SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Bunga Telang Ternyata Memiliki banyak Khasiat, Ini Daftarnya

Bagikan:

AshefaNews – Bunga telang atau disebut juga butterfly pea adalah salah satu tumbuhan yang cukup unik dan populer, terlebih pada kalangan orang yang hobi bunga. Tumbuhan ini memiliki warna biru yang sangat cantik. Bahkan, bunga yang yang sering kita temukan dalam kandungan kosmetik dan juga dijadikan sebagai teh tersebut, memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Bunga Telang 

Menariknya lagi, ternyata bunga dengan nama ilmiah Clitoria Ternatea ini berasal dari Asia. Bunga ini sering disebut-sebut sebagai bunga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan siklus untuk menurunkan diet. Beberapa tahun terakhir ini, bunga telang  juga diteliti oleh beberapa pakar ilmiah karena memiliki kandungan antioksidan di dalamnya.

Bunga telang ini juga sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Bahkan, bunga ini juga dapat membantu menurunkan berat badan pada tubuh kita dan bisa menurunkan kadar gula darah karena kandungan nutrisi dari bunga tersebut. Hal ini dikarenakan bunga yang satu ini kaya akan kandungan senyawa antosianin yang disebut ternatin. Kandungan inilah yang bisa memberi warna biru pada bunga tersebut.

Dalam penelitian sebuah studi yang dilakukan dengan menggunakan sebuah tabung reaksi, ternyata ternatin tersebut terbukti dapat mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan sebuah sel kanker. Tidak hanya itu saja, bunga ini juga mengandung beberapa antioksidan lain, seperti:

  1. Kaempferol: Yaitu, senyawa yang dapat membunuh perkembangan sel kanker, pada saat diteliti.
  2. Asam P-Coumaric: Asam ini memiliki beberapa efek anti-inflamasi, antimikroba, dan antivirus yang dapat melindungi tubuh dari sebuah penyakit.
  3. Delphinidin-3,5-Glukosida: Antioksidan yang terkandung dapat membantu merangsang fungsi pada kekebalan tubuh dan bisa menyebabkan kematian pada sel kanker kolorektal.

Manfaat Bunga Telang 

Tumbuhan ini memiliki beragam manfaat untuk manusia, simak berikut ini:

1. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Khasiat bunga telang yang pertama adalah dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Banyak sekali produsen kosmetik kecantikan yang menggunakan bunga ini sebagai bahan aktif dalam pembuatan produk-produknya.

Bahkan, kandungan ekstrak bunga ini juga dapat mendorong pertumbuhan rambut agar lebih baik, dibandingkan dengan memakai minoxidil yang merupakan produk umum untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Hal ini dikarenakan telang kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

2. Dapat Membantu dalam Menurunkan Berat Badan 

Manfaat berikutnya dari telang adalah untuk menurunkan berat badan. Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan, bahwa telang tersebut dapat membantu dalam menurunkan berat badan. 

Dalam Jurnal Molecules yang diterbitkan pada 2019, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari bunga telang dapat memperlambat pembentukan sel-sel lemak dalam tubuh dengan mengatur beberapa jalur tertentu dalam perkembangan sel. Beberapa penelitian lain juga menemukan, bahwa ternatin dalam telang juga bisa memblokir sintesis sel-sel lemak dalam tubuh manusia. 

3. Untuk Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bunga telang juga memiliki manfaat, yaitu dapat menstabilkan kadar gula darah kita. Sebab, jika seseorang menderita penyakit diabetes dan penyakit yang berhubungan dengan gula darah, maka telang pun dapat untuk menstabilkannya. Bahkan, manfaat ini pun sudah banyak dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2018 lalu, dimana dalam penelitian tersebut melibatkan 15 partisipan. Fakta lain pun ditemukan, bahwa meminum minuman yang mengandung ekstrak bunga telang, ternyata dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam menurunkan gula darah dan insulin dalam tubuh manusia.

4. Untuk Kesehatan Otak

Selanjutnya telang memiliki kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik dalam memperbaiki sel-sel tubuh. Tidak terkecuali pada sel saraf. Bahkan, telang juga dapat digunakan dalam meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia dalam otak kita, yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan juga menjaga konsentrasi.

5. Terdapat Kandungan Antioksidan

Sebuah studi International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti pun menyimpulkan. Bahwa, ekstrak metanol yang terkandung dalam bunga telang sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan. Kandungan tersebut adalah senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik.  Sebab, Antioksidan sangat bermanfaat dalam membantu melindungi sel, serta juga dapat mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini dan juga penyakit kronis lainnya.

6. Mengurangi Peradangan

Telang juga mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Asam lemak baik ini, bisa juga Anda temukan pada minyak zaitun. Beberapa studi juga menyatakan, jika asam oleat tersebut mampu untuk mengurangi peradangan atau anti-inflamasi yang bisa mengurangi infeksi serta pembengkakan. Misalnya, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

7. Mengurangi Terjadinya Penyakit Hipertensi dan Penyakit Jantung

Jika Anda mengalami kondisi tekanan darah tinggi, maka cobalah untuk mengkonsumsi telang, sebab sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Senyawa antosianin yang terkandung dalam telang, ternyata  juga dapat membantu mengurangi kekakuan arteri. Bahkan, semakin kaku arteri, maka semakin sulit juga darah yang mengalir, sehingga akan mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Bahaya Bunga Telang Jika Dikonsumsi Berlebihan

Dibalik banyak manfaat dari bunga telang, akan tetapi ada efek samping yang mesti kita waspadai. 

1. Dapat Mengakibatkan Mual dan Diare

Bahaya telang yang pertama adalah dapat mengakibatkan rasa mual dan diare. Gangguan ini dapat terjadi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, konsumsilah sesuai takaran dan sewajarnya saja. 

2. Dapat Mengakibatkan Batu Ginjal

Bahaya selanjutnya bisa mengakibatkan batu ginjal. Hal tersebut dikarenakan pada telang terdapat kandungan asam oksalat yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka asam oksalat akan mengikat sebuah senyawa lain dalam tubuh Anda. Bahkan, senyawa tersebut nantinya menjadi padat dan tertimbun di dalam ginjal.

3. Berbahaya untuk Gizi

Bahaya telang berikutnya yaitu dapat mengakibatkan anti gizi di dalam tubuh melemah. Kandungan asam oksalat yang sangat tinggi di dalam telang  dapat mengikat gizi lain. Oleh karena itu, maka tubuh kita tidak dapat menggunakan vitamin tersebut dan bisa mengakibatkan seseorang kekurangan gizi. Hal ini terjadi apabila Anda mengkonsumsinya dengan berlebihan.

4. Berbahaya untuk Mata

Bahaya yang terakhir adalah berbahaya bagi kesehatan mata kita. Apabila telang terlalu sering digunakan sebagai media kompres pada mata bisa menjadi berbahaya, karena kita tak tahu, apakah rendaman bunga telang tersebut sudah steril ataupun belum. Belum lagi jika telang digunakan sebagai obat tetes mata, hal ini tentunya sangat berisiko.

Jika Anda hendak mengkonsumsi Telang sebaiknya jangan terlalu berlebihan hal ini dikarenakan efek samping pada tanaman yang satu ini cukup berbahaya. Anda bisa mengkonsumsi secukupnya saja. Walaupun menyimpan berbagai manfaat Anda harus berhati-hati saat mengkonsumsinya.

Kesimpulan

Itulah bunga telang dengan berbagai kandungan, manfaat serta bahayanya untuk manusia. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar Anda tidak salah mengambil keputusan. Hal ini juga perlu jika Anda mengkonsumsi telang secara rutin dan dalam jangka waktu yang lama. 

(FR – NISA)

Scroll to Top