SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Makanan Penambah Nafsu Makan Anak yang Mudah Ditemukan

Bagikan:

AshefaNews:Bunda masih bingung karena anak tidak nafsu makan? Jangan khawatir yang Bunda ada banyak makanan penambah nafsu makan yang mudah ditemukan. Bunda juga harus tahu penyebab apa anak nafsu makannya menurun? 

Tentunya beragam, ada anak yang mengalami kondisi picky eater yakni kondisi anak yang lebih suka memilih jenis makanan tertentu dan menolak yang lainnya. Kemudian, anak yang mengalami GTM sehingga tidak memperoleh nutrisi yang optimal. Kebiasaan makan makanan dengan tunggu gula. Kondisi seperti inilah yang perlu Bunda perhatikan dengan cara memberikan makanan penambah nafsu makan anak. Simak yuk pembahasan mengenai makanan penambah nafsu makan anak berikut ini. 

Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Tantangan untuk Bunda pada anak saat sulit makan dan melakukan gerakan GTM. Padahal, gizi dari makanan berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Orangtua perlu menyajikan asupan yang tepat. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan penambah nafsu makan anak. 

  1. Jahe

Rempah yang satu ini mampu melegakan masalah pencernaan, seperti perut kembung, mual ataupun muntah. Masalah pada pencernaan bisa menjadi penyebab anak kurang nafsu makan.

Bunda bisa menyajikan jahe ini sebagai bumbu dalam sup ayam, sayuran tumis, atau dalam bentuk minuman dicampur dengan air dan madu. 

  1. Yoghurt

Yoghurt salah satu makanan penambah nafsu makan anak, sebab mengandung tinggi probiotik. Kandungan tersebut bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Yoghurt kaya kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. 

Apabila Bunda ingin memberikan yoghurt pada anak, sebaiknya memilih rasa yang tawar (plain) dengan kandungan gula yang rendah. Bunda bisa mengkreasikan yoghurt tersebut dengan potongan buah yang manis. 

  1. Minyak Ikan

Supaya anak mau makan bunda bisa memberikan minyak ikan. Omega 3 yang ada dalam minyak ikan berperan dalam menurunkan rasa kenyang sesudah makan dan meningkatkan nafsu makan. Minyak ikan sangat baik untuk pertumbuhan otak anak. 

  1. Kacang-kacangan

Bunda bisa memberikan kacang-kacangan pada anak saat tak nafsu makan. Sebab kandungan zinc pada kacang bisa meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, kacang mengandung tinggi asam lemak, protein, vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan anak. 

  1. Kentang

Penyebab anak kurang nafsu makan karena bosan dengan jenis dan bentuk makanan yang itu saja. Bunda bisa mencoba mengkreasikan makanan untuk menambah nafsu makan anak.

Misalnya mengganti sumber karbohidrat dari nasi menjadi kentang. Kentang mengandung zinc, walaupun sumber terbanyaknya dari daging. Anak yang kekurangan zinc akan mengalami perubahan selera dan nafsu makan. Kandungan zinc pada kentang bisa meningkatkan nafsu makan pada anak. 

  1. Wortel

Wortel berguna sebagai sumber vitamin dan serat yang bagus untuk kesehatan anak. Wortel menjadi makanan penambah nafsu makan anak. Bunda bisa menghidangkan wortel dalam bentuk sup atau jus buah pada anak. Pemberian jus pada anak bisa dilakukan setengah jam sebelum makan. Sebab wortel mampu merangsang rasa lapar dan mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan.  

  1. Alpukat

Buah alpukat ukuran yang sedang 68 gram terdapat sekitar 109 kalori. Artinya ada 160 kalori per 100 gram alpukat. Selain itu, alpukat padat nutrisi ada 20 jenis vitamin, mineral dan lemak jenuh. Alpukat mempunyai rasa gurih yang banyak disukai anak. 

Oleh sebab itu alpukat menjadi penambah nafsu makan anak. Bunda bisa menyajikan alpukat dengan bentuk potongan sebagai cemilan atau dijadikan jus. 

  1. Sereal

Untuk mempertahankan berat badan anak, Bunda tidak boleh melewati sarapan yang sehat. Sarapan, bisa menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan nafsu makan. Bunda bisa menyediakan sereal untuk sarapan anak. Sereal yang disarankan tidak mengandung  gula tambahan dan terbuat dari biji-bijian utuh. Barley, quinoa, , barley, quinoa,  multigrain, dan millet. Sereal bisa dicampur dengan susu formula, UHT, atau ASI.

  1. Daging-dagingan

Daging-dagingan misalnya daging sapi, ayam, dan ikan mengandung banyak zat besi. Zat besi dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan anak. Apabila anak kekurangan zat besi maka nafsu makannya akan berkurang. Selain itu, zat besi bagus untuk perkembangan otak dan pembentukan sel darah merah. 

  1. Bayam

Bayam mengandung zinc yang diperlukan oleh anak. Selain itu, bisa membantu menambah nafsu makan anak. Zink berperan penting pada pengobatan misalnya ADHD, tinnitus, cedera kepala kritis, sindrom Down, dan gangguan makan seperti anoreksia nervosa

  1. Apel dan Pisang

Buah apel dan pisang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan anak. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu anak untuk lebih lahap makan. Selain itu, ada buah lainnya yang mampu meningkatkan nafsu makan anak seperti jeruk, pir, anggur, ceri dan stroberi. Buah-buahan tersebut bisa Anda berikan sebagai cemilan sehat anak. 

  1. Madu

Anak usia diatas 1 tahun bisa mengkonsumsi madu. Selain rasanya yang manis dan lezat, madu bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Oleh sebab itu, Bunda bisa menyajikan madu sebagai pelengkap menu makan harian. Misalnya dengan menuangkan madu sebagai topping pancake, mencampur dengan roti gandum dan lainnya. 

Menurut Studi dari Saudi Journal of Biological Sciences mengatakan bahwa madu mampu memenuhi kebutuhan kalori total anak per harinya. Madu mampu memberikan energi penuh terutama saat anak sedang susah untuk makan banyak. Selain itu, mempunyai antioksidan yang meningkatkan sistem imunitas anak. 

  1. Nasi merah

Nasi merah memberikan energi, protein, vitamin B, dan mineral untuk perkembangan tubuh anak. Oleh sebab itu, nasi merah sebagai asupan meningkatkan nafsu makan anak. Mengkonsumsi nasi merah bisa membuat anak semakin berenergi. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah lebih bergizi. Karena nasi putih kehilangan sebagian besar vitamin dan mineral penting selama pemrosesannya.

Selain itu, nasi merah mempunyai nilai indeks glikemik lebih rendah dibandingkan nasi putih. Tidak membuat kadar gula darah anak cepat naik, serat alami dalam nasi merah mampu menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, mengurangi risiko diabetes.

  1. Makanan favoritnya

Hal yang paling penting yaitu menanyakan makanan yang disukai anak. Bunda perlu menyajikan makanan favorit anak sebagai menu untuk menambah nafsu makan. Rasa makanan yang enak berperan penting supaya anak lahap saat makan.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan penambah nafsu makan anak yang mudah didapatkan. Perlu diingat ya Bunda, penting sekali untuk memberikan anak makanan bergizi lengkap dan seimbang. Selain itu, pola makan anak juga harus diperhatikan. Pastikan jadwal makan anak teratur, variasikan menu makanan, hingga tidak ada paksaan dan distraksi (televisi, gadget, dll) ketika makan. 

Scroll to Top