khasiat bunga telang bagi tubuh

Bagikan:

AshefaNews – bunga telang mengandung banyak senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu khasiat bunga telang yang paling terkenal adalah sebagai obat untuk anemia. Bunga telang juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi lemak jahat dalam tubuh.

Sejarah bunga telang

Bunga telang atau scientificallynya known as Clitoria ternatea adalah sejenis bunga berwarna blue atau purple. Bunga ini berasal dari daerah Tropika dan tumbuh di hampir seluruh Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, bunga telang juga dikenal dengan sebutan bunga katak, tapi nama yang paling populer adalah bunga susu kucing.

Kandungan bunga telang

Bunga telang mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti flavonoid, tanin, saponin, dan selenium. Flavonoid berperan dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan stroke. Tanin bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan infeksi. Saponin memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus. Selenium bisa mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas.

Manfaat bunga telang bagi kesehatan

Bunga telang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bunga telang mengandung beberapa senyawa kimia yang bermanfaat untuk tubuh, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Saponin adalah senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh. Tanin adalah senyawa antimikroba yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Bunga telang juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, mangan, serta kalium. Vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Mangan dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kalium dapat membantu menjaga tekanan darah stabil dan mengurangi risiko stroke.

Cara mengolah bunga telang

Bunga telang memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh, seperti meningkatkan sistem imun, anti-inflamasi, dan antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bunga telang, Anda harus mengetahui cara mengolahnya dengan benar.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengolah bunga telang:

1. Bersihkan bunga telang dengan air bersih sebelum digunakan. Jika bunga telang yang Anda gunakan sudah kering, rendamlah dulu selama 10-15 menit agar melembabkan.

2. Saring air rebusan bunga telang sebelum diminum. Anda dapat menambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis pada minuman ini.

3. Untuk mendapatkan ekstrak bunga telang, campur 1: 2 perbandingan dari air dengan bunga telang kering lalu masak selama 5-10 menit agar warna pinknya keluar. Saring setelah itu dan siap untuk digunakan.

4. Bunga telang dapat juga ditumbuk hingga halus dan direbus seperti teh, atau Anda dapat menambahkannya sebagai pemanis alami pada aneka kue dan es krim.

5. Bunga telang dapat diolah menjadi minyak untuk digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik alami, seperti sabun, shampoo, dan body lotion.

6. Bunga telang dapat dikeringkan dan disimpan untuk digunakan di masa mendatang.

Resep obat tradisional dari bunga telang

Bunga telang merupakan salah satu bunga yang banyak digunakan dalam obat tradisional. Bunga telang memiliki khasiat sebagai diuretik, antihistamin, dan antispasmodik. Bunga telang juga dapat digunakan untuk mengobati batuk, asma, dan bronkitis.

Untuk menyediakan obat tradisional dari bunga telang, Anda perlu merebus 10 gram bunga telang dengan 2 liter air hingga mendidih. Setelah itu, saring dan minumlah infusi bunga telang tersebut setiap hari selama 3-4 minggu.

(ALN)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top