SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Manfaat Mengkonsumsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Bagikan:

AshefaNews – Kehamilan adalah sebuah momen spesial yang sudah banyak dinantikan para wanita setelah hari pernikahan mereka. Tak jarang yang harus menanti bertahun-tahun untuk mendapatkan momen ini. Bahkan, beberapa wanita harus menelan kepahitan karena tidak dapat merasakan kehamilan yang dirasakan wanita pada umumnya, karena beberapa kondisi tubuh sendiri atau pasangan. Maka, dari itu bersyukurlah para wanita yang bisa merasakan kenikmatan masa-masa kehamilan. 

Pada awal-awal masa kehamilan, beberapa wanita pasti mengalami mual, pusing, sensitif terhadap bau yang menyengat. Contohnya saja seperti bau parfum yang sangat wangi atau bau busuk seperti bangkai binatang dan sampah. Meskipun begitu, makan tetap harus menjadi kewajiban bagi ibu hamil demi pertumbuhan si kecil. 

Bagi wanita hamil, asam folat berperan aktif dalam perkembangan janin untuk membuat sel darah merah dan mencegah anemia akibat kekurangan asam folat. Asam folat sendiri adalah bentuk dari vitamin B9. Asam folat dipercaya dapat meningkatkan perkembangan otak dan motorik janin. Selain itu dapat mencegah cacat lahir pada janin. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) atau CDC yang berpusat di Amerika Serikat, mengatakan bahwa kebutuhan asam folat untuk ibu hamil sebesar 400 mcg atau 0,4 mg per hari. Jika sebelumnya anda pernah melahirkan bayi dengan cacat lahir, maka kebutuhan asam folat untuk kehamilan kedua anda harus melebihi dosis 0,4 mg per hari. Mengkonsumsi asam folat pun sebaiknya dilakukan sejak awal masa kehamilan sampai menjelang kelahiran sang buah hati. Asam folat dapat dikonsumsi melalui suplemen atau susu khusus ibu hamil dan juga melalui makanan. Perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi asam folat tidak boleh melebihi 1000 mg selama masa periode kehamilan, Terlalu banyak mengkonsumsi asam folat juga tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Beberapa efek samping dari dosis di atas 1000 mg adalah nyeri perut, diare, mual, mudah marah, perut bergas dan insomnia. Namun, jika anda kekurangan asam folat pun bukanlah hal yang baik. Anda akan mudah lelah, kulit pucat, detak jantung tidak teratur, anemia, sistem pencernaan terganggu sampai diare. 

Jika anda bingung memilih suplemen atau makanan yang mengandung asam folat yang tinggi, di bawah ini adalah beberapa jenis makanan dan suplemen yang dapat anda konsumsi. 

Sayuran Dengan Asam Folat Tinggi

Mengkonsumsi sayuran adalah hal yang sangat baik bagi perkembangan janin. Walau beberapa ibu hamil akan kesulitan memakannya karena rasanya yang hambar. Selain itu ada beberapa yang mungkin sejak awal tidak menyukai sayuran. Meskipun begitu, mengkonsumsi sayuran dengan kandungan asam folat yang tinggi dapat membantu janin bertumbuh jauh lebih baik. Berikut adalah beberapa sayuran yang mengandung asam folat yang dapat anda konsumsi:

  • Bayam

Bayam adalah sayuran yang sangat mudah didapatkan. Selain harganya murah, bayam juga tidak memerlukan banyak usaha untuk membuatnya menjadi makanan yang bisa disantap. Anda bisa membuat sayur bening atau mencampurnya dengan bahan sayuran lain seperti jagung. Selain mengandung asam folat, bayam juga mengandung vitamin B complex, thiamin, riboflavin dan pyridoxine. Selain itu bayam juga dapat menghindari bayi dari cacar lahir dan mengurangi kadar kolesterol. Sangat cocok untuk anda yang mungkin ingin diet sehat tanpa mengurangi asupan makanan. 

  • Kubis

Ada beberapa macam kubis yang terdapat di pasaran. Biasanya anda akan sering menemukan kubis putih dan kubis hijau. Namun, tak jarang juga ada kubis ungu. Perlu diketahui bahwa kandungan dalam kubis ungu dapat mencegah sel kanker. Selain makanan ini sehat dan bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan asam folat dan mineral di dalamnya, makanan ini adalah salah satu jenis yang cocok dikonsumsi perokok.

  • Asparagus

Asparagus adalah salah satu dari sekian banyak sayuran yang kaya akan vitamin dan asam folat. Beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya adalah, vitamin K, vitamin E dan vitamin C. Disamping itu terdapat antioksidan, selenium, seng dan mangan. Meski begitu asparagus sebaiknya tidak dikonsumsi secara terus-menerus dan berlebihan. Karena makanan ini dapat mengakibatkan asam urat. 

Selain ketiga jenis sayuran di atas,  beberapa sayuran lain seperti brokoli, seledri, selada dan buah bit juga mengandung banyak asam folat. 

Buah – Buahan Dengan Asam Folat TInggi 

Banyak ibu hamil yang tidak bisa lepas dari godaan buah saat hamil. Ada yang menyukai buah manis dan ada pula yang menyukai buah asam. Hal ini biasa terjadi pada trimester pertama, dimana nafsu makan berkurang karena sering mual. Untuk itu di bawah ini adalah beberapa buah-buahan yang akan sangat bermanfaat dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

  • Pisang

Pisang adalah buah yang mudah ditemukan dimana saja. Menanamnya pun tidak membutuhkan perawatan khusus. Kandungan di dalam buah pisang adalah yang paling kaya vitamin dan mineral serta sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jumlah asam folat pada buah pisang sebesar 6% dipercaya sudah cukup untuk kebutuhan ibu hamil selama beberapa hari.  Selain itu kandungan vitamin B6 pada buah pisang dapat membantu mengurangi pembengkakan pada ibu hamil. Pisang juga dapat meningkatkan sel darah  merah dan putih serta dapat mencegah semua gangguan pada saraf janin. 

  • Alpukat

Jika anda ingin merasakan kesegaran buah alpukat, anda bisa mengolahnya menjadi jus dengan campuran coklat batang yang di lelehkan. Selain itu anda juga bisa membuat salad dengan mencampur beberapa buah segar lainnya seperti pepaya, cerry, apel dan anggur. Jumlah asam folat dalam 100 gram buah alpukat pun mencapai 13% dan hal ini cukup baik untuk kesehatan ibu dan janin. Selain itu terdapat kandungan vitamin K, vitamin E, vitamin C dan  potasium serta folate. 

  • Melon

Buah melon sangat menyegarkan baik ketika dimakan tanpa buah lain atau dengan buah lain dan diolah dalam bentuk jus atau puding. Selain rasa yang menyegarkan, melon kaya akan vitamin dan nutrisi namun tidak memiliki kandungan lemak sama sekali. Selain kandungan asam folat, melon memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi resiko kanker. 

Daging Dengan Kandungan Asam Folat Tinggi 

Selain beberapa buah dan sayuran, makanan yang sangat kaya akan asam folat lainnya adalah daging. Asam folat dari ikan salmon adalah yang terbaik di antara banyak daging lainnya. Pada ikan salmon terdapat asam folat sebesar 87 mcg. Meskipun hidangan dengan ikan salmon sering disajikan mentah, namun untuk ibu hamil sangat disarankan memasaknya terlebih dulu, agar bakteri dan kuman yang terdapat pada ikan salmon tidak membahayakan janin dan sang ibu. 

Jenis daging kedua yang mengandung asam folat lainnya adalah hati ayam. Selain mengandung asam folat, hati ayam pun kaya akan protein dan lemak serta sodium. Meskipun begitu hati ayam tidak mengandung karbohidrat sedikit pun. Begitu pula halnya dengan kandungan yang terdapat pada kuning telur, baik itu telur ayam maupun bebek. Jika anda mual sampai kesulitan memakan apapun, cobalah untuk memakan telur rebus 2 butir ketika lapar. Anda juga bisa menambahkan dengan roti tawar dan daun selada. serta tomat. 

Demikianlah beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat yang tinggi, semuanya adalah bahan yang mudah didapatkan, jadi anda tidak perlu cemas apabila tidak dapat mengkonsumsinya ketika berapa pada fase kehamilan. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa cek tips ibu dan anak lainnya untuk menambah wawasan Anda.

(GE – RNY)

Scroll to Top