SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Mengenal Ikan Channa & Makanannya Sebelum Pelihara di Rumah

Bagikan:

AshefaNews – Baru-baru ini para penghobi ikan di Indonesia sedang trend memelihara ikan Channa. Jenis ikan satu ini dikenal memiliki warna yang indah dan juga harga yang mahal. Jika Anda merupakan salah satu orang yang tertarik untuk memelihara ikan hias ini, maka simak penjelasan tentang jenis dan makanannya berikut ini.

Jenis-jenis  Ikan Channa

Mengenal Ikan Channa & Makanannya Sebelum Pelihara di Rumah

Ikan channa atau dikenal juga dengan nama snakehead emperor merupakan ikan hias gabus yang memiliki bentuk kepala menyerupai ular. Dan berbeda dengan ikan gabus yang dikonsumsi pada umumnya, ikan gabus hias ini memiliki pola tubuh yang unik. 

Inilah yang menyebabkan ikan Channa banyak diminati oleh para pecinta ikan hias untuk dipelihara. Tak heran jika harga ikan channa di pasaran bisa dikatakan cukup mahal. 

Berikut jenis-jenis ikan Channa berdasarkan ciri-cirinya.

1. Channa marulioides

Jenis Ikan channa ini memiliki ciri-ciri motif bintik bulat di sebagian besar tubuhnya. Polanya berwarna jingga yang membuat channa marulioides sangat cantik. Harganya sangat bervariasi, antara puluhan ribu, bahkan hingga jutaan Rupiah. 

Tergantung ukurannya. Ukuran spesies channa marulioides bisa mencapai 65 cm, sehingga diperlukan akuarium atau area penangkaran yang luas.

2. Channa Barca

Channa barca adalah jenis channa yang sangat populer di kalangan penghobi ikan hias dikarenakan warnanya yang unik. Ikan ini memiliki warna tubuh abu-abu muda dengan bintik-bintik hitam. 

Channa barca juga memiliki sirip punggung yang lebar membuatnya semakin menarik. Bentuknya yang indah membuat Channa Barca dijual dengan harga fantastis mencapai puluhan juta rupiah.

3. Channa Stewartii

Jenis channa selanjutnya adalah channa stewartii. Sebenarnya channa jenis ini memiliki warna tubuh coklat seperti ikan gabus pada umumnya. Namun, yang membuatnya terlihat menarik dan berbeda dari channa lainnya adalah siripnya yang berwarna biru. 

Warna sirip ini akan terlihat jelas saat terkena cahaya saat berada di tempat gelap. Untuk harga, channa stewartii dibandrol dengan harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah per ekor.

4. Channa Argus

Jenis channa lainnya, yakni channa argus yang memiliki ciri-ciri berupa warna dan corak tubuh seperti ular phyton reticulatus. Warna tubuhnya cokelat keemasan , dengan bercak gelap di sisi kanan dan kirinya, serta bercak seperti pelana di bagian belakang. 

Untuk diketahui, jenis ikan yang juga disebut sebagai Northern snakehead ini dijual seharga Rp1-2 juta.

5. Channa Aurantimaculata

Berikutnya ada jenis channa aurantimaculata yang juga merupakan jenis ikan gabus hias. Ikan jenis ini memiliki warna tubuh coklat dan memiliki kombinasi garis vertikal berwarna jingga. 

Ikan aurantimaculata dapat hidup hingga mencapai ukuran 40 cm. Ikan ini juga relatif agresif . Harga channa aurantimaculata berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung ukuran tubuhnya.

6. Channa Gachua

Channa gachua adalah ikan gabus hias berukuran kecil atau kerdil. Ikan jenis ini hanya bisa tumbuh hingga ukuran 20 cm dan relatif jinak dibandingkan ikan Channa lainnya. Harganya juga murah di kisaran puluhan ribu Rupiah.

7. Channa Lucius 

Ikan ini dapat hidup hingga ukuran 40 cm. Spesies ini cukup agresif sehingga tidak disarankan untuk dipelihara bersama ikan lain. Warna tubuh cenderung coklat dengan corak atau bintik hitam.

8. Channa bleheri 

Disebut juga rainbow snakehead karena warna tubuh ikan ini mirip dengan corak pelangi. Ikan  yang memiliki warna menarik ini merupakan jenis ikan yang cukup aktif berenang. Harganya murah, di kisaran ratusan ribu rupiah.

9. Channa micropeltes 

Merupakan jenis ikan gabus hias yang besar karena dapat mencapai ukuran 1,5 meter. Warna tubuhnya indah, dengan ujung sirip agak kemerahan. Ikan ini dibandrol dengan harga ratusan hingga jutaan Rupiah.

Apa Saja Makanan Ikan Channa?

Mengenal Ikan Channa & Makanannya Sebelum Pelihara di Rumah

Jika Anda berminat memelihara ikan channa, maka berikut jenis makanan ikan channa yang bisa Anda berikan.

1. Udang 

Udang adalah makanan ikan Channa paling favorit. Pemberian udang sebagai pakan channa dapat membantu proses pertumbuhannya dan dipercaya dapat membuat warna ikan ini menjadi lebih indah. 

Jika tidak ada udang segar, bisa juga diberi dengan udang kering kemasan yang dabat dibeli dipasar. Udang yang akan diberikan pakan ikan sebaiknya dipotong kecil-kecil, kemudian ditaburkan ke dalam akuarium. 

2. Magot 

Magot adalah larva lalat hitam besar yang cocok untuk makanan ikan Channa. Pakan ini sangat cocok untuk makanan channa karena mengandung nutrisi yang lengkap. Salah satu keunggulan maggot adalah mengandung protein yang sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan ikan. Maggot bisa diberikan  2-3 kali sehari. 

3. Ulat Sutera 

Ulat sutera merupakan salah satu makanan wajib ikan Channa karena memiliki banyak manfaat. Pakan ini mengandung protein, lemak dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan Channa. 

Ulat sutera juga memiliki kandungan mineral dan serat yang tinggi. Kandungan serat dan mineral pada ulat sutra bermanfaat untuk pencernaan ikan Channa. 

4. Jangkrik 

Jangkrik merupakan jenis serangga yang cocok sebagai makanan Channa. Namun jangkrik yang diberikan tidak boleh sembarangan, pastikan memilih jangkrik yang masih muda dan diberikan pada ikan saat masih hidup. 

Pemberian jangkrik sebagai pakan ikan hias ini bertujuan untuk melatih keaktifan dan naluri berburu channa. Saat diberi jangkrik, ikan Channa akan langsung melahap jangkrik dengan sangat brutal. 

5. Ikan Kecil 

Sediakan ikan kecil sebagai pakan Channa karena mengandung protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan ikan. Selain itu, ikan kecil yang diberikan juga bertujuan untuk melatih insting berburu Channa.

6. Cacing Tanah 

Cacing tanah merupakan jenis pakan yang sangat dianjurkan sebagai pakan ikan Channa. Pakan jenis ini bahkan bisa diberikan pada Channa kecil. Kandungan yang terdapat pada cacing tanah dapat membantu mempercepat keluarnya warna pada Channa. 

Selain itu, makan cacing tanah juga bisa menjadi salah satu alternatif penyembuhan luka pada tubuh ikan Channa. 

7. Kutu Air 

Kutu air merupakan jenis pakan yang banyak diberikan pada ikan ini karena terbukti memiliki sejumlah manfaat. Pemberian pakan kutu air sebagai makanan channa dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan ikan ini terutama ikan kecil. 

Selain itu, hewan air ini baik untuk tulang ikan Channa, namun dosis yang diberikan harus sesuai.

8. Ulat hongkong 

Ulat hongkong bisa menjadi alternatif makanan ikan channa karena memiliki banyak kandungan nutrisi. Kandungan gizi pada ulat Hongkong dapat mempercepat proses pertumbuhan dan munculnya warna pada ikan hias ini. 

Selain itu kandungan nutrisi pada ulat hongkong juga dapat menambah ketebalan kulit ikan ini sehingga tidak mudah rusak atau terluka.

Kesimpulan

Itulah pembahasan jenis dan makanan ikan channa, dengan adanya artikel ini, maka diharapkan Anda tidak sulit untuk membedakan berbagai jenis ikan hias ini. Semoga bermanfaat.

(GE – NS)

Scroll to Top