SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Realita Susu Formula Organik untuk Bayi, yang Perlu orang Tua

Bagikan:

AshefaNews – Susu terbaik untuk si kecil yaitu Air Susu Ibu (ASI). Namun, pada prosesnya ada saja faktor yang membuat produksi ASI tidak lancar, entah karena fisik atau psikis. Sedangkan, buah hati tetap membutuhkan asupan susu. Sebagai alternatifnya dengan memberi susu formula. 

Lalu apa realita tentang susu formula organik? Susu formula organik biasanya mengandung zat aditif seperti DHA, ARA, Prebiotik, Probiotik, Protein, mengandung asam lemak yang seimbang. Apabila Bunda ingin memberikan susu formula organik untuk buah hati, simak yuk informasi berikut ini.

Realita Tentang Susu Formula Organik untuk Bayi

Dilansir dari Organic Trade Association, memilih susu formula organik merupakan pilihan yang tepat bagi orang tua yang meminimalkan paparan residu pestisida dan bahan kimia berbahaya untuk buah hati.

Hal tersebut dipicu karena meningkatnya rasa khawatir mengenai sumber makanan yang berpotensi terdapat bahan kimia. Untuk susu formula organik, terbuat dari bahan organik yang bersertifikat dan alat bantu pengolahan.

Susu formula organik bebas GMO dan sudah berstandar berdasarkan badan National Register of Permitted and Prohibited Materials. Dalam susu formula organik tidak lagi ditemukan beberapa bahan seperti rasa, pengawet dan zat tambahan lainnya. Berikut ini realita Tentang Susu formula organik, yang wajib Bunda tahu dan dipertimbangkan tepat atau tidak untuk buah hati. 

Kandungan susu formula organik

Secara garis besar kandungan pada susu formula organik itu berbeda-beda. Oleh sebab itu, Bunda harus membaca komponen terlebih dahulu untuk memastikan Bunda nyaman dengan bahan-bahan didalamnya. 

Sebagian besar susu formula organik berbahan dasar susu sapi, tapi ada beberapa yang dibuat dengan susu kedelai dan kambing. Kandungan dalam susu formula organik yakni zat adiktif seperti:

  • DHA
  • ARA
  • Prebiotik
  • Probiotik
  • Protein 

Belum tentu lebih baik dibandingkan susu formula lainnya

Dilansir Nutrients Journal, bahan-bahan yang digunakan dalam produk organik belum tentu lebih bagus daripada susu formula lainnya. Misalnya, bahan pada susu formula organik menggunakan glukosa dan sirup jagung sebagai sumber karbohidrat.  Hal tersebut, untuk menggantikan laktosa yang merupakan sumber karbohidrat ASI.

Selain itu kandungan minyak kelapa biasanya dijadikan sumber lemak untuk susu formula organik. Sedangkan susu formula menggunakan karbohidrat dan lemak berkualitas jauh lebih baik seperti laktosa, minyak bunga matahari. 

Bunda juga harus memperhatikan bahwa susu formula organik bukan berarti semua bahan alami.

Menurut Food and Drugs Administration (FDA), mengatakan bahwa semua susu formula diwajibkan untuk mempunyai nutrisi dan pengawet tertentu yang hanya bisa dibuat secara sintetis seperti:

  • Lutein
  • Likopen
  • Nukleotida
  • Taurin
  • L-carnitine

Mengandung asam lemak sehat yang seimbang

Menurut Studi dari British Journal of Nutrition menemukan bahwa ada perbedaan kandungan nutrisi susu formula organik dengan susu non-organik. Berikut ini hasil penelitian mengenai kandungan nutrisi dari susu formula organik:

  • Mengandung 56% lebih banyak asam lemak omega 3
  • Mengandung 69% lebih banyak asam alfa-linoleat
  • Mempunyai perbandingan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang seimbang

 omega 3 dan alfa-linoleat yaitu nutrisi yang dibutuhkan oleh sel dalam tubuh. Terutama sel-sel yang bertanggung jawab pada perkembangan otak anak.

 Senyawa tersebut, membantu memproduksi hormon yang mengatur pembekuan darah, relaksasi dinding arteri, kontraksi dan mencegah terjadinya peradangan. 

Semuanya berperan untuk menurunkan berat risiko terkena penyakit lupus, jantung, stroke, eksim dan rheumatoid arthritis (rematik)

Membantu penyerapan zat gizi dalam tubuh anak

Tingginya kandungan zat besi dan prebiotik galacto-oligosaccharide (GOS) dan fructooligosaccharide (FOS) pada susu formula organik mencegah gangguan pada pertumbuhan anak. 

Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan penyaluran oksigen di tubuh anak, sehingga kemampuan motorik anak meningkat.

Sedangkan FOS dan GOS mampu meningkatkan daya tahan saluran pencernaan sehingga penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal.

Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi

Nutrisi pada susu formula organik jauh lebih tinggi seperti kalsium, vitamin D, dan vitamin K.A. Apabila kebutuhan kalsium anak terpenuhi maka anak mempunyai tulang yang kuat hingga dewasa, sehingga membuatnya tumbuh tinggi.

Vitamin D membantu penyerapan kalsium, sehingga bagus untuk untuk kekuatan gigi.

Vitamin K bermanfaat untuk memproduksi darah dan menghambat pendarahan berlebihan, sehingga mencegah luka memar apabila anak mengalami cedera ringan. Jadi  tiga kandungan tersebut membuat perkembangan tubuh pada anak sesuai dengan tahap pertumbuhannya.

Bebas antibiotik dan hormon tambahan

Pada umumnya susu formula organik bebas dari antibiotik dan hormon yang berlebihan. Sedangkan pada susu formula non-organik diambil dari sapi yang diberi suntikan antibiotik. Pemberian antibiotik bertujuan untuk mencegah mastitis, yakni infeksi pada jaringan kelenjar susu. Sedangkan untuk penyuntikan hormon dilakukan supaya produksi susu sapi menjadi lebih banyak.

Sementara itu, pada susu formula organik sapi tidak diberi antibiotik dan hormon tambahan. Sebab, produsen lebih selektif dalam mengamati kondisi hewan ternaknya. Apabila sapi atau kambing membutuhkan antibiotik, maka hewan tersebut akan diambil dan tidak digunakan untuk menghasilkan susu. 

Harga susu formula organik untuk bayi

Sama halnya dengan makanan organik dan barang lainnya, susu formula organik dihargai dengan harga tinggi dibandingkan dengan susu formula biasa.

Karena harganya yang mahal, beberapa orangtua lebih memilih untuk membuat susu formula organik di rumah. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), hal tersebut tidak aman untuk dilakukan. 

Jadi, apabila harga susu formula organik jauh lebih mahal untuk dibeli, jangan sekali-kali mempengaruhi Bunda untuk memberikan makan pada buah hati. 

Tips memilih susu formula organik untuk bayi

Ada berbagai merek susu formula organik di pasaran. Begitupun perusahaan yang tetap terus menyempurnakan kualitas bahan untuk bersaing. Kandungan yang dimiliki susu formula organik untuk bayi bagus untuk membantu tumbuh kembangnya.

Oleh sebab itu, Bunda harus membaca tabel kemasan susu untuk menyesuaikan kebutuhan bayi. Bunda bisa mencoba beberapa untuk diberikan pada bayi dan melihat cocok atau tidak. Bunda juga harus memperhatikan beberapa kandungan yang harus dimiliki susu formula organik seperti:

  • Prebiotik
  • Omega 3 dan 6 untuk perkembangan otak yang sehat dan fungsi kekebalan tubuh
  • Berbagai vitamin dan mineral

Kelebihan susu formula organik tidak ada pestisida atau transgenik, yang memberikan manfaat plus untuk bayi.

Rekomendasi Susu Formula Organik untuk Bayi

Bunda juga tidak perlu khawatir untuk memilih susu formula organik yang bagus untuk buah hati, sebab ada beberapa rekomendasi susu formula organik untuk bayi yang bagus untuk tahap tumbuh kembangnya. Simak yuk daftar susu formula organik berikut ini.

  1. Nature One Dairy 

Susu formula organik Nature One Dairy, mulai dari komposisi, produksinya, hingga pengelolaan pada ternak sapinya telah bersertifikat resmi. Semuanya lulus dari uji klinis dari berbagai pengawasan makanan dan minuman diantaranya, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Dairy Food Safety Victoria (DFSV) dan Australian Halal Authority & Advisers (A.H.A.A).

Selain itu, susu formula Nature One Dairy  sudah bersertifikat Australian Certified Organic. Begitupun di Indonesia yang sudah teregistrasi dan bersertifikat BPOM.

Susu formula organik Nature One Dairy diproduksi dari sapi grass-fed. Susu formula organik Nature One Dairy diproduksi dari sapi grass-fed yang diberi makan rumput secara alami tanpa suntikan hormon ataupun rekayasa genetik lainya. Susu sapi organik grass-fed terbukti kaya antioksidan, mineral dan nutrisi.

  1. Puregrow Organic

Susu formula organik Puregrow Organic dapat dikonsumsi pada anak yang berusia 1-3 tahun. Puregrow Organic memiliki kandungan, seperti:

  • Omega 3 organik
  • Omega 6 organik
  • DHA
  • FOS dan GOS organik
  • Sumber serat pangan
  • Kalsium
  • Vitamin D
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Protein
  • Kasein dengan rasio seimbang

Susu formula organik merk ini, dapat diberikan untuk anak yang sebelumnya terbiasa minum susu formula. Cocok yang sedang mengubah kebiasaan mengonsumsi susu bayi.

  1. Baby & Me Organic

Susu formula organik Baby&Me Organic tersedia dalam 2 varian yakni:

  • Baby&Me Organic First Infant Milk untuk bayi usia 0-6 bulan
  • Baby&Me Organic Follow-on Milk untuk bayi usia 6-12 bulan

Sama seperti susu formula organik pada umumnya yang tidak mempunyai gula tambahan di dalamnya, susu formula tersebut mempunyai kandungan seperti:

  • Omega 3 dan Omega 6 Organik
  • AA DHA – FOS dan GOS Organik
  • Zat besi
  • Kandungan vitamin dan mineral

Demikianlah pembahasan mengenai realita susu formula organik untuk bayi. Apakah Bunda tertarik untuk memberikan susu formula organik untuk buah hati? Tetap di ingat ya Bun, sebelum memberikan susu formula organik lebih baik konsultasikan dengan dokter anak.

(GE – FTY)

Scroll to Top