SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Rekomendasi Deterjen Bayi yang Aman Untuk Kulit Bayi

Bagikan:

AshefaNewsBunda masih bingung memilih deterjen bayi yang tepat? Simak yuk pembahasan mengenai hal tersebut. Tentunya orang tua akan memilih perlengkapan untuk bayi yang aman untuk digunakan. Salah satunya pada pemilihan deterjen untuk membersihkan pakaian bayi. Sebab, bayi mempunyai kulit yang sensitif terhadap bahan kimia.

Oleh karena itu, penting sekali Bunda memilih deterjen untuk bayi terbaik dan aman bagi bayi supaya terbebas dari masalah kulit. Nah, berikut ini rekomendasi deterjen bayi yang aman untuk kulit bayi dan cara memilih deterjen bayi yang benar.

Cara Memilih Deterjen yang Aman Untuk Bayi

Deterjen menjadi bagian yang tidak terpisahkan ketika merawat kulit bayi yang sensitif. Deterjen berfungsi untuk membersihkan kotoran yang melekat pada pakaian bayi. Jadi, Bunda perlu sekali menggunakan deterjen bayi yang aman untuk kulit bayi yang sensitif. 

Menurut Dr Zain Husain, MD, FAAD, Pendiri New Jersey Center for Dermatology and Aesthetics mengatakan bahwa bayi mempunyai kulit yang sangat sensitif. Terutama karena kulit dan sistem kekebalannya belum sepenuhnya matang. Kulit bayi bereaksi terhadap berbagai bahan kimia yang terkandung dalam deterjen.

Jadi, bagaimana solusinya untuk memilih deterjen bayi yang aman? Menurut penelitian Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing  hasil dari uji coba acak terhadap deterjen bayi dan deterjen untuk keluarga, tidak bisa mendeteksi perbedaan apapun. 

Sebab, secara teknis fungsinya sama untuk membersihkan dan sudah teruji klinis. Namun, Bunda juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih deterjen bayi. Diantaranya:

1. Memperhatikan kandungan pada deterjen bayi

Menurut Dr Amna, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin memilih deterjen bayi. Berikut ini perlu Bunda perhatikan:

  • Hypoallergenic yaitu produk deterjen yang mengklaim bahwa menyebabkan lebih sedikit reaksi alergi daripada yang tidak diberi label
  • Tanpa pengharum
  • Bebas pewarna

Bunda lebih baik memilih deterjen dengan bahan dasar tumbuhan, karena cenderung tidak terlalu mengiritasi kulit dibandingkan berbahan kimia. Walaupun deterjen bayi alami masih menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi. Namun, lebih kecil kemungkinan mengiritasi kulit dibandingkan dengan deterjen yang mengandung bahan kimia. Selain itu, produk dari bahan alami yang terbaik untuk lingkungan.

2. Pencerah

Jika terdapat pencerah pada pakain, maka Bunda disarankan untuk tidak memilih deterjen ini. Sebab, bahan kimia yang membuat warna pakaian lebih cerah, akan tetap tertinggal di kain dan bisa menyebabkan reaksi seperti iritasi kulit.

3. Larutan pemutih berkonsentrat tinggi

Bunda juga perlu memperhatikan kandungan larutan berkonsentrasi tinggi. Jika menemukan kandungan seperti itu, disarankan Bunda tidak memilih deterjen tersebut. Karena pemutih untuk konsentrat level tinggi apabila digunakan dengan benar.

4. Deterjen bubuk

Bunda juga perlu menghindari deterjen bubuk. Walaupun aman, tapi bukan pilihan yang aman untuk bayi karena bisa mengiritasi kulit bayi.

Rekomendasi Deterjen Bayi

Bunda sudah mengetahui bahan yang boleh dan tidak boleh ada dalam kandungan deterjen bayi. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi deterjen bayi dari berbagai merk yang bisa Bunda pakai sebagai referensi yang tepat.

1. Rinso Gentle Deterjen

Deterjen ini hanya membutuhkan sedikit air supaya pakaian bebas noda. Deterjen ini menggunakan teknologi Smart Foam versi terbaru. Bunda hanya perlu menggunakan setengah jumlah air dari yang biasanya digunakan untuk mencuci baju. 

 Rinso Gentle Deterjen menjadi pilihan untuk Bunda yang mau menghemat air dan menghilangkan noda secara maksimal. Selain itu, diperkaya dengan pH yang rendah, deterjen cair konsentrat menjadi pilihan aman untuk menjaga kulit bayi dan anggota keluarga lainnya.

2. Cussons Baby Liquid Detergent 700mL

Deterjen Cussons Baby Liquid Detergent 700mL mempunyai aroma lembut khas bayi, cocok untuk Bunda yang menyukai wangi khas bayi. Deterjen ini diperkaya dengan ekstrak citrus alami berguna untuk menghilangkan noda tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.

Selain itu, deterjen ini mempunyai kandungan chamomile yang bermanfaat untuk menjaga pakaian tetap lembut. Deterjen bayi ini mampu melindungi kulit bayi karena mengandung pH seimbang dan tidak mengandung pemutih.

Deterjen ini terdapat formula antibakteri sehingga pakaian tetap higienis dan terbebas dari kuman. Cocok sekali untuk orang yang mempunyai kulit sensitif. 

3. Sleek Baby Laundry Detergent Botol 500ml

Sleek Baby sudah menjadi kepercayaan sebagai produk untuk membersihkan perlengkapan bayi, termasuk pakaian. Bunda tidak ragu lagi mengenai kualitasnya karena banyak konsumen yang puas dengan hasilnya. Deterjen tersebut terhadap formulasi antibakteri dan antijamur, sehingga pakaian bayi higienis dan bersih sempurna. Untuk harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan produk yang lain.

4. Pigeon Liquid Laundry Detergent 450ml Refill

Deterjen ini, cocok sekali bagi Bunda yang peduli akan keadaan lingkungan. Deterjen Pigeon terbuat dari bahan alami sehingga ramah lingkungan. Deterjen Pigeon bisa membuat pakaian bayi menjadi lebih bersih secara menyeluruh dan lebih wangi. Selain itu, telah teruji bebas Paraben sehingga aman untuk digunakan dengan mesin cuci maupun tangan.

5. Cycles Mild Laundry Detergent

Deterjen untuk bayi ini diklaim bebas SLES atau SLS, sehingga mampu membersihkan pakaian bayi dan  tetap melindungi kelembutan kulitnya. Selain itu, formulanya mempunyai nilai transmittance paling tinggi dibandingkan dengan deterjen lainnya. Jadi, deterjen bayi ini,  tidak meninggalkan residu dibandingkan dengan produk lainnya. Jadi, tidak ada partikel yang bisa mengiritasi kulit bayi.

6. Zwitsal Baby Fabric Detergent 750ml

Zwitsal Deterjen berbentuk deterjen cair yang lebih mudah saat Bunda mencuci pakaian bayi. Deterjen bayi ini tidak ada zat kimia atau aditif yang membahayakan kulit bayi. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir untuk memakainya, sebab produk Zwitsal sangat aman, bahkan ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

7. Baby Max Baby-safe Detergent

Walaupun berbahan dasar alami deterjen bayi ini mempunyai teknologi canggih yang efektif melindungi kulit bayi. Deterjen ini terbuat dari bahan alami. Karena tertera dalam kemasan dengan label HomeFree. Label tersebut menandakan, jika produk terbebas dari paraben, pewarna, enzim, SLS, dan formalin.

Deterjen bayi ini bekerja secara maksimal dengan teknologi anti bakteri dan Color Defender. Sehingga pakaian bayi tetap bersih dan cerah. 

8. PUREBB Laundry Liquid Refill 450ml

Deterjen bayi ini sudah teruji secara klinis. Dalam kemasannya terdapat label SLS free atau Sodium Lauryl Sulfate yakni molekul yang ada pada kain memungkinkan proses pembersihan menjadi lebih maksimal. SLS berfungsi untuk membersihkan kotoran dengan baik. Namun mempunyai efek samping untuk kesehatan karena bisa menyebabkan iritasi kulit, kulit kemerahan, dan keluhan lainnya.

Jadi, Bunda harus memilih deterjen bayi yang berlebel SLS free atau bebas SLS.

KesimpulanDemikianlah artikel ibu & anak yang memberikan informasi mengenai rekomendasi deterjen bayi yang aman untuk kulit bayi dan cara memilih deterjen yang aman. Bunda jangan lupa memperhatikan bahan dan kandungan deterjen sebelum membelinya. Utamakan kenyamanan untuk kulit bayi supaya terhindar dari iritasi.

Scroll to Top