Apa Saja Kelebihan yang Ditawarkan iPhone 13 Pro Max

Bagikan:

AshefaNews – Banyak pengguna yang mengakui iPhone 12 Pro Max adalah iPhone terbaik yang pernah ada. Casingnya, tampilannya, kameranya, kecepatann dan fitur-fiturnya. Lalu bagaimana dengan iPhone 13 Pro Max sebagai penggantinya?

Desain iPhone 13 Pro Max

IPhone 13 Pro Max baru terlihat identik dengan model tahun sebelumnya. Saat  meletakkannya berdampingan, kita akan melihat bahwa matrik kamera menjadi lebih besar dan lebih menonjol dari casing. Salah satu warnanya juga berubah drastis dari biru laut menjadi biru langit. Dari Sierra Blue baru yang lebih cerah dibanding Pacific Blue tahun sebelumnya.

Ponsel ini juga dibuat dengan sempurna, karena bahan yang digunakan adalah kaca dan baja dengan kualitas terbaik. Layarnya dilindungi oleh kaca, dinamai Apple dengan Ceramic Shield. Versi Pro Max ini yang paling berat dengan bobot 240g (berat 228g tahun sebelumnya).

Layar iPhone 13 Pro Max

Perangkat iPhone 13 Pro Max memiliki ukuran layar yang sama dengan model tahun lalu, yakni 6,7 inci. Sementara versi 11 Pro Max memiliki layar 6,5 inci yang sedikit lebih kecil. Selama 2 tahun layar ini dideskripsikan sebagai Super Retina XDR, namun tahun ini ada bagian lain yang sudah kita ketahui dari iPad Pro. Itu adalah ProMotion, yaitu fitur refresh dinamis hingga 120Hz. Layar OLED juga memiliki kecerahan yang sedikit lebih tinggi (1.000 nit dibandingkan dengan 800 nit tahun lalu) dan lekukan yang lebih sempit yang masih besar.

Resolusi tetap tidak berubah – 2778×1284 piksel (458 ppi). Visual yang disuguhkan layar iPhone masih menjadi salah satu layar terbaik, berfungsi dalam kondisi apa pun, bahkan di bawah sinar matahari yang sangat terik. Dengan sendirinya, refresh 120Hz tidak membuat banyak perbedaan karena sistem itu sendiri, prosesor, dan komponen lainnya telah menyediakan banyak fluiditas sebelumnya.

Spesifikasi iPhone Pro Max 13

Perangkat iPhone terbaru ini ditenagai oleh prosesor A15 Bionic. Seharusnya lebih cepat dari versi A14, tetapi dalam penggunaan sehari-hari tidak mudah untuk mengevaluasi dan membandingkan. Dalam pengujian, prosesor ini memang memecahkan rekor baru, tetapi Apple sudah terbiasa. Dengan raihan itu. Prosesor A15 Bionic memiliki 6 inti – jumlah yang sama dengan tahun lalu. GPU memiliki satu inti lagi (sekarang 5). 

Konfigurasi barunya menawarkan slot eSIM ganda, fitur yang sangat penting bagi orang yang sering bepergian. Hingga saat ini, salah satu set SIM ganda harus berupa kartu fisik. Teknologi yang diimplementasikan lainnya sudah diketahui dari model 12 Pro Max: 5G, WiFi 6, Bluetooth 5.0, dan chip ultra-wideband.

iOS 15 diumumkan pada bulan Juni yang tersedia untuk hampir semua pengguna iPhone, bahkan di iPhone 6s. Ada banyak fitur baru dalam system iOS terbaru ini, tetapi ini hanya menawarkan update minor dan bukan perubahan revolusioner untuk semua orang. 

Dengan iOS 15, pengguna akan melihat tampilan notifikasi yang berbeda, aplikasi cuaca yang didesain ulang, layanan Teks Langsung untuk OCR dalam kamera, dan perlindungan informasi IP yang lebih baik saat menggunakan email. Perubahan besar juga telah dilakukan pada browser bawaan. Fitur “Fokus Sekarang” dapat menyesuaikan notifikasi tergantung pada tempat dan waktu.

Kamera iPhone 13 Pro Max

Tidak akan ada revolusi dalam kamera yang dibawa iPhone 13 Pro Max ini. Seperti tahun lalu, pengguna diberikan tiga kamera 12 megapiksel (telefoto, sudut lebar, dan sudut ultra lebar). Matrik untuk meletakkan kamera dan lensanya sendiri lebih besar. Lensa tele sekarang lebih gelap karena diperbesar 3x (2x untuk tahun yang lalu). Perbedaan kecerahannya signifikan, sekarang f/2.8, dan setahun sebelumnya – f/2.2. Kamera utama sedikit lebih terang (1,5 vs 1,6). Kamera ultra lebar jauh lebih terang, ada peningkatan dari kecerahan 2,4 menjadi 1,8.

Seperti tahun lalu, pengguna bisa menyimpan foto dalam format ProRAW. Namun yang baru adalah gaya foto, “preset” pengguna sendiri untuk pengaturan. Ini memungkinkan pengguna mengambil semua foto di iPhone dengan gaya desain favorit mereka sendiri. Sebagian besar penggemar fotografi seluler tentu senang dengan fitur yang satu ini.

Apple mengikuti jalur Google dan mulai memperumit aplikasi kamera, dan kesederhanaan plus kualitas foto itulah yang menjadi nilai jual terbesar iPhone sejauh ini. Hal baru yang juga akan disukai adalah mode makro sebenarnya, yang memungkinkan pengguna mengambil gambar dari jarak yang sangat dekat. 

Kamera depan iPhone 13 Pro Max tidak berubah masih 12 MP dan ISO 2.2. Seperti kamera di belakang, pengguna pun akan menemukan beberapa fitur baru: style fotografi, perekaman ProRes, dan mode sinematik.

Untuk kualitas foto, seperti biasa sangat bagus baik digunakan di siang maupun malam hari. Kamera iPhone memang mengesankan dalam hal warna, detail, dan kinerja HDR-nya. Namun, mode potret tidak berfungsi yang kemungkinan ada hubungannya dengan penerapan mode sinematik untuk video.

Dalam hal video, semuanya juga sangat bagus seperti biasanya. IPhone masih mengungguli persaingan dengan kemampuan stabilisasi yang hebat, perekaman yang mulus, dan HDR (Dolby Vision) yang hebat. Pengecualiannya adalah mode sinematik baru, yang membuat rekaman FULL HD terlihat artifisial. Sebentar lagi format rekaman ProRes juga akan muncul di iPhone, namun format ini belum tersedia.

Baterai iPhone 13 Pro Max Berapa Lama Bisa Bertahan?

Apple mengklaim bahwa seri iPhone terbaru ini akan memiliki masa pakai baterai yang lebih lama meskipun memiliki prosesor yang lebih cepat dan refresh layar 120Hz. iPhone 13 Pro Max tidak menyediakan pengisi daya atau charger. Konsumen bisa membelinya sendiri “fast charger” dengan daya 20W. Pengisian nirkabel memiliki daya 7,5 hingga 15 watt. 

Berapa Harga iPhone 13 Pro Max?

Menjelang kemunculan penerusnya, iPhone 14 series, harga iPhone 13 Pro Max baik baru maupun lama mengalami sedikit penurunan di pasar Indonesia. Harga iPhone 13 Pro Max pada awal Desember 2022 data lengkapnya adalah sebagai berikut :

Daftar Harga iPhone 13 Pro Max Baru :

  • iPhone 13 Pro Max 1TB: Rp 27.777.000
  • iPhone 13 Pro Max 512GB: Rp 25.777.000
  • iPhone 13 Pro Max 256GB: Rp 21.777.000
  • iPhone 13 Pro Max 128GB: Rp 19.477.000

Daftar Harga iPhone 13 Pro Max Bekas :

  • iPhone 13 Pro Max bekas 1TB: Rp 26.277.000
  • iPhone 13 Pro Max bekas 512GB: Rp 24.277.000
  • iPhone 13 Pro Max bekas 256GB: Rp 20.277.000
  • iPhone 13 Pro Max bekas 128GB: Rp 17.977.000

iPhone 13 Pro Max mungkin masih menjadi smartphone andalan terbaik. Perangkat ini menang berkat iOS yang lebih matang, canggih, aman, dan nyaman. Ini akan menciptakan ekosistem yang lebih baik. Cloud, pembayaran, penyalinan, dll. Aplikasi pihak ketiga lebih stabil dan berkembang. Pembaruan sistem juga tersedia untuk smartphone lama.

(GE – HKM)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top