SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Rekomendasi Dokter Kandungan Terdekat di Jabodetabek

Bagikan:

AshefaNews – Dokter kandungan atau yang biasa disebut dengan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi merupakan dokter yang dikhususkan dalam bidang kesehatan reproduksi wanita seperti menstruasi, kehamilan, persalinan, dan menopause. Maka dari itu, selain memeriksa kandungan pasien, dokter obgyn memiliki beberapa keahlian atau wewenang untuk mendiagnosis dan merawat pasien wanita dari segi usia dan profil, dari masa pubertas hingga dewasa.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai dokter kandungan, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Dokter Kandungan (Obgyn)

Obstetri dan ginekologi (obgyn) merupakan dua cabang ilmu kedokteran yang berbeda. Obstetri merupakan ilmu kedokteran yang fokus dalam mempelajari kehamilan dan persalinan. Sementara itu, ginekologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari seputar masalah pada reproduksi wanita. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan obstetri dan ginekologi, berikut ini penjelasannya.

Obstetri atau Kebidanan

Obstetri merupakan cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan perawatan medis dan bedah selama proses seorang pasien mengandung hingga melahirkan. Tugas utamanya meliputi pemeliharaan dan perawatan kesehatan pasien secara keseluruhan selama proses bersalin. 

Pada dokter spesialis obstetri ini memfokuskan dalam bidang kebidanan yang menangani semua aspek kehamilan, baik itu dari perawatan prenatal hingga perawatan pasca melahirkan. Dokter spesialis obstetri juga dapat memberikan konsultasi mengenai program hamil dan perawatan infertilitas. Berikut ini beberapa pelayanan dari ahli obstetri, meliputi:

  • Melakukan pemeriksaan terhadap masalah kesehatan pada kehamilan atau masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi seperti tekanan darah tinggi, diabetes, risiko infeksi hingga kelainan genetik.
  • Memantau kondisi perkembangan janin dengan melakukan pemeriksaan rutin tes USG.
  • Membantu dalam mengatasi berbagai keluhan masa kehamilan, seperti morning sickness, sakit punggung dan kaki, dan lain sebagainya.
  • Menangani masalah mengenai proses persalinan yang disertai komplikasi seperti pendarahan pada saat atau setelah persalinan, sepsis, ruptur uteri, kelahiran prematur, preeklampsia, hingga solusio plasenta.

Ginekologi

Ginekologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada kesehatan tubuh dan reproduksi wanita, mulai dari masa pubertas hingga dewasa. Pada keahlian atau bidang ginekologi, dokter dapat melakukan diagnosis atau wewenang mengenai pengobatan dan perawatan sistem reproduksi wanita yang termasuk vagina, rahim, ovarium serta saluran tuba. Selain itu, dokter spesialis ginekologi dapat melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang berhubungan dengan payudara wanita, termasuk pada prosedur mamografi untuk mendeteksi dini risiko kanker payudara. Berikut ini beberapa pelayanan dari ahli ginekologi yang meliputi:

  • Masalah yang berhubungan dengan indung telur atau tuba falopi seperti PCOS, endometriosis, kista dan sejumlah masalah lainnya.
  • Mengatasi masalah yang berhubungan dengan vulva dan vagina seperti vulvovaginitis, keputihan, perdarahan non menstruasi.
  • Mengatasi masalah yang berkaitan dengan menstruasi, seperti menstruasi tidak teratur, gejala PMS yang berlebihan hingga menopause.

Jenis Sub Spesialis Obgyn

Beberapa obyn memiliki satu atau lebih subspesialis (konsultan) yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis sub spesialis obgyn:

Fetomaternal (Sp.OG-KFM)

Pada subspesialis fetomaternal memiliki wewenang untuk merawat pasien dengan kehamilan yang berisiko tinggi dan memiliki kondisi medis terkait. Dokter dengan subspesialis ini bergelar sebagai Sp.OG-KFM yang dapat memberikan konsultasi pada kehamilan yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi kronis, keguguran berulang hingga persalinan prematur. Selain itu juga, dapat mengatasi masalah diabetes gestasional dan gangguan pembekuan darah pada masa kehamilan.

Endokrin dan Fertilitas (Sp.OG-KFER)

Pada subspesialis endokrin dan fertilitas memiliki gelar sebagai Sp.OG-KFER yang berwenang mengatasi masalah medis terkait infertilitas dan kelenjar serta hormon dari sistem endokrin.

Ada beberapa prosedur yang dapat dilakukan oleh dokter subspesialis fertilitas dan endokrin berupa fertilisasi in vitro (VF) atau bayi tabung, inseminasi intrauterin/inseminasi buatan (IUI), suntik hormon hCG, dan lain sebagainya.

Onkologi Ginekologi (Sp.OG-(K).Onk)

Pada subspesialis onkologi ginekologi ini memfokuskan dalam mendiagnosis dan mengobati kanker pada sistem reproduksi wanita seperti kanker rahim, kanker serviks, ovarium dan vulva.

Uroginekologi dan Bedah Rekonstruksi Panggul

Ahli bedah ini berfokus pada perawatan wanita dengan gangguan saluran kemih. Dokter pad subspesialis ini juga berfokus pada gangguan otot dan jaringan ikat yang terletak pada bawah panggul wanita yang disebut sebagai dasar panggul. Dasar panggul ini dapat melemah akibat masa kehamilan, usia, atau kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, dokter spesialis ini menangani:

  • Inkontinensia urin atau tinja
  • Infeksi saluran kemih atau vagina
  • Buang air kecil secara berlebihan
  • Sakit kandung kemih
  • Prolaps organ panggul

Kondisi Medis yang Dapat Ditangani oleh Dokter Obgyn

Dalam melakukan konsultasi dengan dokter obgyn, ada beberapa kondisi medis yang memang dapat ditangani oleh dokter spesialis ini, meliputi:

  • Terdapat perubahan dalam siklus reproduksi seperti siklus menstruasi pertama
  • Memiliki masalah kesuburan, dokter obgyn bisa membantu dalam merencanakan program kehamilan yang tepat
  • Pemeriksaan kehamilan dan kandungan secara rutin
  • Pemeriksaan perimenopause dan menopause
  • Terjadi perubahan volume atau frekuensi perdarahan saat menstruasi
  • Mengalami kram yang tidak biasa
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Sakit saat berhubungan intim
  • Pengendalian kelahiran (KB), kontrasepsi atau sterilisasi
  • Mencegah dan mengobati infeksi menular seksual atau HIV
  • Mengalami keputihan yang tidak normal
  • Infeksi saluran kemih
  • Melakukan persalinan dan melahirkan
  • Melakukan tes dan skrining genetik
  • Konsultasi mengenai saran dalam menyusui
  • Konsultasi mengenai masalah depresi pasca persalinan.

Tips Memilih Dokter Spesialis Kandungan (Obgyn)

Ada beberapa tips untuk mencari dokter kandungan yang tepat untuk melakukan konsultasi, sebagai berikut:

  1. Cari Referensi

Sebelum menentukan datang ke dokter kandungan, ada baiknya untuk mencari tahu mengenai dokter obgyn atau dokter kandungan terkait dengan kebutuhan. Seperti untuk melakukan pemeriksaan rutin atau terdapat hal lain yang memang membutuhkan kekhususan dalam pemeriksaan. Dikarenakan, dalam dokter spesialis kandungan ini memiliki subspesialis yang berfokus pada keahlian tertentu.

Apabila sudah mengetahui kebutuhan pemeriksaan, maka dapat memilih referensi dokter obgyn berdasarkan rekam jejaknya. Rekam jejak ini bisa didapat dari saran teman atau keluarga yang pernah berkonsultasi dengan dokter obgyn tersebut. Selain itu, bisa dicari melalui website atau forum-forum online mengenai profil dokter obgyn tersebut.

  1. Dokter Obgyn yang Komunikatif

Adanya komunikasi yang baik sangat membantu dalam melakukan konsultasi pada dokter kandungan. Sebaiknya, pilih dokter obgyn yang komunikatif dan bersedia dihubungi setiap saat bilamana terjadi kondisi darurat. Serta dokter yang dapat menjelaskan sebuah pertanyaan dengan cara yang mudah dipahami. Kemudahan dan kenyamanan dalam berkonsultasi ini sangat diperlukan.

  1. Keputusan yang Diambil Dokter

Perhatikan setiap keputusan yang diambil oleh dokter dan sebaiknya untuk mengevaluasi dari setiap hasil pertemuan dengan dokter. Jika, ada ketidaksetujuan dalam kebijakan yang diambil, sebaiknya dibicarakan kembali agar sampai mempunyai sudut pandang yang sama.

Rekomendasi Dokter Kandungan Terdekat di Jabodetabek

Buat kamu yang lagi cari dokter kandungan atau klinik dokter kandungan terdekat berikut rekomendasi dari kami:

  1. Dr. Florencia Luthfi Agustina, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Lokasi: Rumah Sakit Ibu dan Anak Assalam (Cibinong, Bogor)

  1. Dr. Albert Doloksaribu, Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Lokasi: Rumah Sakit Bina Husada (Cibinong, Bogor)

  1. Dr. Roslina, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan 

Lokasi: Rumah Sakit Trimitra Bogor (Cibinong, Bogor)

  1. Dr. Erdwin Rakun Hasibuan, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Lokasi: RS. Pondok Indah 

Lulusan Universitas Indonesia

  1. Dr. Yassin Bintang Sp. OG-KFER

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan sub spesialis Endokrin dan Fertilitas

Lokasi: RS. Pondok Indah

  1. Dr. Azem Salim, Sp. OG-KFM

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan sub spesialis Fetomaternal

Lokasi: RS. Pondok Indah, Kebayoran Lama Jaksel

  1. Prof. Dr. Julianto Witjaksono As, Sp.OG (K)

Dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan 

Lulusan: University of Melbourne

Lokasi: RS. Premier Jatinegara dan Siloam Hospital Kebon Jeruk

  1. Dr. Finna Hrdjono, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Lokasi: RSUD Cilincing, Bunda Sehat Kelapa Gading, Eka Hospital Bekasi

  1. Dr. Budi Maryanto Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Lokasi: RS Hermina Kemayoran, RS Antam Medika, RS Hermina Tangerang

  1. Dr. Arie Adrianus Polim, D.MAS, Sp.OG (K)

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan 

Lokasi: RSIA Family, RSIA Grand Family, Morula IVF Menteng

(GE – BUNGA)

Scroll to Top