SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Memilih Kuda Pacu Ternyata Mudah, Ini Tipsnya

Bagikan:

AshefaNews – Pepatah Inggris kuno mengatakan: “Kuda yang baik tidak pernah memiliki warna yang buruk.” Dan memang demikian, karena saat memilih hewan peliharaan, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah parameter penting agar tak salah pilih. 

Memilih kuda pacu dengan benar akan memenuhi ekspektasi Anda dan dapat melakukan tugasnya dengan baik. Jika Anda membutuhkan kuda, pastikan untuk mempertimbangkan rekomendasi berikut ini.

Jenis Kuda yang Baik

Pertanyaan pertama saat membeli kuda menyangkut jenis atau ras. Itu bisa berupa kuda pacu, kuda harness ringan, kuda penarik, kuda pertunjukan, atau hanya kuda poni kecil. Jawaban atas pertanyaan tentang jenis atau ras bergantung pada tujuan pembelian: misalnya, kuda jenis trotter tidak dapat membawa beban karena tidak cukup kuat. 

Yang tidak kalah pentingnya adalah sifat hewan peliharaan itu. Kuda jantan biasanya keras kepala sehingga tidak dapat ditunggangi anak-anak. Kuda ini terlalu agresif. Seekor kuda muda dan tidak terlatih akan membutuhkan pelatih yang sabar. Dan jika calon pemilik adalah seorang pemula, maka kuda yang sudah terlatih akan cocok. 

Untuk Berkuda

Berkuda adalah salah satu tujuan populer ketika seseorang akan membeli kuda. Untuk tujuan olahraga pasti membutuhkan spek kuda yang paling sesuai dengan parameter olahraga. Karena itu, saat memilih ras kuda , ikuti aturan berikut:

  • Untuk hanya kesenangan berkuda, belilah kuda dari jenis ras apa pun.
  • Untuk dressage dan balap, Galloway Undersized, English Thoroughbred, dan trah lainnya cocok.
  • Kuda poni Welsh, kuda penarik, percheron, dan clydesdal cocok untuk kompetisi kuda penarik.
  • Kuda untuk ditunggangi : English Thoroughbred, Andalusia, Kabardian, Arabian, Akhal-Teke, Hanoverian, Ukraina, dan lain-lain.

Saat memilih ras kuda untuk olahraga, cari tahu semua tentang bagaimana kemampuannya dalam jenis kompetisi tertentu. Perhatikan lebih dekat bagaimana kuda berperilaku dan masalah apa yang mungkin dimilikinya. Jika Anda mengunjungi klub berkuda, berkonsultasilah dengan pelatih untuk meminta pendapatnya. Setelah mengevaluasi semua faktor, buatlah keputusan akhir tentang trah kuda tersebut. Kuda temperamental tidak cocok untuk balapan bagi pemula. Perlombaan akan meningkatkan level adrenalin, dan penunggang pemula berisiko tidak dapat mengendalikan kuda seperti itu.

Untuk Tali Kekang

Beberapa ras kuda memang sengaja dikembangbiakkan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pada prinsipnya, semua kuda bisa diajak melakukan tugas apa saja, tapi ada yang bisa melakukannya dengan lebih baik. Trah kuda tugas berat apa pun atau campurannya cocok untuk tujuan kuda tali kekang. Jika kuda akan digunakan dalam urusan pertanian, maka Anda perlu mengkorelasikan beban yang dibutuhkan dan kemampuan dari ras kuda itu. Ras kuda Trotter Oryol cocok untuk muatan ringan. 

Bagaimana Memilih Kuda yang Tepat

Menemukan kuda yang tepat bisa lama dan sulit. Setelah Anda memutuskan jenisnya, ada beberapa langkah yang masih harus dilakukan untuk memastikan. Berikut beberapa parameter yang harus diperhatikan :

Mencoba Menungganginya

Melakukan semacam test drive hewan peliharaan adalah hal penting. Hewan yang dipilih itu harus memahami dan menjalankan perintah dengan segera, tanpa syarat. Jika hubungan saling percaya tidak berkembang antara Anda dan kudanya, maka akan sulit bagi Anda untuk menenangkan ketidakpatuhan hewan peliharaan tersebut. Pastikan untuk “mengobrol” dengannya. Ketahui seberapa besar kepercayaan kuda kepada orang asing itu dan apakah ia akan mengikuti perintah Anda. Jalan-jalan bersama, lihat bagaimana dia bergerak.

Usia Kuda

Harapan hidup rata-rata seekor kuda adalah 30 tahun. Untuk pemula yang tidak memiliki pengalaman dengan hewan, kuda peliharaan berusia sekitar 7-8 tahun cocok untuk dipilih. Pada usia tersebut kuda sudah terlatih dengan baik, dan perilakunya akan bisa memberikan petunjuk kepada pemilik yang belum berpengalaman. Merawat kuda seperti itu dan berkomunikasi dengannya jauh lebih mudah.

Jika Anda merasa sulit untuk menentukan usianya, maka pelatih atau dokter hewan yang berpengalaman akan membantu Anda dalam hal ini. Usia ditentukan oleh keausan giginya. Hingga 15 tahun, permukaan gigi masih berbentuk segitiga, sementara pada kuda tua, gigi serinya memiliki bentuk oval memanjang. Sampai usia 4 tahun, seekor kuda dianggap sebagai anak kuda. Selama usia tersebut kuda akan terus berkembang.

Tinggi dan Berat Kuda

Ketinggian kuda harus sedemikian rupa sehingga Anda dapat duduk di atasnya tanpa bantuan. Berat pemilik juga penting. Jika berat hewan itu di bawah berat penunggang maka akan sulit baginya untuk menopang berat badan penunggang. Ketinggian optimal rata-rata kuda adalah 168–172 cm.

Penampilan dan Kesehatan Kuda

Kesehatan hewan peliharaan adalah salah satu poin terpenting saat membeli. Temperamen dan tingkat aktivitas masing-masing hewan bersifat individual, tetapi tanda-tanda kesehatannya sama diantaranya :

  • Bulunya bersih, dan berkilau;
  • Kulitnya halus, saat digerakkan, tidak ada bengkak yang terlihat;
  • Otot kuat;
  • Dada dalam, bentuk bulat teratur;
  • Lekukan punggung yang benar secara visual ditambah otot-otot yang lega dan croup yang miring;
  • Saat berjalan, alat kelamin kuda jantan tidak boleh terlihat;
  • Tidak boleh ada tanda-tanda proses peradangan atau luka yang jelas di mana pun;
  • Hewan itu menunjukkan minat pada orang atau benda yang tidak dikenal;
  • Selaput mata transparan;
  • Mata bersinar, jernih;
  • Semua selaput lendir bersih, merah muda;
  • Saat menekan selaput lendir, warnanya pulih dalam sedetik;
  • Pernapasan seimbang, tanpa mengi, batuk atau bersin;
  • Lubang hidung bersih, sedikit lembab, tanpa sekresi.
  • Usus kuda yang sehat dikosongkan sekitar 8 kali sehari. Kotorannya berbentuk bola, tidak terlalu kering. Warna feses tergantung dari makanan yang termasuk dalam menu makanan utama. Jadi, kehadiran tumbuhan hijau menambah warna hijau pada tinja. 
  • Otot-otot kuda Kakinya harus rata, dengan otot yang berkembang dengan baik, kukunya harus bebas dari retakan, dan cacat lainnya. Terlepas dari kenyataan bahwa kukunya terbuat dari protein, mereka pulih dari cedera selama lebih dari 9 bulan. Beberapa penyakit menular berbahaya juga dimulai dari kuku, jadi kondisinya yang sangat baik sangat penting dalam membuat keputusan pembelian.
  • Saat kuda berdiri, ekornya harus menggantung bebas. Jika kuda kesakitan, dia mencoba menggulung ekornya. Upaya untuk mendistribusikan berat badan pada tiga dari empat anggota badan juga akan menunjukkan rasa sakit dan adanya patologi.
  • Kuda dewasa yang sehat harus makan serat (jerami, rumput) per hari sebanyak 2% dari beratnya sendiri.
  • Gerakan harus ringan dan anggun. Gerakan paling lambat adalah berjalan, jadi kuda penarik sering bergerak. Langkah tersebut memungkinkan hewan menghemat energi dan memindahkan beban untuk waktu yang lama. Kuda bergerak dengan berlari, berjalan dan berpacu di kompetisi olahraga, saat berkuda, dll. Saat bergerak, mudah untuk melihat cacat pada anggota tubuh dan kuku yang tidak terlihat ketika diam. 
  • Karakter kuda dewasa adalah kualitas yang didapat. Itu tergantung bagaimana pemilik sebelumnya memperlakukannya. Jika kontak antara hewan dan 

pemiliknya tidak harmonis, maka sifat kuda menjadi keras kepala, agresif, dan gugup. Suka mengendarai kuda merupakan hobi yang jarang dimiliki oleh orang lain, oleh karena itu Anda perlu bergabung kekomunitas tersebut untuk memahami kuda.

(GE – HKM)

Scroll to Top