SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

9 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan

Bagikan:

AshefaNews – Mungkin banyak orang yang tidak suka dengan buah pare, karena rasanya pahit. Semakin matang buahnya, maka untuk rasa dari pare ini akan terasa sangat pahit. 

9 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan
9 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan (Foto : Istimewa)

Pare adalah tanaman merambat di iklim tropis yang termasuk di dalam keluarga labu. Meski pahit, namun tanaman yang satu ini dibudidayakan di seluruh dunia karena buahnya bisa dimakan. 

Pare juga menjadi salah satu bahan makanan pokok di dalam jenis masakan Asia. Untuk pare yang tumbuh di Cina, biasanya panjang, berwarna hijau pucat dan ditutupi dengan benjolan seperti kutil. Semantara itu, pare yang dibutuh di India lebih kecil dan ujungnya runcing dengan paku yang kasar dan bergerigi kulitnya. 

Kandungan Pare 

Meski rasanya sangat pahit dan penampilannya yang khas, manfaat buah pare untuk kesehatan ternyata tidak main-main. Sehingga, sangat sayang sekali ketika dilewatkan begitu saja. 

Berdasarkan U.S Department of Agriculture, pada setiap satu cangkir (94 gram) pare mentah mempunyai kandungan beberapa nutrisi sebagai berikut: 

  • Kalori 20 gram. 
  • Karbohidrat 4 gram. 
  • Serat 2 gram. 
  • Vitamin C : 93%. 
  • Vitamin A : 44%. 
  • Folat : 17%. 
  • Kalium : 8%/.
  • Seng : 5%. 
  • Besi 4%. 

Manfaat buah pare yang kaya akan vitamin C, yaitu mikronutrien penting juga terlibat di dalam mencegah beberapa penyakit. Pare juga mempunyai kandungan vitamin A yang bisa meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan. 

Di dalam pare juga tersedia folat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, pare juga menjadi salah satu sumber katekin, asam galat dan asam klorogenat yang baik. Yuk simak lebih lengkapnya dibawah ini. 

Manfaat Buah Pare

Penasaran apa saja manfaat buah pare untuk kesehatan ? Sebagai berikut penjelasan lebih lengkapnya: 

1. Menurunkan Gula Darah 

Ini karena pare mempunyai sifat yang bertindak seperti insulin. Sehingga bisa membantu dan membawa glukosa ke dalam sel untuk menambah energi di dalam tubuh. Mengkonsumsi pare ini bisa membantu sel tubuh. 

Pare juga bisa membantu tubuh mempertahankan nutrisi dengan memblokir konversi menjadi glukosa yang berakhir di aliran darah. Ada beberapa penelitian yang sudah meneliti pare dan penyakit diabetes.

Salah satu studi di Journal of Ethnopharmacology membandingkan tingkat efektivitas pare dengan obat diabetes. Di dalam studi tersebut menyimpulkan, bahwa buah pare memang bisa mengurangi kadar fruktosamin dengan penyandang diabetes tipe 2. 

2. Melawan Kanker 

Penelitian menunjukkan, bahwa pare mempunyai kandungan senyawa dengan sifat melawan kanker. Hal ini juga menjadi salah satu manfaat pare mentah yang harus Anda simak. 

Penelitian di dalam jurnal Evidence Based COmplementary and Alternative Medicine, menunjukkan bahwa ekstrak di buah pare efektif untuk membunuh sel kanker perut. Namun tetap, harus ada penelitian lebih lanjut diperlukan agar bisa menentukan bagaimana pare bisa dipengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker di manusia bila dikonsumsi dengan jumlah normal. 

3. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Tidak hanya sekedar menurunkan kadar gula saja, khasiat pare untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Kondisi kolesterol yang sudah tinggi ini biasanya disebabkan, karena penumpukan plak lemak di bagian arteri. 

Sehingga, dengan kondisi tersebut memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Ada beberapa penelitian pada makhluk hidup hewan, menemukan bahwa pare bisa menurunkan kadar kolesterol dan memberikan dukungan kesehatan jantung secara keseluruhan. 

Satu studi di tikus dengan diet tinggi kolesterol yang sudah dipublikasikan National Center for Biotechnology Information mengamati, bahwa pemberian ekstrak pare ini menyebabkan penurunan secara signifikan. Namun, didalam penelitian tentang potensi penurun kolesterol dari pare sebagian besar menggunakan ekstrak dengan dosis besar. 

Studi tambahan yang diperlukan untuk menentukan apakah efek yang sama juga berlaku untuk manusia. Banyak yang mengkonsumsi buah pare untuk sebagian dari makanan diet seimbang. 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Mungkin ada yang mengkonsumsi buah pare secara rutin. Manfaat buah pare untuk kesehatan juga bisa membantu di dalam menurunkan berat badan. Pada sayuran yang satu ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan, karena mempunyai kandungan kalori yang rendah dan serat tinggi. 

Serat di dalam buah pare ini akan melewati saluran pencernaan yang sangat lambat. Di saat mengkonsumsi pare bisa lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Maka dari itu, menukar bahan kalori tinggi dengan pare bisa membantu di dalam meningkatkan asupan serat dan mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan. 

Ada beberapa penelitian yang juga menunjukkan, bahwa manfaat buah pare ini mempunyai efek menguntungkan pada proses pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Satu studi yang dipublikasikan oleh Nutrition Journal menentukan, bahwa mengkonsumsi kapsul dengan kandungan 4,8 gram ekstrak pare setiap hari bisa menyebabkan penurunan lemak perut secara signifikan. 

5. Mengatasi Batu Ginjal 

Batu ginjal merupakan kondisi medis yang sangat menyakitkan. Manfaat buah pare untuk kesehatan tubuh adalah membantu membersihkan tubuh dari batu ginja dari sifat pemecahannya secara alami. 

Pare juga bisa mengurangi asam tinggi yang bisa menghasilkan batu ginjal. Anda bisa langsung saja memasukkan bubuk pare bersamaan dengan air untuk membuat teh yang menyehatkan tersebut. Rasa dari teh ini sangat mengejutkan, namun mempunyai banyak manfaat. 

6. Menjaga Kesehatan Kulit 

Makanan maupun minuman yang diambil dari buah pare ini juga bisa memberikan manfaat untuk kulit. Ketika diminum secara teratur, pare diyakini bisa memberikan banyak efek glowing pada kulit. 

Selain itu, pare juga bisa membantu di dalam mengobati jerawat, psoriasis dan eksim. Anda bisa mencoba sup pare untuk menghilangkan satu kondisi kulit atau mendapatkan kulit yang lebih cantik. 

7. Sumber Vitamin K 

Vitamin K yang ada di buah pare bisa berkontribusi kesehatan tulang. Mengkonsumsi sayuran ini juga bisa membantu memberikan asupan vitamin K. Bagi Anda yang mengidap artritis bisa mengalami nyeri yang lebih rendah dan peradangan di persendian melalui peningkatan vitamin K di dalam buah pare

8. Meningkatkan Imunitas 

Sistem kekebalan tubuh yang sehat ini sangat penting untuk menangkis potensi beberapa infeksi dan penyakit. Tambahkan buah pare yang lebih lezat dan mudah disiapkan untuk memanfaatkan kesehatan tambahan ini. 

Manfaat buah pare juga akan membantu mencegah atau mengurangi alergi makanan dan menyingkirkan infeksi jamur secara alami. Bonus tambahan dari pare, yaitu meredakan refluks asam dan gangguan pencernaan. 

9. Membersihkan Liver 

Untuk manfaat buah pare terakhir adalah membersihkan organ hati, seperti tonik. Sebuah tonik bisa membantu pencernaan dan meningkatkan fungsi kandung empedu. Selain itu, tonik ini juga bisa membantu menurunkan berat badan dan meredakan gejala sistem usus yang mudah terganggu. 

Sirosis hati, hepatitis dan sembelit ini juga bisa diredakan dengan cara mengkonsumsi jus pare. Coba Anda konsumsi jus pare setidaknya sekali sehari untuk bisa menikmati manfaatnya. 

Sekian penjelasan mengenai pare dan semoga bisa bermanfaat!

(GE -ANG)

Scroll to Top