SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Inilah Segudang Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Bagikan:

AshefaNews – Sejak dahulu daun kelor dikenal sebagai pengobatan herbal yang sangat banyak manfaatnya. Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Bisa dipakai anak-anak hingga dewasa karena mempunyai vitamin yang sangat lengkap dan banyak. 

daun kelor

Salah satu yang banyak dipakai masyarakat yaitu untuk melancarkan ASI pada ibu menyusui, karna mengandung asam amino yang bisa menunjang gizi ibu. Dalam pengobatan tradisional, daun kelor biasanya diolah menjadi jamu atau teh. 

Selain itu bisa dibuat  suplemen yang berbentuk kapsul. Bentuk sederhana untuk memanfaatkan daun kelor bisa direbus dirumah dan langsung dimakan daun atau airnya saja. Ketahui lebih banyak manfaat daun kelor di artikel ini. 

Kandungan Daun Kelor 

Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman obat yang berasal dari India. Berkembang juga di daerah tropis dan subtropis seperti Asia, Afrika dan Amerika. Daun kelor mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh mulai dari usia bayi hingga dewasa. 

WHO menganjurkan bayi dan anak-anak untuk mengkonsumsi daun kelor untuk masa pertumbuhan dan mencukupi kebutuhan gizi. 2 gram daun kelor mengandung 14 kalori, dan nutrisi seperti karbohidrat, zat besi, protein, magnesium, kalium,kalsium, asam folat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, fosfor, tembaga, zink dan selenium.

Selain itu kandungan daun kelor mempunyai zat antioksidan berupa polifenol. Menurut penelitian Moringa Oleifera is a Prominent Source of Nutrients with Potential Health Benefits kandungan vitamin C pada daun kelor adalah tujuh kali lipat lebih banyak dari pada jeruk. Kalsium 17 kali lipat dari pada susu. Manfaat pohon daun kelor berasal dari kulit batang, buah, daun dan juga bijinya, semua bisa dimanfaatkan untuk obat. 

Nilai gizi daun kelor cukup baik dan bisa menjadi solusi atas masalah kurang gizi untuk masyarakat dengan perekonomian yang rendah. Untuk itu konsumsi daun kelor dan manfaatkan dengan baik.

Ciri daun kelor yaitu tumbuh majemuk, tangkainya panjang, helai daunnya berwarna hijau, tersusun berseling dan beranak daun gasal. pohonnya memiliki tinggi sekitar 7-11 meter. Batangnya tegak dan tumbuh lurus memanjang.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah sel kanker

Manfaat daun kelor bisa mencegah sel kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker pada pankreas dan kanker lainnya. Kadar antioksidan, polifenol, vitamin A dan C bisa membantu melindungi dari kerusakan sel. Kerusakan sel tersebut akibat dari radikal bebas penyebab kanker. 

Pada penderita kanker yang menjalani kemoterapi daun kelor memiliki kandungan asam amino yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mengatasi anemia

Anemia bisa diatasi oleh daun kelor karena memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang tinggi untuk penyerapan zat besi dari makanan atau suplemen yang dikonsumsi. Bila zat besi sudah terpenuhi dari daun kelor ini, gejala anemia seperti kelelahan, sakit kepala, pucat, dan sulit konsentrasi bisa diatasi dengan baik. 

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun kelor bagi kesehatan jantung yaitu bisa menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah pada tubuh. Kandungan antiradang dan antioksidan bisa mengurangi oksidasi pemicu masalah pada jantung. 

Tekanan darah tinggi bisa dijaga oleh kandungan kalium dan antioksidan sehingga bisa menjaga tensi tetap stabil. 

4. Mengatasi asam lambung

Mempunyai sifat sebagai antiradang, tidak salah jika daun kelor bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan, iritasi dan mengatasi gejala maag atau masalah asam lambung. Rasa sensasi terbakar pada dada, mual muntah, kembung atau refluks asam bisa lebih teratasi setelah mengkonsumsi daun kelor. 

5. Menjaga kadar gula darah 

Menurut beberapa penelitian daun kelor mempunyai manfaat bisa mengontrol gula darah dan meningkatkan produksi dan fungsi insulin. Sehingga bagus untuk mencegah penyakit diabetes dan resistensi insulin, yaitu kondisi ketika sel dalam tubuh tidak mampu menyerap gula darah.

Konsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama 3 bulan dapat mengurangi kadar gula puasa rata-rata 13.5 persen. Dan daun kelor yang kering 50 gram yang dicampur ke dalam makanan dapat mengurangi gula darah sebanyak 21 persen. 

Namun penelitian tersebut belum efektif dalam menilai manfaat daun kelor untuk menjaga kadar gula darah pada tubuh. 

6. Memelihara kesehatan otak 

Zat antioksidan pada daun kelor memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak. Antioksidan yang tinggi bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit parkinson dan alzheimer. Selain itu daun kelor bisa menunjang meningkatkan memori otak dan kerja otak. Berikan pada anak usia sekolah yang memerlukan vitamin otak untuk berpikir, pada usia produktif bekerja juga bagus untuk meningkatkan konsentrasi pada saat bekerja. 

7. Menjaga kesehatan hati

Manfaat daun kelor bisa untuk menjaga kesehatan hati. Bisa mempercepat perbaikan sel hati karena kandungan antioksidan berupa polifenol. Kandungan tersebut bisa melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif pada hati. Senyawa ini bisa meningkatkan kadar protein pada hati. 

Fungsi hati sebagai tempat metabolisme lemak, detoksifikasi darah dan penyerapan nutrisi. Fungsi nya akan optimal jika enzim hati normal, daun kelor berfungsi sebagai penstabil enzim hati tersebut.

8. Menjaga kesehatan saraf 

Manfaat daun kelor yang mempunyai vitamin A dan E dapat memerangi degenerasi saraf dan meningkatkan fungsi otak serta bekerja sebagai neuro-enhancer.

Jika mengalami sakit kepala atau migrain cobalah konsumsi daun kelor secara teratur. Manfaat untuk kesehatan sistem saraf ini juga bisa menstabilkan produksi neurotransmitter seperti serotonin, dopamin dan noradrenalin yang berpengaruh pada suasana hati, memori dan respon stimulus. 

9. Menjaga kesehatan kulit dan rambut 

Kandungan antioksidan pada daun kelor memiliki manfaat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Antioksidan dapat mengurangi munculnya kerutan,garis halus dan mengatasi jerawat. Selain itu bisa menambah kecerahan kulit karena bersifat purifying dan sifat terapeutik nya. 

Daun kelor yang diracik menjadi pasta juga bagus untuk merawat rambut dari kekusaman, mengurangi ketombe dan memperkuat folikel rambut. 

10. Menjaga kesehatan tulang 

Menjaga kesehatan tulang dapat menggunakan daun kelor karena tinggi kalsium dan fosfor. Sehingga bisa membantu mengatasi radang sendi, menyembuhkan tulang yang rusak dan memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu daun kelor juga bisa dimanfaatkan melawan osteoporosis dan menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat.

Kesimpulan

Kandungan daun kelor yang kaya akan gizi, vitamin dan antioksidan sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungan vitamin A dan C nya lebih banyak dari pada buah-buahan. Antioksidan nya bisa mencegah kanker hingga menjaga kesehatan organ penting dalam tubuh. 

Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh diantaranya mencegah tumbuhnya sel kanker, mengatasi anemia, menjaga kesehatan jantung, mengatasi masalah asam lambung, menjaga kadar gula lebih stabil pada penderita Diabetes. Menjaga kesehatan saraf dan otak, kerusakan pada hati, kesehatan tulang serta kulit dan rambut.

(GE – RFA)

Scroll to Top