SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Mengenal Berbagai Jenis Pisau Dapur dan Manfaatnya

Bagikan:

AshefaNews – Apakah Kamu kebingungan tentang pisau dapur seperti kebanyakan orang? Atau tidak yakin bagaimana cara memanfaatkan pisau-pisau lain di laci dapur? Artikel ini akan memberikan penjelasan pada Anda tentang jenis pisau dapur dan manfaatnya yang berbeda-beda.

Ada banyak jenis pisau dapur, seperti pisau koki, pisau tomat, pisau roti, pisau santoku, pisau ukir, pisau utilitas dan pisau saku. Memahami berbagai jenis pisau dan kegunaannya adalah langkah awal untuk menggunakannya seperti seorang chef.

Anda mungkin bingung memikirkan gunanya memiliki begitu banyak pisau dapur yang berbeda. Nah, setiap pisau memiliki tujuan kegunaannya sendiri dan dapat membantu dalam menciptakan hasil yang terlihat profesional di dapur. Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, simak terus artikel ini! 

Jenis Pisau Dapur dan Manfaatnya

Ketika berbicara tentang pisau, satu ukuran tidak cocok untuk semua kegiatan di dapur. Anda memerlukan pisau yang tepat untuk pekerjaan yang tepat jika ingin mendapatkan hasil yang profesional ketika memasak.

Itulah sebabnya kami telah membuat daftar ini untuk jenis pisau dapur dan manfaatnya. Jadi sebelum mulai memotong, pastikan Anda memiliki alat yang tepat untuk tugas yang sedang dikerjakan. Adapaun jenis-jenis tersebut, yaitu seperti: 

1. Pisau Koki

Pisau koki adalah pisau dapur yang paling serbaguna dalam hal memotong di dapur. Pisau ini multiguna dan dapat digunakan untuk memotong, mengiris, bakan memotong dadu hampir semua bahan makanan. Pisau koki berkualitas baik akan memiliki bobot yang tidak terasa terlalu berat dan memiliki pegangan yang baik. Selain itu, pisau ini harus memiliki mata pisau yang melengkung sehingga Anda dapat menggoyangkannya maju mundur saat menyiapkan bahan-bahan seperti bawang bombay atau bawang putih.

Penting juga untuk diingat bahwa pisau yang tajam adalah kunci dalam hal pisau koki. Pastikan mengasah pisau ini secara teratur, sehingga  bahan makanan tidak tergencet akibat pisau yang tumpul.

Pisau yang tajam juga penting untuk keselamatan. Karena pisau yang tumpul lebih mungkin tergelincir, yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Jadi, pastikan pisau dapur alias pisau koki selalu dalam kondisi prima dan tetap harus menggunakannya dengan hati-hati.

2. Pisau Tomat

Apa yang harus dilakukan ketika mengiris tomat? Apabila Anda belum pernah mencoba menggunakan pisau tomat, maka pasti akan kehilangan lebih banyak waktu saat melakukannya. Pisau tomat memiliki kepala genggam tajam yang fleksibel. Kepala pisau dapat diputar 180 derajat untuk membersihkan sisa buah tomat dengan cepat dan mudah. 

Dalam sekejap, Kita dapat memotong tomat dengan bentuk yang luar biasa sesuai keinginan. Hal ini membuat pisau tomat merupakan pilihan terbaik saat seorang Koki atau juru masak ingin mendapatkan hasil terbaik dalam memotong tomatnya di dapur restoran.

3. Pisau Roti

Meskipun mungkin sedikit tergoda untuk mengambil pisau koki untuk memotong roti, tapi percayalah kalau tindakan memotong roti dapat dilakukan dengan mudah apabila menggunakan pisau roti.

Seperti namanya, pisau ini dirancang khusus untuk memotong roti yang berkerak. Pisaunya memiliki mata pisau bergerigi dengan tepi bergigi yang dapat dengan mudah menembus permukaan yang renyah sambil tetap menjaga remah di dalamnya tetap utuh.

Pisau roti tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat dengan cepat memotong baguette, focaccia, dan bahkan roti sandwich yang lembut. Pisau ini menghasilkan irisan yang rapi dan rata yang tidak akan Anda dapatkan dengan jenis pisau lainnya.

Jadi, jika kesulitan untuk mendapatkan irisan sempurna dari roti yang baru dipanggang, segeralah beralih pada pisau roti berkualitas baik dan pastikan menjaganya agar tetap tajam. Ini akan berguna setiap kali akan memotong roti.

4. Pisau Santoku

Memotong sayuran tentunya tidak semudah yang dibayangkan terutama seperti pada restoran terkenal. Pisau santoku adalah pisau cukur sempit yang terdiri dari tiga sudut tajam. Pisau ini memiliki pegangang yang kuat, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menganilasi buah dan sayuran. 

Hal ini juga ideal untuk mengiris tomat dan paprika, atau untuk beradaptasi dengan gaya pemotongan khusus lainnya. Pisau ini dapat digunakan juga untuk empat jenis tugas seperti menggoreng, memotong halus, memotong wortel dan rahang. Bahkan, pisau Santoku sangat cocok untuk sebagian besar jenis makanan lainnya. Gunakan pisau ini untuk memotong ayam atau ikan dengan mudah.

5. Pisau Utilitas

Jenis pisau selanjutnya adalah pisau serbaguna Utilitas. Pisau ini bagus untuk tugas-tugas yang lebih kecil seperti mengiris keju, bumbu dapur, sayuran, dan daging. Pisau ini seringkali dilengkapi dengan pegangan ergonomis untuk memberikan kenyamanan dan kontrol yang baik. Beberapa pisau serbaguna mungkin memiliki ujung bergerigi, sementara yang lainnya memiliki ujung lurus.

Pisau-pisau ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, sehingga Anda dapat menemukan pisau yang paling sesuai. Pisau-pisau ini juga umumnya terjangkau dan hanya memerlukan sedikit perawatan selain mengasahnya sesekali.

Pisau Utilitas adalah pilihan yang tepat jika Kamu merasa perlu melakukan tugas-tugas kecil di dapur seperti mengupas buah dan sayuran atau memotong potongan kecil daging. Pisau ini nyaman, serbaguna, dan tidak memakan banyak ruang di laci dapur.

6. Pisau Ukir

Jenis pisau terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini adalah pisau ukir. Jenis pisau ini dirancang untuk membuat potongan yang bersih dan tepat melalui daging panggang atau ham yang besar. Pisau ini memiliki mata pisau yang tipis dan tajam yang dapat membantu memotong irisan tipis tanpa hancur berantakan. Jadi, jika ingin makan daging panggang yang dimasak secara merata atau ham yang diiris sempurna, maka pisau ukir adalah teman terbaik yang bisa dipakai..

Untuk mendapatkan hasil tingkat profesional dengan pisau ini, pastikan untuk menggunakan gerakan menggergaji yang lembut. Hindari memberikan tekanan yang tidak semestinya pada pisau dan berisiko merusak pekerjaan yang sedang dilakukan. Selain itu, usahakan irisannya setipis mungkin agar tidak mengering saat dimasak. Hal ini akan membuat daging panggang atau ham Anda tetap berair dan lembab.

7. Pisau Saku

Pisau saku adalah pisau lipat kecil yang dapat dengan mudah dibawa di saku. Banyak koki membawanya untuk berjaga-jaga saat memasak di kantong mereka. Pisau ini sempurna untuk memotong benda-benda kecil seperti keju atau buah. Hanya saja masih lebih jarang digunakan daripada pisau lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai jenis pisau dapur yang harus Anda miliki di dapur Anda dan untuk apa pisau-pisau tersebut paling baik digunakan. Ingat, penting untuk selalu menggunakan pisau yang tepat untuk tugas yang sedang dikerjakan, untuk menghindari cedera dan memastikan pekerjaan selesai dengan benar. Dengan sedikit latihan, Anda akan dapat menggunakan masing-masing pisau ini seperti seorang profesional!

(GE – Khanifa)

Scroll to Top