10 Ikan Aquarium Predator Yang Cocok Untuk Pemula

Bagikan:

AshefaNews – Jika Anda ingin mencoba hobi baru seperti memelihara ikan predator tapi masih takut dengan keganasannya. Ada 10 ikan Aquarium predator yang cocok untuk pemula.

Jika Anda ingin menambahkan sedikit keseruan pada akuarium Anda, pertimbangkan ikan predator. Ikan ini dikenal karena keterampilan berburu dan kepribadian mereka yang berani. Meskipun mereka mungkin sedikit lebih menantang untuk dirawat daripada ikan mas pada umumnya, mereka mengimbanginya dengan kepribadian. Berikut beberapa ikan predator yang cocok untuk pemula:

Oscar adalah pilihan populer untuk aquarists pemula. Oscar adalah ikan yang damai ketika mereka masih muda, tetapi mereka bisa menjadi agresif saat mereka dewasa. Mereka juga salah satu ikan air tawar terbesar, jadi Anda memerlukan tangki yang dapat menampungnya. Oscar berasal dari Amerika Selatan dan lebih suka air hangat, jadi Anda harus menyediakan pemanas untuk akuarium Anda.

Pilihan populer lainnya untuk aquarists pemula adalah angelfish. Angelfish adalah ikan cantik dengan sirip panjang dan warna yang mengesankan. Mereka berasal dari Lembah Sungai Amazon dan lebih menyukai air hangat. Angelfish bisa menjadi teritorial, jadi yang terbaik adalah memeliharanya dengan ikan damai lainnya. Mereka juga sensitif terhadap perubahan kualitas air, jadi Anda harus rajin merawat tangki Anda.

Jika Anda mencari ikan predator yang lebih kecil, pertimbangkan ikan badut. Ikan badut berasal dari terumbu di Samudra Indo-Pasifik dan lebih menyukai tangki air asin. Ikan badut relatif mudah dirawat dan menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium terumbu mana pun.

Ikan Mas

Ikan mas adalah ikan predator pemula yang hebat karena perawatannya relatif mudah dan dapat ditemukan di sebagian besar toko hewan peliharaan. Mereka biasanya tumbuh dengan panjang sekitar 10 inci dan dapat hidup hingga 10 tahun dengan perawatan yang tepat. Ikan mas adalah omnivora, artinya mereka akan memakan tumbuhan dan hewan. Di alam liar, makanan mereka terdiri dari serangga kecil, krustasea, dan invertebrata lainnya. Di penangkaran, mereka bisa diberi makan pelet ikan mas, makanan beku-kering, atau makanan hidup seperti udang air asin atau cacing darah.

Guppy

Guppies adalah salah satu ikan akuarium air tawar paling populer karena suatu alasan: mereka cantik, mudah dirawat, dan relatif damai. Guppies juga merupakan predator pemula yang hebat karena mereka tidak terlalu besar (kebanyakan tumbuh sekitar 2,5 inci), jadi mereka tidak akan memakan ikan Anda yang lain jika Anda memberi mereka makan berlebihan secara tidak sengaja.

Ikan Cupang

Ikan cupang adalah salah satu ikan paling populer untuk pemula, dan untuk alasan yang bagus. Mereka tangguh, relatif mudah dirawat, dan sangat cantik. Bettas hadir dalam berbagai warna dan pola, sehingga Anda dapat menemukan yang sesuai dengan selera Anda. Mereka juga relatif kecil, sehingga tidak membutuhkan tangki besar.

Bettas adalah ikan karnivora, jadi makanan mereka sebagian besar harus terdiri dari makanan berdaging. Anda dapat membeli pelet atau serpihan cupang khusus, atau memberi mereka makanan hidup atau beku seperti udang air asin atau cacing darah. Beberapa sayuran juga dapat ditambahkan ke dalam makanan mereka, seperti bayam atau zucchini.

Bettas adalah ikan teritorial, jadi yang terbaik adalah memelihara hanya satu per tangki. Mereka bisa menjadi agresif terhadap ikan lain, jadi yang terbaik adalah menghindari teman seakuarium sama sekali. Jika Anda ingin menambahkan ikan lain ke akuariumnya, pilihlah spesies damai yang cukup kecil agar tidak terlihat sebagai ancaman.

Tetra

Jika Anda baru memulai dunia pemeliharaan ikan, tetra adalah pilihan yang bagus untuk ikan pemangsa peliharaan. Ikan-ikan kecil ini mudah dirawat dan dapat dipelihara di akuarium kecil, menjadikannya sempurna untuk pemelihara ikan pemula.

Tetra adalah ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Ada banyak spesies tetra yang berbeda, tetapi yang paling populer di kalangan pemelihara ikan peliharaan adalah neon tetra (Paracheirodon innesi). Neon tetra berwarna cerah, ikan keras yang merupakan tambahan yang bagus untuk akuarium apa pun.

Saat memilih tetra untuk akuarium Anda, pastikan untuk memilih yang cocok dengan ikan lain di akuarium Anda. Tetra adalah ikan komunitas yang damai, jadi mereka paling baik dipelihara dengan spesies damai lainnya. Hindari menempatkan mereka dengan ikan yang lebih besar dan lebih agresif yang mungkin menganggap mereka sebagai mangsa.

Tetra relatif mudah dirawat, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan kesehatan dan kebahagiaan mereka. Pertama, tetra lebih suka air yang berada di sisi asam, jadi pastikan untuk menyesuaikan pH akuarium Anda. Mereka juga suka airnya teroksigenasi dengan baik, jadi pertimbangkan untuk menambahkan batu udara atau bubbler ke tangki Anda. Terakhir, tetra membutuhkan banyak tempat untuk bersembunyi dan merasa aman, jadi sediakan banyak tanaman dan tempat bersembunyi di akuarium Anda.

Angelfish

Angelfish adalah pilihan populer bagi pemelihara ikan pemula karena perawatannya relatif mudah. Mereka juga merupakan tambahan yang indah untuk akuarium apa pun.

Ada banyak spesies angelfish yang berbeda, tetapi yang paling umum dalam perdagangan akuarium adalah sebagai berikut:

-Pterophyllum scalare (umumnya dikenal sebagai scalare atau angelfish umum)
-Pterophyllum altum (umumnya dikenal sebagai altum atau angelfish tinggi)
-Pterophyllum leopoldi (umumnya dikenal sebagai leopoldi atau angelfish kerdil)

Angelfish adalah ikan damai yang dapat dipelihara dengan ikan komunitas damai lainnya. Mereka tidak boleh dipelihara dengan ikan yang agresif atau lebih besar dari mereka, karena mereka dapat diintimidasi atau stres. Seekor ikan bidadari dapat dipelihara di dalam tangki sekecil 20 galon, tetapi disarankan untuk menyimpannya di dalam tangki yang lebih besar jika memungkinkan sehingga mereka memiliki banyak ruang untuk berenang dan tumbuh. Angelfish berasal dari Amerika Selatan dan lebih menyukai air hangat, jadi pemanas harus digunakan di akuarium mereka.

Makanan angelfish harus terdiri dari makanan serpihan berkualitas tinggi, makanan beku-kering, makanan hidup, dan sayuran. Makanan yang bervariasi akan membantu ikan bidadari Anda tetap sehat dan mencegah mereka bosan.

Clownfish

Clownfish adalah salah satu ikan pemula yang paling populer karena warnanya yang cerah dan sifatnya yang jinak. Orang-orang kecil ini hanya tumbuh sekitar 3 inci, membuatnya sempurna untuk tangki yang lebih kecil. Ikan badut juga relatif mudah dirawat dan tidak terlalu sensitif terhadap kualitas air. Karena mereka adalah ikan yang damai, mereka dapat dipelihara dengan berbagai jenis spesies lainnya. Satu hal yang perlu diingat tentang ikan badut adalah bahwa mereka adalah makhluk yang sangat sosial dan harus dipelihara berpasangan atau berkelompok.

Bluegill

Jika Anda tertarik untuk memulai dengan ikan predator, bluegill adalah pilihan yang bagus. Ikan ini relatif mudah dirawat dan dapat memberi Anda kesenangan selama berjam-jam. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang memelihara bluegill:

Bluegill adalah sejenis mola-mola yang berasal dari Amerika Utara. Mereka adalah pilihan populer untuk akuarium karena relatif kecil (biasanya hanya mencapai panjang sekitar 10 inci) dan mudah dirawat. Bluegill juga dikenal damai, yang menjadikannya pilihan yang baik jika Anda memelihara ikan lain di tangki Anda.

Dalam hal memberi makan, bluegill adalah pemakan oportunistik dan akan memakan apa saja yang pas di mulut mereka. Mereka bukan pemilih makanan, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir untuk memberi mereka diet khusus. Di alam liar, mereka terutama memakan serangga dan invertebrata kecil, tetapi di penangkaran, mereka akan dengan senang hati menerima pelet, serpih, atau makanan hidup.

Sejauh perumahan berjalan, bluegill melakukan yang terbaik dalam tangki yang berukuran setidaknya 20 galon. Karena mereka adalah perenang yang aktif, mereka menghargai banyak ruang terbuka untuk bergerak. Ini juga merupakan ide bagus untuk memasukkan beberapa tempat persembunyian dan tanaman di dalam tangki mereka untuk dijelajahi dan digunakan sebagai perlindungan jika diperlukan.

Jika Anda mencari ikan predator yang mudah dirawat yang dapat memberi Anda kesenangan selama berjam-jam.

Sturgeon

Sturgeon adalah keluarga ikan besar yang dapat ditemukan di air tawar dan air asin di seluruh dunia. Mereka adalah pilihan populer untuk aquarists pemula karena mereka relatif kuat dan dapat mentolerir berbagai kondisi air. Sturgeon juga relatif berumur panjang, dengan beberapa spesies diketahui mencapai usia lebih dari 100 tahun.

Salah satu spesies sturgeon paling populer yang dipelihara sebagai hewan peliharaan adalah sturgeon putih (Acipenser transmontanus), yang berasal dari Amerika Utara. Sturgeon putih dapat tumbuh menjadi sangat besar, dengan ikan sturgeon dewasa mencapai panjang hingga 20 kaki (6 meter) dan berat lebih dari 2.000 pound (900 kilogram). Namun, kebanyakan sturgeon putih yang dipelihara di akuarium hanya tumbuh sepanjang 3-4 kaki (1-1,2 meter).

Jika Anda berpikir untuk memelihara sturgeon sebagai hewan peliharaan, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Ikan sturgeon membutuhkan akuarium besar (setidaknya 200 galon/750 liter), dan mereka juga perlu diberi makan makanan hidup, seperti cacing, udang, dan ikan karang.

Salmon

Salmon adalah salah satu ikan paling populer di kalangan aquarists pemula. Mereka relatif mudah dirawat dan menjadi tambahan yang indah untuk akuarium apa pun.

Ada banyak spesies salmon yang berbeda, tetapi yang paling umum di akuarium adalah salmon merah muda. Salmon merah muda adalah ikan kuat yang dapat mentolerir berbagai kondisi air. Mereka lebih suka air dingin, tetapi bisa beradaptasi dengan suhu yang lebih hangat jika perlu.

Salmon pink tumbuh sekitar 12 inci panjangnya dan hidup selama 5-7 tahun di penangkaran. Mereka adalah ikan yang relatif damai, tetapi bisa menjadi agresif terhadap teman seakuarium yang lebih kecil jika merasa terancam. Yang terbaik adalah memelihara salmon merah muda dengan ikan lain yang lebih besar yang bisa bertahan dalam pertarungan.

Salmon membutuhkan diet tinggi protein dan asam lemak omega-3. Mereka harus diberi makan berbagai makanan laut segar dan beku, serta makanan hidup seperti udang air asin atau cacing darah. Makanan serpihan atau makanan pelet yang berkualitas juga dapat digunakan sebagai bagian dari makanan mereka.

Salmon merah muda rentan terhadap sejumlah penyakit, jadi penting untuk membelinya dari penjual terpercaya yang dapat menyediakan ikan yang sehat. Beberapa penyakit umum termasuk infeksi bakteri, infeksi parasit, dan infeksi jamur. Pencegahan adalah obat terbaik untuk penyakit ini, jadi penggantian air secara teratur dan pemeliharaan tangki yang baik sangat penting.

Kesimpulan

Nah itu dia ikan Aquarium predator yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk menyesuaikan kemampuan ekonomi Anda dengan ikan yang ingin di pelihara, karena setiap ikan memiliki fasilitas dan makanan yang berbeda-beda. Tentunya Anda perlu memikirkan pakan dan ukuran Aquarium bagi mereka.

(GE)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top