SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Cara memandikan kucing agar tidak berontak

Bagikan:

AshefaNews – Kali ini kita akan membahas cara memandikan kucing agar tidak berontak dan tips menggunting kukunya. Tips ini bisa sangat bermanfaat untuk kamu, apalagi jika kamu merupakan pecinta kucing!

Siapa sih yang gak suka dengan binatang lucu dan menggemaskan ini ? Dari berbagai kalangan sangat menyukai tingkah laku kucing yang menggemaskan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa menyukai kucing. Kucing terbagi menjadi dua golongan yaitu, golongan kucing kampung atau dome dan golongan kucing RAS.

Merawat kucing kampung terbilang sangat mudah dan tak merepotkan, karena mereka sudah mandiri dan bisa hidup di alam liar. Biasanya kucing kampung lebih ke meminta sisa makanan, pasti di kasih makanan apapun mau dan tidak repot untuk perawatan lainnya. 

Kucing kampung sering kali pulang pergi, seakan-akan mereka punya kerja di luar ketika lapar balik ke majikannya. Terus gimana jika kita punya kucing RAS? Untuk pertama kalinya aku memelihara kucing RAS terbilang sangat merepotkan, seperti kita punya anak saja yang harus menjaga dan memberikan segala keperluannya secara maksimal.

Melakukan perawatan kucing yang sering merogoh kocek. Namun, kalau gak seperti ini kucing akan mudah sakit, apalagi yang namanya kutu kucing dan scabies. Ini yang paling susah di hilangkan dan cukup sering menyerang kucing. Pokoknya dari memelihara kucing RAS kita bisa belajar tentang arti kesabaran. Harus di grooming, vaksin dan yang lainnya. Bagi kalian yang punya budget dikit, jangan berani memelihara kucing RAS belajar dari memelihara kucing domestik dulu.

cara memandikan kucing agar tidak berontak dan Tips Menggunting kukunya

Bagaimana sih caranya kucing kita tetap bersih dan harum? Ya, caranya harus menjaga kebersihannya, misalnya seperti sering memandikan kucing dan membersihkan kukunya. Tapi kan susah, takut di cakar atau digigit? Kalau memang pencinta kucing hal yang seperti itu sudah biasa. Mau kucing sehat dan bersih atau sakit-sakitan? Tinggal pilih yang mana? Sarannya kalau gak mau ribet bisa langsung saja datang ke jasa grooming buat mpus, cuma kalian akan mengeluarkan biaya yang lumayan. Biar lebih hemat lakukan sendiri di rumah, dan uangnya bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Sebenarnya sih, gak susah untuk memandikan kucing dan membersihkan kuku kucing. Sebelum melakukan hal itu kalian harus tau suasana mpusnya supaya gak berontak. Dari pengalaman, pertama kali memandikan kucing RAS sedikit sulit. Kucingnya berlarian kesana kemari, setiap kena air kabur. Cara untuk mengatasi kenakalan mpus, pintu kamar mandi bisa di tutup, sebaiknya memandikan kucing menggunakan air hangat, biar bisa diem mpusnya. Ternyata benar menggunakan air hangat membuat mpus mau mandi lho guys dibandingkan dengan air dingin. Basahi badan kucing secara perlahan, jika sudah mulai nyaman dengan air kita bisa mulai dengan air yang lebih banyak. Jangan lupa pakai shampoo kucing ya! Biar gak pada rontok bulunya, sambil di gosok, pijit harus di perhatikan di area yang sering kali kotor. Jangan lupa ketika mpus selesai mandi beri pujian untuknya dan beri makanan kesukaannya.

Biasanya kucing ingatannya lebih tajam, apa yang di lakukan pasti diingat. Salah satunya kegiatan mandi yang kalian lakukan. Supaya mpus gak ngambek seperti tadi beri reward, supaya jadi kebiasaan kegiatan rutinnya. Kalau aku cukup seminggu sekali mandiin mpus. Jika kucing kalian lagi sakit atau kurang fit sebaiknya jangan dimandikan cukup di elap aja. Kasian kan kalau di mandiin?

Selanjutnya bersihkan bagian telinganya, ini rawan banget nih temen berasa musuh yaitu kutu kucing. Kalau kalian gak bersihin kucing RAS, di jamin kucing kalian bakal garuk telinga mulu. 

Kamu juga perlu memperhatikan bagian bersemayamnya telur kutu kucing. Kalau gak di bersihkan bisa jadi jamur bahkan sampe infeksi. Untuk membersihkan gunakan katenbad dengan air hangat atau minyak vco. Caranya sama seperti kita kalau mau bersihin telinga.

Kuku mpus panjang? Caranya ya di potong menggunakan gunting kuku kucing. Jangan pakek gunting kuku manusia, soalnya bakal susah patah. Nanti malah jadi jelek kukunya. Bagian ini juga paling menantang, paling gak mau dibersihkan kukunya. Yah pasti tau lah kukunya kan senjata pamungkasnya. Kalau mau menggunting kuku kucing sebaiknya saat di santai atau tidur siang. Ganggu dikit pas tidur siang gak papa demi kebersihan kukunya. Baru potong satu kuku kucingnya udah gak bisa diem, gimana dong? Sabar ya, inget perlahan menurut pengalaman, jumlah kaki kucing kan ada 4 tuh, ku baru bisa bersihkan sampe 2 hari. Baru pertama kali jadi agak rempong, tapi kalau udah jadi kebiasaan mpus bakal mau dan gak susah. Perlu di ingat! Jagan menggunting kukunya sampe habis, nanti bisa keluar darah. Cukup 1/4 kukunya aja, jangan melebihi batas yang ada pink-pink gitu.

Cara Menggunting kuku kucing yang benar

1. Tekan telapak kaki kucing

2. Perhatikan posisi saat menggunting

3. Potong bagian yang benar

4. Satu persatu

5. Berhati-hati

Begitulah pengalaman ku, Cara menggunting dan memandikan kucing ras yang benar. Jika ada kesalahan dalam segala hal mohon maklumi. Ada kritik dan saran silahkan komentar. See you next time di pengalaman mengurus kucing RAS lainnya!

Semoga cara memandikan kucing agar tidak berontak ini bisa sangat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini!

(GE – SAN)

Scroll to Top