SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

12 Trik Mudah Download Video YouTube

Bagikan:

AshefaNews – YouTube adalah salah satu platform jejaring sosial berbagi video yang digunakan jutaan orang. Di sana ada banyak koleksi video berisi berbagai hal. Sayang, video-video itu tak bisa diunduh langsung untuk dikoleksi. Namun tenang saja, kini sudah ada banyak aplikasi dan layanan download video YouTube yang dapat dimanfaatkan.

Mengapa Perlu Download Video YouTube?

Bagaimana Trik Mudah Download Video YouTube

Saat ini ada banyak layanan yang dapat digunakan untuk mengunduh video dari Youtube secara gratis ke perangkat apa pun dengan kualitas yang baik dan menikmati menontonnya tanpa terhubung ke jaringan. Anda juga akan belajar cara mengunduh daftar putar atau bahkan seluruh saluran, fragmen video, musik atau klip video apa pun dari YouTube dalam format mp3.

Anda mungkin bertanya, untuk apa mengunduh video dari YouTube? Berikut beberapa alasannya :

  • Koneksi internet tidak selalu stabil – karena kecepatan yang buruk, video YouTube bisa saja diputar dalam kualitas rendah dan kemudian berkali-kali mengalami buffering, sehingga tidak ada kenyamanan menonton sama sekali;
  • Internet tidak tersedia di mana-mana – misalnya, dalam perjalanan ke berbagai pelosok daerah, tentu tak setiap tempat memiliki jaringan internet. Di daerah yang blank, pengguna tentu tak akan bisa memutar video YouTube secara online;
  • Tidak semua orang tahu cara menggunakan Internet. Meskipun statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2020 sudah 4,5 miliar orang menggunakannya, 3 miliar sisanya belum masuk ke World Wide Web. Misalnya, pengguna mengunduh video YouTube untuk ibu atau anak kecil mereka yang tak dapat mengakses Google dan YouTube. Atau mengunduh beberapa video untuk nenek agar ia memiliki hiburan di waktu-waktu nya;
  • Terkadang pengguna download video YouTube yang nantinya akan hilang, misalnya, rekaman dari beberapa webinar yang bermanfaat;
  • Pengguna sering mengunduh video dari YouTube dan mengirimkannya ke WhatsApp. Pengguna juga dapat mengirim tautan, dimana video yang diunduh dapat langsung dilihat langsung di WhatsApp dan didiskusikan;
  • Di Youtube, pengguna dapat melihat klip lagu populer, atau mendengarkan trek keren di latar belakang – pengguna dapat mengunduh musik yang diminati dalam format mp3, lalu menjalankannya melalui layanan pengenalan musik, seperti Shazam atau Yandex untuk mencari tahu judul persis lagu dan nama artisnya ;
  • Jika pengguna perlu memproses video (memotong sebagian, mengubah musik di dalamnya, menambahkan gambar, teks, dll.), pengguna tidak dapat pergi kemanapun tanpa mengunduh.

Tidak hanya satu metode tertentu untuk mengunduh video YouTube. Pengguna dapat memanfaatkan beberapa layanan, ekstensi browser, dan aplikasi khusus yang dengannya dapat dengan mudah dan gratis mengunduh video apa pun dari YouTube, trek musik dari video, daftar putar, dan bahkan seluruh isi channel.

Pengunduh Video 4K

Bagaimana Trik Mudah Download Video YouTube
Ilustrasi download video Youtube. (Foto: Istimewa)

Situs resminya dapat diakses di alamat : 4kdownload.com. 4K Video Downloader adalah layanan shareware yang memungkinkan Anda download video YouTube satu per satu, serta kumpulan klip dari daftar putar, saluran, atau Video yang Disukai. Selain itu, Anda dapat pun mengunduh subtitle sebagai file terpisah di hampir semua bahasa – totalnya ada 50 macam bahasa di dunia. 

Di semua video yang diunduh, Anda bahkan dapat menandai kualitasnya. Oleh karena itu, Anda dapat mengunduh video dalam kualitas 360p dan 4K dan bahkan 8K, jika video itu sendiri memungkinkan dan tersedia. Anda malah juga dapat mengunduh video pribadi dari YouTube.

Kelebihan utama dari layanan ini adalah mengunduh video tidak hanya dari YouTube, tetapi juga dari hosting dan platform video populer lainnya mulai dari Vimeo, TikTok, SoundCloud, Bilibili, dan banyak lainnya. Benar, memang tidak selalu berhasil untuk mengunduh video secara berkelompok dari platform lain namun setidaknya layanan ini cukup membantu dalam mendapatkan video-video yang diinginkan dari YouTube.

Setelah menginstal aplikasinya di laptop atau PC atau juga Android, Anda perlu menyalin tautan dari browser ke saluran, video, atau daftar putar YouTube dan menempelkannya ke bilah pencarian dari aplikasi. Anda juga dapat menentukan proxy yang diinginkan dalam pengaturan untuk menghindari kemungkinan pembatasan yang dijalankan YouTube. Situs ini sudah menyediakan semua petunjuk bagaimana menggunakan aplikasi yang satu ini.Programnya adalah shareware, jadi Anda tidak perlu membayar di awal. 

Free YouTube Download

Tautan unduhan dari aplikasi ini ada di dvdvideosoft.com. Aplikasi download video YouTube gratis ini juga merupakan program untuk Windows dan Mac OS selain untuk Android. Di sini Anda dapat mengunduh semua video yang Anda suka secara massal, serta saluran dengan daftar putar dan video pendek. Ada fitur menarik lainnya – ini adalah kombinasi dari beberapa video menjadi satu. Artinya, Anda dapat mengumpulkan beberapa video dan mengunduhnya sebagai satu file.

Beberapa fitur lain dari aplikasi Free YouTube Download ini seperti :

  • Dapat mengunduh video dalam format yang ada di YouTube;
  • Dimungkinkan untuk mengkonversi semua video ke format MP4, AVI, dan MOV – fitur ini sangat nyaman jika Anda akan beralih dari Windows ke MacOS;
  • Semua video dapat dikonversi ke MP3 untuk menghilangkan suara dari video;
  • Dapat mentransfer semua video ke iTunes sekaligus.

Prosedur menggunakan aplikasi ini mudah saja. Setelah penginstalan di perangkat, Anda perlu menyalin URL video atau daftar putar dan menempelkannya ke bilah pencarian di program. Anda dapat menyisipkan beberapa tautan sekaligus jika itu adalah channel dan video individual atau beberapa daftar putar YouTube. Setelah itu, klik tombol unduh dan atur format yang diinginkan.

Aplikasi download video YouTube ini menawarkan masa trial gratis, setelah itu Anda harus berlangganan. Penting untuk diketahui bahwa saat mendaftar untuk versi gratis, Anda perlu memasukkan detail kartu kredit Anda, dan di akhir jangka waktu, biaya berlangganan akan dibebankan dari situ. Untuk itu pertimbangkan lebih dulu sebelum menggunakan aplikasi yang satu ini.

YouTubePlaylist.cc

Layanan download video YouTube ini memiliki situs resmi di : youtube playlist.cc. YouTubePlaylist.cc adalah layanan online nyaman yang memungkinkan Anda mengunduh video YouTube satu per satu, atau banyak sekaligus dari saluran atau daftar putar. Anda bisa langsung menandai kualitas video yang diinginkan, sekaligus mengganti nama videonya.

Cara menggunakan layanan ini pun mudah seperti lainnya. Anda harus terlebih dahulu menyalin tautan ke saluran atau daftar putar yang diinginkan, lalu mengakses layanan YouTubePlaylist.cc dan mendaftar. Tanpa registrasi, Anda tidak akan dapat mengunduh video. Segera setelah itu, Anda dapat memasukkan tautan ke baris – daftar video di saluran akan muncul di bawah. Penting bahwa di sini tidak mungkin untuk memilih hanya sebagian, Anda dapat mengunduh satu atau semua video.

Meskipun mungkin ada beberapa ketidaknyamanan dalam penggunaan, namun layanan download video YouTube ini sepenuhnya gratis. Karena itu, jika Anda perlu mengunduh semuanya dengan cepat, platform ini akan melakukannya untuk anda dengan hasil yang memuaskan.

Open Video Downloader

Tautan untuk mengunduh aplikasi Open Video Downloader ada di situs github.com. Open Video Downloader adalah add-on grafis untuk Open Source dari youtube-dl. Program harus diunduh ke perangkat dan diinstal agar dapat bekerja dengannya. Melalui itu, Anda dapat mengunduh video YouTube dan daftar putar individual atau channel lengkap.

Cara menggunakan program yang satu ini di gadget anda sangatlah simpel. Setelah memasangnya ke perangkat, Anda perlu mengunduh paket library tambahan. Anda harus menunggu sebentar setelah penginstalan agar program memuat file library itu sepenuhnya. Setelah itu, Anda dapat langsung mulai mengunduh – ambil tautan ke video atau saluran, pilih kualitas video, serta folder penyimpanan hasil unduhannya. Kemudian Anda perlu memulai pemindaian, agar tombol unduh akan muncul. Kelebihan utama dari aplikasi download video YouTube ini adalah sepenuhnya gratis.

Direct YouTube Downloader

Anda dapat memperoleh aplikasi itu dengan masuk ke link berikut : direct-youtube-downloader.ru.malavida.com. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunduh video dari YouTube, bahkan dalam format 4K dan UltraHD. Selain itu, Anda dapat menuliskan karakteristiknya dalam video terpisah

Menariknya, jika Anda, misalnya, mengunduh ke MP4 di MacOS, maka program secara otomatis mengkonversi video ke AVI atau MOV karena menyesuaikan dengan karakteristik perangkat keras yang Anda gunakan. Cukup canggih kan?

Meskipun program ini sepenuhnya gratis, dan tidak ada iklan di dalamnya, namun aplikasi ini memiliki sedikit kekurangan. Yaitu saat mengunduh, sistem dapat saja mengunduh perangkat lunak tambahan yang tidak diperlukan. Oleh karena itu, penting untuk memantau proses penginstalan dan menolak program tambahan yang tidak perlu.

Untuk menggunakan layanan download video YouTube ini, setelah instalasi, Anda dapat langsung pergi ke halaman utama dan memasukkan nama saluran tempat Anda ingin mengunduh video. Setelah mengunggah video, Anda dapat langsung mengunduhnya. 

Tapi di sini penting untuk masuk dulu ke pengaturan aplikasi dan mengubah tempat penyimpanan video. Secara default, ini akan disimpan ke drive C, jadi lebih baik mengubahnya ke drive D. Anda juga dapat segera menonaktifkan pengenalan otomatis tautan dari clipboard di pengaturan. 

Videoder

Aplikasi dan layanan yang satu ini tersedia di situs resmi: videoder.com. Videoder adalah aplikasi Android, sehingga Anda dapat mengunduh semua video melalui ponsel Anda. Sayangnya, ini tidak berfungsi di iOS, tetapi ada versi untuk laptop dan komputer di Windows. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengunduh video YouTube dari daftar putar sekaligus hanya dalam beberapa detik saja.

Aplikasi ini dikembangkan tidak hanya untuk mengunggah video dari YouTube namun juga memiliki banyak fitur menarik lainnya seperti :

  • Unggah video dalam kualitas apa pun, termasuk 4K;
  • Edit sampul video;
  • Unggah tidak hanya video, tetapi juga musik;
  • Menggunakan situs apa pun, termasuk Tik Tok, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Untuk langkah-langkahnya, pertama Anda harus mengakses situs resminya dan mengunduh aplikasi ke ponsel Anda. Setelah mengunduh, Anda harus pergi ke aplikasi dan menempelkan tautan ke daftar putar yang diinginkan di bilah pencarian. Tetap memilih jumlah video dan mengunduhnya ke ponsel Anda sekaligus. Di sini Anda dapat langsung memilih kualitas video.

Y2mate

Layanan yang satu ini sangat menarik karena beberapa fitur yang dimilikinya. Misalnya Y2mate dapat melakukan ekstraksi audio dengan output dalam format MP3 dan M4a. Kemudian untuk format video yang dapat diunduh adalah : MP4, M4V, WebM, FLV, 3GP. Dan batasan kualitas video pun hingga 1080p.

Layanan online Y2mate memiliki lebih sedikit batasan pada kualitas video yang diunduh dan memungkinkan Anda mengekstrak audio. Seperti SaveFrom, aplikasi ini menawarkan untuk menggunakan trik tertentu yaitu tambahkan kombinasi pp setelah kata youtube di bilah alamat untuk mengunduh dengan cepat.

NoTube

Tujuan utama layanan NoTube adalah untuk mengkonversi video dari Youtube ke format lain. Paling sering digunakan untuk mengekstrak musik yang Anda suka. Pengguna cukup menempelkan tautan ke video dan konversikan ke mp3. Hanya saja tidak disarankan mengunduh video dari YouTube melalui layanan ini, karena kualitas videonya buruk dan kualitas ini tidak dapat diubah dengan cara apa pun.

Getvideo

GetVideo adalah layanan yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengunduh video dan audio dari YouTube. Namun ada batasan dari aplikasi yang satu ini yaitu Anda hanya dapat mengunduh video dalam kualitas hingga 720p. Video kualitas tinggi hanya tersedia dalam program gratis, yang dapat ditemukan di situs resminya.

Aplikasi Video Ummy Downloader

Langkah pertama adalah mengunduh program dari website resminya dan instal PC. Setelah mengunduh, pasang programnya di perangkat dengan double click filenya. Setelah beberapa detik, program akan di instal, dan ikonnya akan muncul di desktop.

Selanjutnya untuk mengunduh video dari YouTube, luncurkan programnya dengan mengklik dua kali ikonnya, dan menentukan tautan ke video di jendela yang muncul. Sebagai contoh, ambil video dengan kualitas tinggi (4K). Setelah menentukan tautan, latar belakang akan diwarnai dalam pratinjau video ini, dan di bawahnya pengguna dapat memilih format dan kualitas.

Pengguna juga dapat mengkonversi video ke MP3, yaitu ke file audio. Setelah memutuskan pilihan, tinggal mengklik tombol “Unduh” dan memilih tempat mengunggah video. Selanjutnya, pengguna akan melihat progres pengunduhan. Itu dapat di jeda dan dilanjutkan. Pengguna pun dapat mengunduh banyak video sekaligus.

Download Video YouTube dari iPhone

Apakah mungkin untuk mengunduh video secara massal dari YouTube ke iPhone? Pemilik produk apple mungkin mengalami masalah – meskipun ada program yang dapat digunakan mengunduh video di MacOS, tidak ada program dan aplikasi seperti itu di iPhone. Pasalnya, Apple sangat memperhatikan keamanan penggunanya.

Namun, ada cara untuk download video YouTube ke iPhone, tetapi Anda harus melakukannya dengan setiap video secara terpisah. Selain itu, Anda harus menjadi pengguna Premium untuk melakukan ini. Kemudian YouTube akan memberikan kemampuan untuk mengunduh video apa pun melalui tombol “Unduh” di bawah video.

Tentu saja, aplikasi dan program untuk tujuan download video YouTube mungkin muncul, tetapi karena komitmen Apple terhadap keamanan, aplikasi semacam itu dengan cepat akan menghilang atau diblokir.

Trik Lain Download Video YouTube

Jika kita berbicara tentang layanan, maka ada situs SaveFrom. Menariknya layanan ini adalah Anda tidak perlu login, Anda hanya perlu memasukkan tautan ke video, pilih kualitas dan unduh ke ponsel Anda. Namun untuk mengunduh video dari YouTube menggunakan layanan ini, anda pun bisa tak perlu menyalin tautan dan bahkan membuka situsnya. Cukup masukkan ss di bilah alamat di YouTube sebelum kata youtube dan tekan “Enter”, dan Anda akan secara otomatis dialihkan ke halaman unduhan dengan pilihan kualitas.

Kemudian ada juga trik lama,  Anda dapat merekam layar menggunakan aplikasi perekam video layar dan kemudian memotong bagian ekstra di layar dalam aplikasi agar video terlihat bagus.

Video YouTube dapat dengan mudah ditransfer ke platform lain jika Anda mengunduhnya secara massal. Ada banyak program untuk download video YouTube  untuk berbagai perangkat yang berbeda. Silahkan pilih salah satu beberapa opsi di atas.

Baca juga:

(GE – HKM)

Scroll to Top