SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Yuk Simak Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Bagikan:

AshefaNews – Mempunyai berat badan ideal merupakan keinginan banyak orang. Hal tersebut tidak hanya berkaitan dari sisi penampilan saja akan tetapi dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan. Tentu saja apabila memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas merupakan hal yang tidak baik, begitu juga dengan hal sebaliknya.

Maka dari itu disarankan untuk selalu menjaga pola makan. Serta lakukanlah olahraga secara rutin supaya memiliki berat badan yang ideal. Namun, setiap orang memiliki berat badan ideal yang bervariasi. Hal tersebut dipengaruhi dari berat serta tinggi badan orang tersebut.

Untuk dapat mengetahui apakah berat badan kita berada pada ukuran sehat dan normal. Maka sangat penting untuk mengetahui beberapa cara menghitung berat badan ideal. Lantas apa saja cara yang dapat kita gunakan untuk menghitung berat badan? Mari cek penjelasan lengkapnya di sini.

Berat Badan Ideal

Pada dasarnya, laki – laki serta perempuan mempunyai karakteristik tubuh yang bervariasi. Pertumbuhan serta perkembangan tubuhnya pun tergantung dari cara kerja hormon serta tingkat metabolisme yang berbeda – beda.

Apabila Anda merupakan seseorang yang memiliki kelebihan berat badan dan tidak diperhatikan atau diabaikan. Maka Anda berisiko besar untuk mengalami obesitas. Bahkan memiliki risiko lebih tinggi terserang masalah kesehatan lain yang serius sehingga dapat berdampak fatal.

Dengan adanya hal tersebut maka menjaga berat badan ideal sangatlah diharuskan. Hal ini berguna untuk menghindari berbagai jenis masalah kesehatan yang kemungkinan besar akan dialami setiap orang.

Apabila masih ragu dengan berat badan yang ideal, Anda dapat menanyakan nya secara langsung pada dokter. Agar mengetahui lebih lengkap mengenai hal tersebut. Nah, untuk dapat mengetahui apakah berat badan kita ideal atau sebaliknya. Terdapat beberapa rumus yang dapat kita terapkan sesuai dengan jenis kelamin sekaligus usia kita.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 

Berat badan ideal pada seseorang tidak dapat disamakan dengan seorang lain. Hal itu karena setiap orang memiliki karakteristik yang bervariasi. Ideal berat badan pada laki – laki dan perempuan sangatlah berbeda pastinya. 

Pria serta wanita mempunyai komposisi tubuh berbeda – beda. Pria lebih cenderung memiliki massa otot jika dibandingkan dengan wanita. Sedangkan wanita lebih banyak mempunyai komposisi lemak yang terdapat pada tubuhnya. Berikut ini merupakan cara menghitung ideal berat badan:

  1. Berat Badan Ideal Wanita

Bagi Anda yang merupakan seorang perempuan dan ingin mengetahui apakah berat badan Anda termasuk dalam kategori ideal atau sebaliknya. Maka dapat menggunakan cara seperti dibawah ini:

Berikut ini merupakan cara menghitung berat badan ideal wanita. Rumusnya yaitu: [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen] = berat badan ideal wanita

Sebagai contoh, Apabila Anda merupakan seorang  perempuan yang mempunyai tinggi badan 158 cm, berat badan yang ideal yaitu 49,3 kilogram. Cara menghitung berat badan ideal dengan memanfaatkan metode di atas yaitu : (158-100)-[(158-100)x 15%), 58-8,7= 49,3.

  1. Berat Badan Ideal Bayi

Pada umumnya berat badan pada bayi akan menurun sesudah dilahirkan. Namun kondisi tersebut sangatlah normal sehingga para orang tua tidak perlu mengkhawatirkannya. Hal tersebut merupakan pengaruh dari usia kandungan, jenis kelamin, asupan makanan serta faktor dari genetik. 

Para orangtua dapat melihat curva mengenai berat badan ideal bayi saat memasuki usia 0 hingga usia 24 bulan. Berikut ini merupakan berat badan yang ideal pada seorang bayi

Bayi yang baru lahir pada umumnya akan memiliki berat badan 2,7-3,9 kg serta tinggi badan 4,7-54 cm.

Bayi yang telah memasuki usia yang ke 4 bulan, pada umumnya bayi mempunyai berat badan diantara 6,1-7,7 kg serta  tinggi badan 61,5-66 cm.

Bayi yang memasuki usia ke 6 bulan, pada umumnya akan memiliki berat badan 7-8,8 kg serta tinggi badannya yaitu  64,8-69,1 cm.

Memasuki usia yang ke 8 bulan, pada umumnya bayi akan mempunyai berat badan 7,6-9,5 kg serta memiliki tinggi badan 68,1-73 cm.

Memasuki pada usia yang ke 12 bulan, pada umumnya bayi mempunyai berat badan 8,6-10,7 kg serta memiliki tinggi badan 72,6-77,7 cm.

Saat bayi memasuki usia yang ke 16 bulan, pada umumnya mempunyai berat badan 9,3-11,8 kg serta mempunyai, tinggi badan 77,2-82,6 cm.

Pada usia bayi yang telah memasuki 18 Bulan, umumnya mempunyai berat badan 9,8-12,8 kg serta tinggi badan 79,2-87,1 cm.

Pada usia 22 bulan, pada umumnya bayi  memiliki berat badan 10,4-13,2 kg serta memiliki tinggi badan 82,6-88,6 cm.

Pada usia yang ke 24 bulan, pada umumnya bayi akan memiliki berat badan 10,6-13,7 kg serta memiliki tinggi badan 84,6-91 cm.

  1. Berat Badan Ideal Pria

Supaya dapat menghitung berat badan ideal pria, Anda dapat menggunakan rumus Broca. Yaitu dengan cara yang terdapat dibawah ini 

Berikut merupakan tata cara untuk menghitung berat badan ideal bagi pria dengan memanfaatkan rumus broca:

Ideal berat badan pada pria (kg) = [tinggi dari pria (cm) – 100] – [(tinggi dari pria(cm) – 100) x 10%]

Sebagai contoh: Alex mempunyai tinggi badan 175 cm, berapakah berat badan yang ideal bagi Alex ?

Jawabanya adalah : (175-100) – [(175-100) x 10%] = 75-7,5 = 67,5 kg. Jadi, ideal berat badan pada Alex yaitu 67,5 kg

Sebenarnya, terdapat berbagai cara lain yang dapat diterapkan secara mudah dalam menghitung ideal berat badan pada seseorang. Cara tersebut adalah  menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) atau dapat disebut juga dengan istilah Body Mass Index (BMI). Apabila menghitungnya dengan menggunakan IMT, Anda wajib untuk menghitung berdasarkan berat badan serta tinggi badan.

Sebagai praktik perhitungannya yaitu berat badan dari seseorang harus dalam bentuk satuan kilogram (kg) serta tinggi badan harus pada satuan meter kuadrat. Metode menghitung berat badan yang ideal dengan menggunakan BMI adalah sebagai berikut ini

Berat badan ideal = berat badan dalam satuan kilogram : tinggi badan dalam satuan meter

Sebagai contoh, Apabila Anda merupakan seseorang yang memiliki berat badan 70 kilogram serta tinggi 160 cm (1,60 meter). Pertama, Anda harus melakukan perkalian antara tinggi badan dalam bentuk kuadrat. 

Rumus perhitungannya sebagai contoh 1,60 x 1,60 = 2,56. Sesudah itu lakukanlah pembagian pada angka berat badan dengan hasil dari kuadrat tinggi badan yakni 70:2,56 = 23,4.
Itulah beberapa ulasan mengenai tata cara menghitung berat badan ideal pada seseorang, dengan adanya ulasan diatas. Kami harap informasi ini dapat bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan bagi yang ingin sekali mengetahui berat badan ideal. Namun belum mengetahui caranya.

(GE – NS)

Scroll to Top