Mengenal Lebih Jauh Kelebihan iPhone 13 Pro

Bagikan:

AshefaNews – Kwartet ponsel iPhone terbaru dari Apple sudah datang. iPhone 13 series hadir dengan seabrek kelebihan yang ditawarkan kepada konsumen. Salah satu pilihan menarik segmen premium adalah seri iPhone 13 Pro, berikut ulasannya.

Spesifikasi iPhone 13 Pro

Secara lengkap, spesifikasi iPhone 13 Pro yang baru saja dikeluarkan oleh Apple adalah sebagai berikut :

  • Dimensi: 146,7 x 71,5 x 7,65mm, 203g
  • Layar: 6,1″, OLED, Super Retina XDR, 2532×1170, 460 ppi, 120 Hz
  • Prosesor: 6-core Apple A15 Bionic
  • Memori: 6 GB RAM, 128/256/512 GB atau 1 TB ROM
  • Kamera: 12 MP, f/1.5 (lebar) + 12 MP, f/1.8 (ultra lebar) + 12 MP, f/2.8 (telefoto); 12 MP, f/2.2 (depan)
  • OS: iOS 15
  • Konektivitas: Lightning (USB 2.0), Gigabit LTE, 5G, Wi‑Fi 6 (802.11ax) dengan teknologi MIMO, Bluetooth 5.0, UWB, GPS, GLONASS, Galileo, NFC, eSIM
  • Warna Kesing : Perak, Grafit, Emas, Biru Langit

Desain Lama dan Warna Baru

IPhone 13 Pro memiliki format desain yang sangat nyaman, tidak besar dan tidak kecil, sangat berbobot, dirakit dengan sempurna, dan semuanya dengan dinding samping mengkilap yang sama. Bagian belakang frosted glass selalu terjaga bersih dan tidak mudah kotor. Satu kata untuk mewakili itu semua : Premium!

Bagian casingnya sangat tahan lama, kaca Ceramic Shield tahan dengan baik dan pengguna tidak akan takut jika perangkatnya jatuh. Sisi baja yang terbuat dari baja medis terasa berbeda dari sisi aluminium, tetapi pengguna tidak dapat merasakan perbedaan ini pada casingnya. Bobot ponsel bertambah, bahkan dirasakan lebih berat daripada 12 Pro Max.

Tahun lalu, iPhone 12/12 Pro adalah hal baru yang telah lama ditunggu-tunggu dalam desain yang benar-benar baru, tahun ini tidak seperti itu. Anda dapat membedakan Pro baru dari Pro lama dengan beberapa cara. Pertama iPhone 13 Pro menawarkan warna bodi baru, warna biru pucat, bukan warna biru yang kaya. Poin lainnya adalah blok dengan kamera menjadi lebih besar. Ketiga adalah modifikasi bentuk balok dengan sensor. Sekarang “unibrow” telah berkurang lebarnya dan sedikit bertambah tinggi. 

Tampilan Layar 120Hz

Dimensi fisik iPhone 13 Pro relatif sama dengan generasi sebelumnya, bingkainya sama – secara umum, tidak ada inovasi visual, kecuali bentuk baru “poni”. Terasa diagonal sekitar 5,8-6,1 inci adalah yang paling nyaman digunakan. Ponsel ini mudah dioperasikan dengan satu tangan, Anda tidak perlu mengalami ketidaknyamanan saat mengetik karena tidak dapat menjangkau karakter dengan jari Anda, seperti pada Pro Max. 

Salah satu kelebihan utama dari seri iPhone 13 Pro yang baru adalah dukungan untuk mode 120 Hz dan Pro Motion dari visual layar. Intinya adalah bahwa 120 Hz yang terkenal tidak berfungsi sepanjang waktu, agar tidak membuang-buang daya baterai, tetapi menyesuaikan dengan konten yang sedang ditampilkan di layar. Bila digunakan untuk memutar konten video misalnya maka Anda mendapatkan animasi super halus, namun jika Anda sedang membaca teks di layar, maka hanya mendapatkan 10 Hz. 

SoC 5 nm

Boleh jadi tidak ada orang yang serius membeli iPhone terbaru ini karena kemampuan prosesornya. Sebab keunggulan kinerjanya sudah cukup dilihat pada iPhone Pro generasi lama, belum lagi system-on-a-chip 5nm yang baru. Dalam prakteknya mungkin akan sulit merasakan perbedaan kinerja dengan seri iPhone sebelumnya. Tetapi yang lebih penting adalah di masa mendatang dimungkinkan untuk menggunakan iPhone 13 Pro ini dengan nyaman saat versi baru iOS dirilis.

Chip A15 Bionic, dibuat menggunakan teknologi 5nm. Enam inti, dua di antaranya dengan frekuensi hingga 3,22 GHz. Performa meningkat 50% dan grafik 30%. Neural Engine 16-core baru mampu memproses 15,8 triliun operasi per detik. Jumlah RAM tidak disebutkan secara resmi, tetapi menurut bocoran, lagi-lagi 6 GB, yang jelas tidak cukup. Seringkali, aplikasi di latar belakang mati dan terbuka kembali saat kembali.

IPhone 13 Pro tersedia dalam berbagai ukuran penyimpanan internal: mulai dari 128 GB, lalu 256 GB, lalu 512 GB, dan terakhir 1 TB. Mengingat 1 menit video dalam ProRes, yaitu kualitas maksimal, membutuhkan sekitar 6 GB, dapat dibayangkan mengapa ponsel membutuhkan begitu banyak ruang.

Konektor lightning menurut standar tahun 2021 dianggap sebagai sesuatu yang kuno. Oleh karena itu, pengguna perlu mentransfer data dari ponsel ke komputer, jika perlu, melalui cloud. 

Kamera Sangat Unggul

Tahun lalu, salah satu argumen terkuat yang mendukung iPhone 12 Pro Max adalah kamera yang lebih canggih daripada model dasarnya. Sekarang tidak ada argumen seperti itu, jika Anda menyukai foto atau video, maka tidak perlu membeli iPhone dari segmen Max.

Blok kamera sekarang lebih besar dibandingkan dengan iPhone 12 Pro. Setiap kamera menonjol dari bodinya. Dan semua itu karena sensornya lebih besar. Misalnya, yang utama menangkap cahaya 2,2 kali lebih banyak, dan juga menerima aperture pada f / 1.5. Resolusinya tetap sama, 12 megapiksel. Namun yang jauh lebih menarik adalah ukuran pikselnya – 1,9 mikron, terbesar di antara smartphone yang ada. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki ukuran piksel 0,8 µm, Huawei P50 Pro 1 µm, Xiaomi Mi 11 Ultra 1,4 µm, dan 12 Pro Max 1,7 µm.

Salah satu kelebihan kamera iPhone 13 Pro adalah kehebatannya memotret dalam cahaya redup. Ini berlaku untuk kamera 12 megapiksel utama dan modul sudut lebar untuk 12 megapiksel yang sama.

Dan, yang menarik, fitur kamera iPhone 13 Pro pun memiliki mode malam khusus, yang muncul pertama kali tahun lalu. Sekarang kamera melakukannya tanpa itu dan mengambil gambar di mesin, tanpa mengharuskan Anda untuk tetap tenang dan menjaga ponsel tetap diam. Smart HDR telah diperbarui ke versi keempat, sekarang dapat menyesuaikan eksposur secara individual untuk beberapa orang dalam bingkai. Mode sinematik, yang secara real time menentukan wajah dan tindakan dalam bingkai, secara otomatis mengalihkan fokus dari satu orang ke orang lain atau ke objek. Dalam hal ini, latar belakang yang tidak fokus diburamkan, menciptakan efek kedalaman.

Sensor ultra-wide-angle sekarang juga baru. Bukaan telah ditingkatkan dari f/2.4 ke f/1.8, yang menangkap 92% lebih banyak cahaya. Sensor tersebut dilengkapi dengan pemfokusan piksel, yang berguna untuk foto makro atau video dari jarak 2 cm.

Sedangkan untuk lensa telefoto, jika 12 Pro memiliki zoom 2x, dan 12 Pro Max memiliki zoom 2,5x, maka pada iPhone 13 Pro mendapatkan zoom 3x. Itu setara dengan 77mm yang sedikit lagi akan menyamai lensa potret klasik 85mm di iPhone 14 Pro atau 15 Pro. 

Singkatnya, dengan iPhone 13 Pro, Anda mendapatkan lebih banyak pilihan untuk mengambil foto yang indah dan video kreatif, layar 120Hz, masa pakai baterai yang lebih baik, warna bodi baru, dan kesing baja bukan aluminium. Apakah layak membayar Rp.17.499.000 untuk mendapatkan perangkat ini? Sangat Worth It!

(GE – HKM)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top