuk anak. Selain itu, Sangobion Kids juga terdapat vitamin C sehingga membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Terdapat zat gizi lainnya, seperti vitamin B1, B2, B6, B3, dan biotin.

3. Imboost Kids Syrup

Vitamin untuk anak yang bagus selanjutnya  Imboost Kids sirup. Berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. Bersifat imunostimulan, menjaga supaya anak tidak mudah sakit. Terdapat Echinacea purpurea herb dry extract dan Zn Picolinate bekerja untuk mengaktifkan sistem imunitas tubuh. Menjadikan tubuh anak lebih kuat menahan serangan virus. Imboost Kids bisa dikonsumsi setelah makan.

Vitamin ini hanya bisa dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun keatas. Selain itu, tidak boleh dikonsumsi oleh penderita multiple sclerosis, penyakit kolagen, leucosis, TBC, AIDS, dan penyakit autoimun.

4. Seven Seas Kids Multivitamin 100ml+B6

Vitamin anak yang mendukung tumbuh kembang anak, Bunda bisa memilih Seven Seas Becombion Syrup. Dikonsumsi untuk anak diatas 1 tahun. Multivitamin anak diperkaya dengan vitamin B-kompleks, rasa tutti frutti yang segar banyak disukai anak. 

Vitamin ini dibuat dari bahan dan komposisi alami. Kandungan vitamin yang ada seperti B1, B2, B3, B5, B6, dan B12 mampu membantu pertumbuhan tubuh anak. Bunda bisa memberikan vitamin tersebut bersamaan dengan makanan. Supaya, tubuh anak mampu menyerap dengan lebih baik.

5. Stimuno Syrup

Vitamin anak ini mampu menjaga kekebalan tubuh, bisa dikonsumsi untuk anak usia satu tahun lebih. Tak hanya itu, orang dewasa pun bisa mengonsumsi vitamin aman setiap hari. Stimuno Syrup terbuat dari ekstrak tanaman Phyllanthus niruri (Meniran) yang terstandarisasi dan sudah melalui berbagai uji klinis. 

Vitamin ini mampu merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi. Anak-anak tentunya menyukai rasa dari vitamin ini. 

6. Holisticare Ester C Kids

Vitamin ini nonacidic vitamin C, hesperidin (ekstrak bioflavonoid), dan kalsium. Tentunya vitamin ini membantu memelihara kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh anak. Vitamin ini berbentuk kapsul bisa langsung dihisap atau dikunyah oleh anak.

Bunda tak perlu khawatir, sebab suplemen ini tidak bersifat asam. Ada pemanis xylitol yang memelihara kesehatan gigi anak. Vitamin ini aman untuk anak, tidak mengandung indikasi alergi seperti jagung, gandum, telur, susu maupun bahan pengawet. 

7. Vidoran Gummy Multivitamin

Vidoran Gummy Multivitamin  berbentuk seperti permen gummy yang mudah dikonsumsi oleh anak.

Vidoran gummy mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C.

Mengonsumsi vitamin ini, membantu menjaga dan meningkatkan imunitas dengan menjaga proses metabolisme tetap lancar. Vitamin ini, mempunyai rasa yang lezat dan disukai anak-anak.

8. ABC Tablet

Sakatonik ABC terdapat multivitamin, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, D, dan E. Vitamin bisa dikonsumsi untuk anak di atas usia 12 tahun. Vitamin anak tersebut, tersedia dalam bentuk tablet hisap dengan rasa buah.

Selain itu, vitamin tersebut membantu menjaga kesehatan, memenuhi kebutuhan vitamin untuk tumbuh kembang masa penyembuhan. 

9. Curcuma Plus Grow Emulsion Syrup

Curcuma Plus Grow Emulsion terdapat multivitamin lengkap dan kandungan cod liver oil yang baik untuk perkembangan otak anak. Vitamin anak ini berbentuk sirup rasa jeruk yang disukai anak, dan bisa dikonsumsi untuk anak usia 6 bulan ke atas. Vitamin anak ini, bermanfaat untuk mendukung daya tumbuh kembangnya.

10. Gummy Multivitamin

Vitamin anak ini, dikonsumsi bisa dengan cara dikunyah secara langsung karena bentuk gummy. Terda aneka rasa buah, seperti  buah stroberi, jeruk, apel, blackcurrant, persik, dan lemon. Diperkaya dengan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B7, B12, C, D, dan E, serta mineral.

Vitamin anak ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh anak. 

Jenis Sumber Vitamin untuk Anak

Bunda juga harus mengetahui sumber vitamin untuk anak yang menyehatkan. Berikut ini pembahasan mengenai berbagai sumber vitamin untuk anak. 

1. Vitamin A

Vitamin A penting sekali untuk kesehatan kulit,  membantu memelihara penglihatan dan perbaikan jaringan tubuh. Sumber vitamin A dengan jumlah banyak bisa ditemukan pada sayuran kuning dan jingga seperti wortel, produk susu, dan hati.

2. Vitamin B

Vitamin B yaitu vitamin untuk anak yang penting dalam membantu memproduksi sel darah merah dan proses metabolisme tubuh. Vitamin B terdapat pada daging, unggas, ikan, kedelai, susu, telur, biji-bijian, roti dan sereal.

3. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat mempercepat proses penyembuhan dan melawan infeksi. Vitamin C juga berguna untuk memperkuat jaringan, otot, dan kulit. Vitamin C bisa ditemukan di buah jeruk, stroberi, tomat, sedangkan di sayuran seperti kentang, kecambah, bayam, dan brokoli.

4. Vitamin D

Vitamin D berguna untuk  mempertahankan gigi dan tulang yang kuat,  membantu penyerapan mineral seperti kalsium. Vitamin D terdapat pada susu dan minyak ikan. Selain itu, sinar matahari juga cara memperoleh vitamin D. 

Tetapi, jangan menjemur anak dibawah matahari terlalu lama tanpa perlindungan SPF. Dianjurkan berjemur sekitar 10 hingga 20 menit. 

5. Zat Besi

Zat besi berguna dalam produksi darah dan pembentukan otot. Hal tersebut sangat penting untuk anak yang sedang masa pertumbuhan dan berkembang pesat.

Untuk anak usia 4-6 bulan perlu sekali memperoleh asupan zat besi sebab zat besi secara alami turun dalam ASI. Zat besi terdapat pada daging sapi, kalkun, ikan, kacang-kacangan, serta roti dan sereal.

6. Kalsium

Kalsium merupakan vitamin untuk anak yang penting sekali untuk pengembangan, pemeliharaan tulang dan gigi sehat. Apabila Bunda ingin memaksimalkan pembentukan tulang maka konsumsi kalsium dan vitamin D. 

Apabila anak kurang mengonsumsi kalsium maka mempengaruhi pertumbuhan tulang, sehingga berakibat tulang lemah, rapuh, yang bisa menyebabkan osteoporosis.

Untuk memperoleh kalsium bisa didapatkan dari susu rendah lemak, sarden, yoghurt, keju, juga beberapa sayuran seperti brokoli.

KesimpulanDemikianlah informasi mengenai rekomendasi vitamin anak yang bagus. Apabila Bunda ingin memberikan vitamin anak harus memperhatikan dosis yang tertera pada kemasan. Bunda tidak boleh memberikan vitamin anak sembarangan. Jika berlebihan maka bisa berujung overdosis. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak ya Bunda.

Scroll to Top