SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Apa itu Restart ? Ketahui Bagaimana Caranya

Bagikan:

AshefaNews – Seperti smartphone merek lain, ponsel iPhone bisa saja mengalami masalah karena sebab tertentu. Hal yang sering terjadi adalah aplikasi yang berjalan lambat atau tidak merespon. Untungnya, ada cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini dengan restart iPhone tersebut. 

Namun cara restart ponsel iPhone tidak sama dengan HP Android, seperti HP Samsung atau Xiaomi. Anda mungkin perlu mencoba beberapa cara mengingat iPhone memiliki tipe berbeda tergantung serinya. 

Apa itu Restart ?

Restart artinya proses menyalakan kembali perangkat dan sering terjadi pada komputer atau smartphone. Proses ini biasanya terjadi secara sengaja atau tidak. Biasanya ketika Anda baru saja menginstal aplikasi di perangkat yang digunakan, maka akan diminta untuk menyalakan ulang.

Bagaimana Cara Restart IPhone?

Ada beberapa cara untuk restart Hp khususnya iPhone yang bisa Anda coba supaya fresh lagi. Penasaran dengan caranya? Baca artikel ini sampai selesai.

  1. Memanfaatkan Siri

Bagi Anda yang memiliki iPhone dengan iOS 16 atau lebih baru, coba restart iPhone dengan menggunakan fitur Siri. Cara ini tergolong paling aman karena Anda hanya perlu mengeluarkan perintah suara dan mengkonfirmasinya. 

Setelah itu, ponsel Anda akan menangani sisanya tanpa menekan tombol apa pun. Berikut cara me-restart iPhone menggunakan Siri:

  • Nyalakan fitur Siri melalui menu Setting, lalu pilih Siri & Search. 
  • Tekan dan tahan tombol samping (di iPhone X dan model yang lebih baru) atau tekan dan tahan Tombol Utama untuk model iPhone 8 dan seri sebelumnya. 
  • Ucapkan Hi Siri. 
  • Ucapkan restart my iPhone, nantinya akan muncul menu perintah untuk menghidupkan ulang ponsel.
  • Ketuk Yes untuk konfirmasi. 
  • Setelah melakukan konfirmasi, Anda tinggal duduk manis dan menunggu proses restart selesai. 
  • Saat Anda melihat tampilan layar kunci, masukkan kode sandi menggunakan iPhone sebagaimana mestinya.
  1. Menggunakan Kombinasi Tombol Power dan Volume

Jika Anda ingin memanfaatkan tombol sebagai cara untuk merestart iPhone, gunakan tombol kombinasi Power dan Volume. Cara ini memang paling banyak digunakan karena mudah dan bisa diterapkan pada hampir semua seri iPhone.

  • Tekan Volume Atas selama beberapa detik, lalu lepaskan. 
  • Tekan Volume Bawah sebentar, lalu lepaskan. 
  • Tekan lalu tahan tombol power hingga muncul tampilan Slide to power off 
  • Abaikan tampilan layar tersebut, terus tekan dan tahan tombol power sampai muncul logo Apple. 
  • Jika sudah muncul, berarti iPhone sudah berhasil di restart.
  1. Gunakan Fitur AssistiveTouch

Ternyata fitur Assistive Touch juga bisa kamu gunakan untuk merestart iPhone dengan mudah. Namun fitur ini biasanya digunakan pada ponsel iPhone yang sudah tidak memiliki Home Button lagi, yaitu iPhone seri X ke atas. Begini caranya.

  • Buka menu Pengaturan (Settings) di iPhone Anda , lalu ketuk Accessibility, kemudian pilih Touch.
  • Ketuk AssistiveTouch dan ubah dengan menggeser fitur tersebut agar berwarna hijau atau aktif.
  • Setelah itu Tombol Home akan otomatis ditambahkan ke layar dan ketuk untuk menampilkan pilihan menunya.
  • Pilih Settings, ketuk General, kemudian klik Shut Down.
  • Pada saat layar mati, tekan tombol Power.
  • Tunggu beberapa saat agar ponsel menyala kembali
  • Masukkan sandi Anda bila sudah menjumpai layar entry passcode.

Pastikan untuk melakukan cara ini dengan benar, agar iPhone Anda kembali normal tanpa adanya lemot dan lag lagi saat digunakan.

  1. Restart Paksa 

Bagaimana jika HP iPhone mengalami error atau hang dan tidak bisa direstart dengan cara biasa? Tenang saja! Anda dapat mencoba me-restart iPhone menggunakan metode paksa. 

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan di iPhone 7 ke atas. Caranya tekan dan tahan tombol power selama 10 detik. Tunggu hingga logo Apple muncul. iPhone akan restart sendiri dan tunggu sampai proses selesai.

  1. Restart Dengan Home Button

Jika Anda memiliki iPhone dengan Home Button, termasuk model Touch ID dan non-Touch ID, ada cara khusus untuk restart HP iPhone. Begini caranya.

  • Tekan lalu tahan tombol Power.
  • Setelah muncul tampilan Slide to Power off di layar, geser ke kanan untuk mematikan iPhone.
  • Tunggu hingga iPhone mati sepenuhnya.
  • Tekan lalu tahan tombol Volume atas untuk menghidupkan iPhone.
  • Tunggu sampai logo Apple muncul biasanya membutuhkan waktu beberapa saat.
  • Selesai.

Apa Fungsi Restart HP Iphone?

Ada beberapa fungsi saat Anda memutuskan untuk merestart HP. Fungsi dan manfaat tersebut diantaranya:

  1. Refresh System 

Saat Anda menekan tombol reboot pada perangkat HP, semua file sampah yang tidak diperlukan akan otomatis terhapus. Saat ponsel dinyalakan kembali, sistem akan fresh kembali dan siap untuk Anda gunakan secara optimal. 

  1. Mengatasi Aplikasi Error 

Fungsi restart HP selanjutnya adalah untuk mengatasi aplikasi yang error. Jika Anda pernah menginstal aplikasi yang kemudian tidak berjalan sama sekali, maka Anda harus mencoba me-restart smartphone Anda. Nantinya, aplikasi yang error akan normal kembali.

  1. Mengatasi Kegagalan Sistem 

Salah satu fungsi restart HP adalah dapat mengatasi kegagalan sistem yang terjadi pada perangkat HP. Seringkali kita mengalami beberapa menu HP yang tidak bisa diakses atau ada beberapa fitur yang tiba-tiba hilang atau lain sebagainya.

Jadi dengan restart atau reboot, Anda bisa mengembalikan keadaan sistem seperti semula. Dengan memulai ulang, Anda dapat memulihkan sistem yang disebabkan oleh kerusakan pembacaan file. 

Namun, setelah Anda restart dan kondisinya tetap tidak bisa pulih. Ada kemungkinan  sistem atau aplikasi mengalami corrupt. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan install ulang, bisa factory reset hingga flashing.

Kapan Harus restart HP?

Banyak mitos yang bertebaran mengenai penggunaan HP, agar kinerja perangkat lebih optimal. Ada satu pandangan bahwa restart HP setiap saat akan mencegah perangkat cepat rusak.

Selain itu, muncul juga pertanyaan apakah HP yang lama tidak dimatikan alias selalu standby, akan cepat rusak atau tidak?

faktanya tidak perlu me-restart ponsel terlalu sering dengan intensitas tinggi. Begitu pula dengan tidak mematikan ponsel dalam waktu lama tidak serta merta membuat perangkat rentan rusak. Masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan HP awet maupun mudah rusak.

Tetapi disarankan untuk melakukan restart 1 atau 2 kali seminggu. Hal ini diperlukan untuk membuat perangkat melakukan penyegaran. HP akan membersihkan data aplikasi yang tertinggal di memori saat perangkat hidup.

Fungsi melakukan reboot secara berkala juga dapat mencegah kerusakan perangkat dan memperpanjang masa pakai baterai.

KesimpulanAda banyak cara yang bisa digunakan untuk restart iPhone yaitu dengan memanfaatkan fitur Siri, kombinasi tombol volume dan power, restart paksa dan sebagainya. Dan HP juga tidak perlu terlalu sering di restart agar awet, karena pernyataan tersebut hanyalah mitos yang beredar. Dari penjelasan diatas, pastinya Anda tidak akan kebingungan lagi saat ingin merestart iPhone yang lemot agar fresh kembali.

(GE – NS)

Scroll to Top